Karena Papa saya minggu ini datang dari Lombok untuk urusan pekerjaan, saya jadi ingat kalau awal tahun 2018 pernah membuat resolusi mau pulang kampung ke Lombok sama suami dan anak-anak yang sepertinya belum bisa tercapai dalam waktu dekat. Kenapa?

Karenaaa tabungan yang direncakanan untuk ke Lombok sudah habis untuk keperluan lain, haha. Padahal saya udah optimis lho awal tahun bisa liburan ke pulau tempat saya dibesarkan ini. Tapi kayaknya kita kurang niat nabungnya, jadi bukannya tabungan bertambah malah habis tak bersisa.

Kalau ditanya gak kangen sama Lombok? Kangen banget lah! Udah 6 tahun gak nyambangi pulau seribu masjid ini. Paling kangen sama pantai di Lombok. Di sini pantai bagus adalah hal langka karena harus menempuh waktu berjam-jam dulu. Sedangkan rumah saya di Lombok dulu tinggal guling-guling bentar udah nemu pantai, nongkrong sama temen-temen ya ke pantai, liburan sama keluarga ya jujugannya pantai. Dulu sampai eneg lihat pantai, tapi sekarang kangen banget sama masa-masa mau ke pantai yang bagus gak perlu perjuangan.

Pantai yang cukup populer yang dekat dengan rumah saya adalah pantai Senggigi. Jarak dari rumah cuma sekitar 10 sampai 15 menitan aja. Senggigi itu udah identik banget sama pulau Lombok karena sebelum Gili-gili dan pantai di daerah selatan hits seperti sekarang, orang sudah lebih dulu kenal dengan Senggigi. Selain itu Senggigi merupakan jalur utama menuju pelabuhan Bangsal yang merupakan gerbang menuju gili Trawangan, Air, dan Meno. Secara akomodasi juga mudah banget karena letaknya cukup dekat dari pusat kota Mataram. Hotel-hotel berbintang juga banyak didirikan di sini. Oleh karena itu Senggigi udah jadi list wajib buat para wisatawan kalau ke Lombok.

Buat kamu yang mau ke daerah Senggigi, saya kasih bocoran tempat menarik yang harus didatangi.

Pantai Senggigi


Meskipun gak sebagus pantai lain di Lombok yang belakangan sedang hits, tapi pantai Senggigi tetap menarik untuk dikunjungi karena di sini ombaknya lumayan tenang asal bukan saat air pasang dan fasilitasnya lengkap.

Kalau bawa anak-anak dan ingin renang di pantai dengan aman, pantai Senggigi patut dikunjungi. Selain berenang, pengunjung juga bisa menyewa ban dan bermain kano.


Di sekitaran pantai Senggigi banyak berdiri hotel, club, cafe, dan galeri seni. Selain itu ada pasar seni yang menjual aneka aksesoris, mutiara, dan baju-baju pantai. Buat kamu yang pengen menginap di dekat pantai tapi tetap pengen dekat dengan keramaian, menginap di dekat Sengigi Beach bakal jadi pilihan yang tepat.

Ohya, pasir di pantai Senggigi cenderung agak gelap, tapi kalau mau ke area dengan pasir putih tinggal berjalan ke selatan pantai di dekat pemecah ombak dan voila, dijamin bakal menemukan suasana yang langsung berbeda di sini.

Banyak orang terutama pengunjung baru yang tidak tahu area ini karena tertutup dataran yang menjorok ke laut jadi banyak yang berpikir kalau pantai Senggigi udah mentok sampai situ doank. Padahal area pasir putih di pantai Senggigi ini bagus banget viewnya, apalagi saat sunset.

Jangan lupa untuk memesan sate bulayak dan kelapa muda utuh saat ke pantai Senggigi. Ohya, jangan salah masuk pantai juga karena di google maps ada beberapa titik yang menunjukkan lokasi pantai Senggigi dan titik yang benar adalah yang terdekat dari hotel Kila Senggigi Beach.

Villa Hantu


Gak, saya bukan sedang mengajak untuk melakukan uji nyali kok. Tenang saja, meskipun namanya terdengar seram namun justru villa Hantu menawarkan pemandangan pantai dengan laut yang biru yang cantik dari ketinggian. Villa Hantu sendiri merupakan bangunan lama di pinggir jalan raya Senggigi yang tidak diselesaikan pengerjaannya. Denger-denger sih karena ada masalah perizinan.

Gak sulit untuk menemukan villa Hantu karena selain lokasinya di pinggir jalan raya, di bagian depan bangunan sudah diberi papan bertuliskan villa Hantu. Untuk yang gemar berfoto ria, villa ini patut dikunjungi karena menawarkan hasil foto dengan background yang ciamik punya.

Pantai Malimbu


Meskipun namanya pantai, tapi sebenarnya spot yang ramai dikunjungi wisatawan itu adalah di pinggir jalan raya di atas pantai. Hampir mirip dengan villa Hantu, di pantai Malimbu pengunjung bisa melihat keindahan laut dari ketinggian karena letak jalan rayanya itu berada di perbukitan. Suasana di sini enak banget, apalagi kalau sore hari. Banyak pemuda pemudi yang berkumpul sambil menikmati pemandangan.

Pose saya lagi gak banget di sini, haha. 

Kebetulan jalan rayanya juga lebar karena berada di tikungan dan ada semacam trotoar buat pengunjung. Lalu lintas kendaraannya juga gak terlalu ramai jadi meskipun berada di pinggir jalan, kita gak akan terganggu lalu lalang kendaraan.

Pantai Nipah


Belakangan pantai Nipah juga lagi hits di Lombok. Bukan karena pemandangannya yang bagus, melainkan karena di sini banyak penjual ikan bakar yang terkenal.

Akhirnya ya ada kuliner baru di daerah Senggigi selain sate bulayak. Ikan bakar khas Lombok itu salah satu makanan favorit saya karena bumbunya beda sama ikan bakar di Jawa. Pedes-pedes nagih gitu.

Bayangin makan ikan bakar segar dan pelecing kangkung sambil menikmati angin pantai yang sepoi-sepoi, laut yang biru, dan perbukitan hijau, duuh! Pengen ikut Papa balik ke Lombok deh ah. Diem-diem masuk ke kopernya apa ya? Haha.

Biasanya kalau Papa lagi ke Jawa kayak sekarang, suka banyak yang tanya ke saya berapa harga tiket pesawat ke Lombok dari Surabaya. Dan jelas saya bingung lah jawabnya karena tergantung naik pesawat apa dan tanggal keberangkatannya. Kalau lagi peak season kayak akhir tahun gini ya wasalam, bakal tinggi harga tiketnya. Tapi kalau pas low season, ya harga tiketnya bisa lumayan miring.

Tapi tenang aja, buat yang mau liburan ke Lombok di bulan Desember yang notabene masuk peak season begini biasanya juga banyak promo akhir tahun. Salah satunya ada promo dari Pegipegi.com nih. Ada promo tiket pesawat dengan rute domestik mendapat diskon sebesar Rp 110 ribu khusus pemesanan via aplikasi. Promonya cuma berlaku dua hari aja dari tanggal 15 sampai 16 Desember 2018 tapi tanggal keberangkatannya bisa kapan aja. Pas banget, kebetulan Papa saya berencana balik ke Lombok hari minggu besok. Bisa nih memanfaatkan promonya Pegipegi untuk booking tiket pesawatnya Papa supaya lebih hemat.


Saya baru tahu lho kalau sekarang Pegipegi punya fitur pemesanan tiket pesawat juga. Awalnya iseng buka aplikasi Pegipegi karena biasanya akhir tahun gini mereka suka banyak promo hotel, eh ternyata sekarang bisa pesan tiket pesawat juga. Banyak promo untuk pemesan tiket pesawat pula. Besok-besok kalau mau ke Lombok, harus cek Pegipegi dulu nih. Siapa tau dapet diskon besar-besaran.

Ohya, selain soal tiket pesawat, banyak juga yang tanya keadaan Lombok pasca diguncang gempa besar beberapa bulan lalu. Sejauh ini situasi Lombok sudah lumayan kondusif kok, beberapa kenalan saya bahkan udah banyak yang pada liburan ke Lombok. Tinggal saya aja nih yang belum kayaknya *mention suami*

Teman-teman, ada yang berencana liburan ke Lombok juga? Ajak-ajak donk! Hehehe