LDR atau Long Distance Relationship kerap mejadi momok bagi sepasang Adam dan Hawa. Entah itu masih dalam fase pacaran atau telah menikah, LDR kerap menjadi akar permasalahan sebuah hubungan. Tak hayal jika tidak mampu mengatasinya maka hubungan itu akan retak digerus waktu dan jarak.

Itu sebabnya dibutuhkan trik-trik agar LDRan tetap awet dan utuh sampai waktunya bertemu kembali. Diantaranya, adalah hal-hal berikut ini ya Ladies ....

1. Saling menjaga komitmen.

Menjaga komitmen adalah yang sulit dilakukan. Apalagi untuk pasangan yang tidak bertemu setiap hari. Namun, menjaga komitmen untuk setia bukan hal mustahil dilalukan.

2. Mengutamakan kejujuran.

Jangan pernah berbohong dengan pasangan meskipun untuk hal-hal yang dianggap kecil. Karena, tanpa disadari hal-hal kecil ini lah yang akan menjadi besar di kemudian hari.

3. Utamakan komunikasi.

Pastikan selalu ada komunikasi yang intens. Sesibuk-sibuknya manusia saat ini, mereka tidak bisa pisah dari smartphone, kan? Jadi tidak ada alasan untuk tidak menghubungi. 

4. Saling mengerti.

Sebuah hubungan tanpa saling mengerti, hanya tinggal menunggu waktu saja untuk kata perpisahan. 

5. Jangan sungkan memuji.

Memuji pasangan adalah wajib hukumnya. Sebagian pria terlihat malu atau menganggap lebay jika pasangannya memuji. Namun, percayalah, dalam hati para lelaki itu mereka sedang berbunga-bunga. 

7. Jangan memiliki impian punya pasangan seperti oppa-oppa yang ada di drakor.

Jika Beautynesias penyuka drama Korea dan menggandrungi oppa-oppa tampan yang ada di dalamnya. Tergila-gila dengan keromantisannya dan ingin pasangannya seperti itu, maka stop!! Ingat bahwa yang Beautynesias lihat itu adalah adegan fiksi. Rekaan. Di dunia nyata, laki-laki tak akan bisa seperti itu. Bukan karena tidak mau, tapi faktor hormonal dan struktur otak membuat para pria adalah kebalikan wanita. (Perbedaan antara otak laki-laki dan perempuan akan aku bahas di artikel selanjutnya. Keep reading.)

(*)