Serum vitamin C adalah must have item nya aku. Kenapa? Karena banyak banget manfaatnya untuk kulitku. Vitamin C kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas,  kandungan ini juga sejak dulu dikenal sangat baik dalam mengatasi pigmentasi, mencegah tanda-tanda penuaan dini  serta untuk mencerahkan kulit. Tak heran, senyawa ini sering dilirik oleh formulator skin care dalam menghasilkan produk perawatan kulit yang berkualitas.  Vitamin C juga dapat meningkatkan efektivitas sunscreen dua kali lipat loh, jika kedua zat tersebut dipadukan. Salah satu serum vitamin C yang pernah aku coba adalah serum vitamin C yang diproduksi oleh Erha, yaitu Erha 21 (Erha C serum) yang di klaim menggunakan vitamin C yang cenderung stabil.

FYI, vitamin C (asam askorbat) memiliki beberapa kekurangan, diantaranya tidak stabil dan sangat mudah teroksidasi, baik oleh panas, cahaya dan logam.  Makanya vitamin  C harus di simpan dalam botol yang berwarna gelap untuk melindungi kandungan di dalamnya. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, peneliti pun mensintesa vitamin C dalam bentuk yang lebih stabil. Beberapa jenis vitamin C lainnya yang stabil dan efektif adalah, Sodium ascorbyl phosphate, Ascorbyl palmitate, retinyl ascorbate, Magnesium ascorbyl phosphate. Erha21 C serum ini menggunakan vitamin C yang stabil yaitu Sodium Ascorbyl phosphate yang memiliki pH 7.

Yuk, ikutan  nyimak review ku tentang serum vitamin C nya erha

P_20180428_191923_vHDR_On-02
Erha C serum, erha21 19 ml

Basic Information

  • Where to Buy : Erha C serum merupakan produk Erha over the counter yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Produk ini bisa anda temukan di Erha Apothecary yang ada di Mall-Mall besar, aku sendiri belinya waktu itu di Central Park Mall, atau bisa juga di Erha clinic.
  • Isi bersih dari serum vitamin C ini adalah 19 mL.
  • Harga : 140-160 ribu
  • Diproduksi oleh PT Ganero Pharmaceuticals.
  • PAO : 1 Month
  • Ekspired date : April 2019
  • Untuk semua jenis kulit

Klaim

Mengandung 10% vitamin C stabil dan DMAE untuk membantu  mencerahkan wajah dan menyamarkan garis halus.

Ingredients

Aqua, propylene glycgol, Sodium Ascorbyl Phosphate, Dimethylaminoethanol Bitartrate , D-panthenol, Sodium hidroxide, Hydroxyethylcelullose, Sodium Sulfite.

Star Ingredients

  • Turunan vitamin C : Sodium Ascorbyl Phosphate (10%), merupakan derivative vitamin C yang masih tergolong baru ditemukan, bersifat larut dan sangat stabil, dapat berfungsi sebagai antioksidan  dan efektif untuk mencerahkan dan menyamaratakan warna kulit. Ada juga beberapa penelitian yang menyatakan bahwa konsentrasi 1% dan 5% SAP ini ampuh mengatasi faktor-faktor yang menyebabkanbreak out / jerawat, sehingga bentuk ini di klaim ampuh dalam mengatasi jerawat apalagi jika di padukan dengan Benzoyl peroxide dan salicylic acid ( www.paulachoice.com)
  • DMAE (Dimethylaminoethanol) pada kulit dapat berperan sebagai antiaging, merupakan senyawa alami yang dapat meningkatkan kekencangan kulit dan elastisitas kulit, sehingga dapat mengurangi keriput dan mengatasi kulit yang kendur.
  • Hidrasi (melembabkan kulit) ;Propylene glycol, D-panthenol

Packaging

Kemasan produk ini menggunakan botol airless pump anti-UV. Warna  botolnya coklat tua, di sekliling tabungnya dilingkari oleh kertas putih yang bertuliskan informasi produk.

Tekstur dan Aroma

Formula ini memiliki tekstur yang encer dan warnanya transparan namun agak sedikit kekuningan, dan aroma yang sedikit anyir (maklum tidak ada parfum yang  digunakan di dalam ingredients list), tapi aku pribadi masih fine fine saja dengan baunya.

Cara Penggunaan

Oleskan erha C serum pada kulit wajah setelah membersihkan wajah dengan sabun pembersih dan toner. Dapat digunakan pada pagi dan malam hari untuk hasil yang lebih maksimal.

Review

  • Dari segi Harga :  lumayan terjangkau
  • Dari segi ingredients :  komposisinya sederhana, tidak terlalu rich  seperti serum kebanyakan, dan bahan yang terkandung di dalamnya pun cukup superb. Terdiri propylene glycol yang melembabkan dan mempermudah penetrasi zat aktif seperti vitamin C dan DMAE (tapi untuk kulit yang sensitif, sebaiknya berhati-hati dengan produk yang mengandung propylene glycol karena ia  menjadikan zat aktif lebih mudah berpenetrasi sehingga reaksi alergi/iritasi yang terjadi bisa lebih hebat (jika anda sensitif/alergi terhadap vitamin C). Selain itu, skin care ini juga mengandung D-panthenol yang memiliki fungsi utama menjaga kelembapan kulit , mempercepat penyembuhan luka pada sel-sel kulit, dan mengatasi iritasi.  Dari segi komposisi, simple tapi penuh manfaat.
  • Dari segi packaging : Kemasannya sudah anti-UV, amanlah intinya dari cahaya apapun, mengingat vitamin C mudah teroksidasi. Kelebihan lainnya, botol ini cukup ekslusif dan materialnya terbuat dari plastik yang cukup tahan banting sehingga gak gampang pecah, plus dilengkapi dengan airless pumpse untuk mengurangi kontaminasi dari lingkungan luar.
  • Dari segi tekstur : Cukup sangat encer, mudah meresap saat di aplikasikan, meski agak terasa lengket gimana gitu di wajah pas awal pemakaian, tapi efek sticky nya ini Cuma beberapa menit kok, ntar juga ilang sendiri.
  • Dari segi bau : baunya aneh, agak anyir. Tapi nevermind,, ga terlalu masalah buat aku. Buat anda yang suka produk yang wangi semerbak mungkin bisa ill feel sama bau erha21 ini.
  • Dari segi Hasil : Bagus! Ga bikin break out dan iritasi , sama sekali ga ngerasa perih atau muncul merah-merah di muka. Selain itu setelah 1 bulan pemakaian, terasa wajah jauh lebih cerahan. Untuk garis-garis halus? Kurang efektif kalau aku nilai sekarang, soalnya baru satu bulan pemakaian ( lagian garis garis halus ku ga gitu rame, palingan cuma sekitaran kelopak mata bawah). Noda-noda hitam (pigmentasi) di wajahpun juga ga signifikan memudarnya.

Verdict

Overall I love this Vit C SERUM… tapi sayang amatlah sayang, padahal produk ini mengandung vitamin C yang cukup luar biasa stabil yaitu SAp, tapi kenapa ya Lordddd  PAO nya Cuma sebulan….. ( gigit bibir), sedihhhh aku tu ferguso setiap bulan kudu beli vit C seharga 140 an ribu, kelihatannya sih lumayan terjangkau, tapi coba deh di kali 6 bulan, atay 12 bulan.. Jadi gede juga kan????? Iya kan?????( maafkan emak-emak yang mau ga mau harus pelit demi kesejahteraan keluarga dan kepentingan lainnya yang lebih urgen)