Secara garis besar manusia memiliki empat jenis kulit, yakni kulit berminyak, kering, kombinasi, dan normal. Bagi kamu yang memiliki kulit wajah kering, tentu tidak bisa jauh dari pelembab, facial mist atau sejenisnya karena jika kering sedang ‘menyerang‘, akan terasa sangat tidak nyaman. Setuju? Setiap jenis kulit memang memiliki permasalahnnya tersendiri, termasuk kulit kering. Eits, tapi kamu perlu tahu bahwa memiliki kulit kering ternyata ada untungnya juga, lho! Apa saja kira-kira? Yuk, simak penjelasannya di bawah.

1. Make-Up Tahan Lama
Kamu patut bersyukur untuk hal yang satu ini. Pemilik kulit wajah kering biasanya tidak perlu repot untuk touch up dalam beberapa jam atau menit sekali. Make-up akan terus melekat pada wajah karena kulit tidak memproduksi minyak berlebih yang dapat melunturkan make up. Bahkan jika kamu pakai produk yang tepat, make-up dapat tahan seharian sehingga tidak perlu touch up sama sekali. Kamu juga tidak perlu repot menggunakan blotting paper untuk membuat make-up mu tahan lama. Umumnya make-up akan luntur karena faktor eksternal seperti berkeringat, cuci muka, atau ketahanan dari produk make-up itu sendiri, bukan minyak alami wajah yang melunturkannya. Jadi pastikan kamu pilih produk make-up terbaik ya, ladies!

2. Terlihat Bagus di Hadapan Kamera
Kulit kering cenderung memiliki tampilan wajah yang ‘matte’. Tampilan tersebut cukup bersahabat dengan camera, terutama yang menggunakan flash, karena wajah tidak terlihat ‘lepek‘. Namun, hal ini sangat bergantung dari banyak hal, salah satunya penggunaan make-up. Jika kamu menggunakan make-up yang hasilnya terlalu dewy (glowing), tidak menutup kemungkinan wajahmu akan terlihat sangat berkilau alias lepek di depan kamera.

3. Tidak Rentan Berjerawat
Karena kulit kering tidak memproduksi minyak berlebih di wajah, maka sangat berpengaruh pada kemunculan jerawat. Jerawat rentan muncul biasanya pada daerah yang memproduksi sebum (minyak) berlebih. Coba kamu ingat-ingat, ladies, ada berapa jerawat yang muncul di wajahmu selain saat PMS? Kalau jawabannya tidak ada atau hanya muncul 1-2, selamat! Itu tandanya kamu sedang merasakan keuntungan punya kulit wajah kering. Sebagai catatan, kamu harus rajin membersihkan wajah dan menjaga pola makan untuk mempertahankan wajah bebas jerawat.

Sambil terus merawat kulit agar tidak semakin kering, tidak ada salahnya kamu juga selalu bersyukur. Jangan dibiasakan mengeluh terhadap kondisi kulitmu karena bisa jadi suggest buruk, lho. Intinya, setiap jenis kulit memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Jadi, terus rawat dan sayangi kulitmu ya, ladies!
-
-
-
Thumbnail photo source: https://affderm.com/2018/05/15/20-easy-treatments-for-flaky-and-dry-skin-on-your-forehead-and-face/