[Review] Serum Rambut Loreal Extraordinary Oil  dengan Ekstrak 6 bunga

Sejak kecil aku punya obsesi, ya ,, obsesi untuk punya rambut indah, kuat dan sehat, sayangnya sampai sekarang belum kesampaian. Rambutku rusak parah, bahkan sebelum aku sempat mengenal hairdryer, coloring, smoothing, dan proses styling yg dapat memicu kerusakan rambut lainnya. MUNGKIN memang  rambutku udah rusak dari sononya (hiks sedih), eh tapi kayaknya sejak SD deh. Soalnya pas balita rambutku kece badai ( di foto sih menunjukkan demikian, tapi aku pribadi ga ingat).

Pada post sebelumnya (review shampoo kerastase) ­­­­udah  aku beberkan permasalahan rambut dan kulit kepalaku. Yups, diantaranya yang paling menyebalkan, rambutku kusam, kasar, rontok, dan kulit kepala berminyak, bahkan ada beberapa bagian (terutama di tengah kepala) dekat ubun-ubun yang pitak, dari dulu ntah kenapa disitu minim banget rambut yang tumbuh. Ntah kenapa aku yakin, seandainya rambut dan kulit kepalaku diperiksa dengan Mesin hair Analyzer, pasti terlihat kerusakan dimana mana, dan barangkali kutikula rambutku udah ga utuh lagi, L. (nyesek).  (Fyi, kutikula itu lapisan terluar rambut, yang melapisi korteks, dan bertanggung jawab terhadap kilau rambut). Kalau rambut kalian terlihat kusam, kering dann pecah-pecah, berarti ada masalah di kutikulanya.

Guys, rambut yang sehat aja bisa rusak loh kalau terus terusan terpapar sama hal-hal yang menganggu tumbuh kembangnya. Apa sih yang bisa merusak rambut? Banyak. Salah satunya yang paling kita tidak sadari adalah gesekan atau tarikan yang berlebihan. Gesekan  yang terlampau keras saat keramas bisa ngerusak kutikula rambut loh, begitu juga dengan style rambut ponytail  yang mana anda narik rambut atau ngikatnya terlalu kencang, kenapa? Rambut bisa mudah rontok dan mudah patah, so kalau mau  ngikat rambut dengan gaya ponytail harus gentle, jangan terlalu bersemangat.

Nah, ada salah satu hairstylist yang ngasih solusi yaitu dengan mengolesi pelembab/minyak sebelum keramas pada batang dan ujung-ujung rambut agar rambut nggak mudah rusak. Akibat gesekan yang terlalu keras saat keramas.

Berawal dari teracuni tips tersebut, berkunjunglah aku ke hypermart untuk nyari hair oil/ serum rambut yang di aplikasikan sebelum keramas, dan taraaaaa, kutemukanlah Serum Rambut Loreal Extraordinary Oil  dengan Ekstrak 6 bunga.

Apakah rambutku jadi indah setelah beberapa bulan  ( kurang lebih enam bulan) memakai produk ini? Jawabannya,,,sedikit teratasi, tapi kurang lebih  sama aja seperti sebelumnya. Ada beberapa masalah yang masih tak terselesaikan , tapi kabar baiknya rambut patah-patahku lumayan berkurang loh. Untuk lebih jelasnya yuk kita review satu-satu dari awal.

  1. Basic Information

Price : ukuran 50 ml ( sekitar 40-50 ribu), ukuran 100 ml (sekita 90 k-100k).

Beli di Hypermart ( di drug store atau supermarket lain setau aku juga ada). Oia, aku beli yang kemasan 50 ml (FYI)

  1. Klaim :

Memiliki beberapa manfaat, yaitu ;

  1. Lebih dari sekedar vitamin rambut
  2. Menutrisi batang hingga ujung rambut
  3. Melindungi rambut
  4. Menyempurnakan penataan akhir rambut
  5. Memiliki perpaduan 6 ekstrak bunga ( Lotus, Chamomile, Rose, Tiare, Linseed, Soybean). ( wait soybean? Is it classified  as a flower? * confuse).
  6. Menyempurnakan penataan akhir rambut.

Ekstraordinary oil adalah serum perawatan rambut intensif. Rambut akan secara intensif ternutrisi, dan terlindungi, memberikan hasil rambut yang halus, lembut, tampak berkilau, tanpa memberikan hasil akhir yang lepek secara ketika. 

 

 

INGREDIENTS

Cyclopentasiloxane, Dimethiconol, chamomilla Recutita extract/ matricaria flower extract, Cocos Nucifera Oil/Coconut oil, Helianthus Annuus Seed oil/ Sunflower seed oil, Nelumbium speciosum flower extract, Benzyl alcohol, Cinnamal, Linalool, Linum Usitatissimum flower extract, Caprylic/capric Triglyceride, gardenia Thaitensis Flower extract, Rosa canina flower extract, Bisabolol, Glysine Soja Oil/soyabean Oil Parfum/Fragrance.

 Packaging

Packagingya mewah meskipun berbahan dasar plastik, mungkin karena warna botolnya nuansa Gold kali ya. Tutupnya model ulir, buka tutupnya dan tinggal di tuang deh ke tangan, ga rentan tumpah asalkan tutup botol ditutup dengan benar dan rapat.  Di botolnya juga tertera informasi komposisi dan cara penggunaan.

Tekstur dan aroma

Teksturnya oily dan juga transparan. Aromanya pas, wangi floral, enak diendus namun nggak terlalu mencolok.

Cara penggunaan

1. Sebelum shampoo (hal ini yang bikin aku tertarik untuk beli) : Untuk menutrisi intensif agar rambut tetap sehat

2. Sebelum penataan : Untuk melindung rambut dan membuat rambut mudah diatur

3. Sebagai sentuhan akhir : Untuk hasil rambut tampak berkilau , terasa halus dan lembut

Cara pemakaian

Gunakan 3 hingga 4 tetes sebelum keramas, sebelum penataan atau pada rambut kering sebagai sentuhan akhir. (karena rambutku tebal, kadang aku netesin lebih dari yang dianjurkan).

Review

Cost effective dan efisien.. yep, itu adalah kesan positif pertamaku untuk produk ini.  Di dalam 1 formulasi  bisa dipakai dgan 3 macam cara dan memiliki manfaat yang cukup berlimpah.. Bisa jadi serum, conditioner, dan primer (pre treatment sebelum keramas), cuma beli satu produk, udah dapat benefit plus plus. Mayannnn..bisa hemat.

 

Dari segi ingredients

Caution for sensitive scalp ->

hati-hati untuk anda yang memiliki kulit kepala yang sensitive, karena produk ini mengandung cukup banyak ekstrak bunga ( dari informasi label, ada 6 ekstrak bunga) dan juga parfum (pewangi buatan).

Anyway produk ini mengandung silicone, which issebenarnya ga bagus untuk kulit kepalaku yang berminyak dan rambutku yang gampang lepek serta tekstur rambutku yang kering. Emang sih, silicone bisa bikin lapisan rambut terlindungi dan helai rambut jadi lebih lembut dan bersinar, tapi siliconeada yang jenisnya  nggak larut air contohnya Dimethicone dan dimethiconol (bisa memicu terjadinya silicone build up, sisa-sisa silicone yang ga larut air tadi nemplok ke kulit kepala dan bikin kulit kepala jadi makin berminyak dan bisa memicu terjadinya ketombe, rambut lepek makin menjadi-jadi, serta permasalahan kompleks lainnya. Alternatifnya, kita bisa gunakan silicone yang  lebih gentle alias larut air (jadi kulit kepala bisa terbilas dengan bersih) tanpa menimbulkan terjadinya silicone build up, contoh silicone yang larut air salah satunya adalag cyclopentasiloxane. Walau sudah gunakan silicone yang larut air sekalipun, tetap kudu harus bener-bener bersih waktu keramas, sebaiknya gunakan clarifying shampoo , kalau bisa yang nggak mengandung silicone sama sekali . Nah sayangnya , dalam produk extraordinary oil ini, masih mengandung silicone yang tidak larut air yaitu Dimethiconol.

Produk ini juga sering dilirik karena mengandung ekstrak 6 bunga, nah yuk kita simak satu persatu manfaat ke enam ekstrak tersebut bagi rambut .

  1. Lotus (bunga teratai) : dapat melembabkan dan mengontrol minyak berlebih pada kulit kepala dan juga dapat mengatasi kerontokan dan penuaan dini pada rambut (ubanan).
  2. Chamomile : Mencegah ketombean serta bikin warna rambut jadi semakin bersinar.
  3. Rose (mawar) ;  bikin rambut jadi nggak gampang kusut , mengatasi ketombe, memperkuat akar rambut dan membuat rambut jadi halus dan lembut,
  4. Tiare : mengatasi kerusakan rambut, terutama karena proses kimiawi, dan mempercepat pertumbuhan rambut serta menguatkan akar rambut.
  5. Linseed (flax seed atau biji rami) : menutrisi folikel rambut  (mengatasi kerontokan dan mencegah kebotakan), serta mampu menjaga elastisitas rambut.
  6. Soybean (kacang kedelai) : soybean kaya akan asam lemak omega 3, dapat mengatasi rambut yang kering dan kusam, dan memberikan nutrisi dari dalam untuk mengatasi kerusakan rambut.

Untuk packagingnya, wow,,, “elegan, aku suka” dan simplesecure, mudah di bawa kemana-mana.

Teksturnya agak lengket (ya jelaslah karena dia konsistensinya minyak), kalau takaran tetesnya ga pas, bikin rambut terlihat sedikit lepek, agak lama sih nyerapnya kalau di batang rambut, kalau di kulit kepala lumayan cepat (aku sesekali gunakan di  kulit kepala juga (untuk memperkuat akar rambut, tapi harus di cuci dan dibilas dengan benar ya setelah itu). Aku paling sering menggunakan produk ini sebelum keramas, soalnya kan bisa langsung dibilas setelahnya dengan shampoo. Pemakaian pada saat rambut kering setelah keramas di akunya malah bikin lepek. Nah, semenjak rambut aku rusak parah, aku hamper nggak pernah styling  rambut atau pakai hairdryer, jadi aku ga bisa memberikan jawaban yang representatif terkait pengunaan produk ini sebelum styling.

Dalam hal aroma, ga masalah , masih bisa ditolerir. Cukup enak.

Hasil signifikan yang diperoleh ; Rambut bercabangku lumayan berkurang dan ya habis pakai ini rambut jadi sedikit lebih mudah di atur dan disisir, perlu kalian tau, aku punya rambut yang gampang banget kusust dan tekstur yang kasar dan yaah agak keriting juga, (komplit sudah). Meski ada efek positif yang diberikan produk ini untuk rambutku, namun permasalahan kelepekan rambut masih terus jalan (malah makin menjadi). Mungkin karena permasalahan rambutku cukup kompleks, emang harus kudu konsultasi ke dermatologi ini sepertinya (frustasi nih, sumpah. Sempat muncul keinginan untuk botakin lagi ini rambut seperti yang kulakukan  6 tahun silam ) L

Ah , itu tadi review yang singkat lumayan memakan waktu dari aku, dan ini bukan endorse yaa….. aku beli pakai duit pribadi dan yang aku tulis juga berdasarkan opini dan pengalaman pribadi. Tentu saja karena setiap individu memiliki keunikan dan jenis sel yang berbeda, maka hasilnya bisa berbeda pula. Sampai jumpa di lain waktu di postingan   berikutnya.