Salah satu media sosial yang aku suka banget nonton adalah YouTube.com. Meski sedikit menguras kuota, youtube adalah platform yang membawa banyak energi positif juga membuka wawasan disaat yang sama. Kok bisa? True, karena memang di Youtube disajikan banyak hal yang berkaitan dengan buku buku, shortstory, fakta tentang sebuah fenomena, dll. Tapi kembali lagipada pemilihan channel yang kamu lihat yaaaa. Kalau kamu hanya melihat artis artis yang prank prank gajelas itu, ya ga ada ilmunya.


Nah berikut ini beberapa Channel yang jadi langganan tontonanku sependek aku mengenal YouTube.

1. Jubilee
Kalian mungkin tidak akan banyak mengenal tentang channel ini karena ini adalah salah satu channel Orang amerika dan beberapa kali mereka melakukan berbagai social experiment tentang fenomena yang terjadi disana. Misalkan tentang sosialis versus kapitalis. Mereka menghadirkan beberapa orang untuk menjawab pertanyaan seputar hal hal tentang sosialis dan kapitalis yang ada di Masyaraakat. Sayangnya channel ini berbahasa Inggris, jadi bagusnya adalah untuk menambah kemampuan listening dan spelling kalian.

2. Surinoel
Ini adalah channel kucing milik orang korea. Kucing mereka sekeluarga ada lima kucing. Ayah kucing bernama Noel, dan ibu kucing bernama Suri. Jadilah namanya Surinoel. Coba deh sesekali kalian kunjungi akun ini. Kpopers atau bukan, nonton aja. Karena pemilik kucing ini bukan artis korea. Jadi kalian bisa melihat kegiatan dan kelucuan kucing kucing ras Scottishfold ini.

3. Narasi Tv
Channel ini pasti kalian sudah banyak kenal deh. Eh tapi apa justru belum kenal ya? Channel ini milik Najwa Shihab yang banyak membahas tentang fenomena sosial yang ada di Indonesia. Fenomena yang di ambil bukan hanya fenomena politik aja looh. Ada juga review buku yang bisa jadi referensi membaca kalian. Jadi, udah tau apa belum nih? Kalau belum coba sesekali mampir ke channel ini deh.

4. Vice Indonesia
Ini adalah salah satu Channel yang mungkin kalian tidak banyak mengetahui. Channel ini banyak membahas tentang fenomena sosial yang ada di Indonesia. Bukan berbentuk eksperimen, tapi cenderung pendekatan kepada mereka. Menggali lebih dalam tentang apa yang sebenarnya ada dibalik fenomena tersebut lalu dicari pemikiran yang pro dan kontra. Sehingga kita disuguhkan sebuah fenomena nyata di masyarakat, semacam dokumenter, dialog, dan teori disuguhkan secara apik. Bukan dengan talkshow tapi dengan merekam kegiatan mereka tanpa ada penghakiman.

5. Kokiku Tv
Channel ini kayanya siapa yang ngga tau yaa? Haha. Channel ini adalah salah satu channel masak yang bisa banget kalian tiru dirumah. Penjelasannya bagus, trus yang masak juga koki terkenal, koki muda, dan resepnya juga jelas.

Dari kelima channel tadi, kalian tertarik sama yang mana nih? Share di komentar yuuk.

Uswatun Khasanah Katasmir