Mungkin, masih banyak yang tidak menyangka bahwa bunga-bunga dan dedaunan yang sering dijumpai di sekitar, memiliki manfaat yang luar biasa bagi wajah saat dijadikan masker. Khasiatnya apa saja dan bagaimana cara membuatnya, yuk simak ulasan di bawah ini:

1. Bunga Mawar

Selain untuk mempercantik halaman dan ruangan, ternyata mawar memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit terutama wajah. Bukan hanya air mawarnya saja yang sudah terbukti khasiatnya. Namun, ternyata kelopak mawar yang warna warni itu juga bisa dijadikan masker.

Manfaat masker mawar antara lain:

-  Menghaluskan kulit
- Menyegarkan wajah
- Mengontrol minyak pada wajah
- Mengontrol air dalam kulit wajah


Siapkan :

- 6 tangkai mawar
- 6 sdm air
- 1 sdm yoghurt
- 1 sdm madu

Campur semua bahan menjadi satu kemudian blender. Oleskan pada wajah dan leher yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan kurang lebih selama 30 menit. Bilas dengan air hangat kuku. Kemudian bilas lagi menggunakan air dingin. Untuk hasil maksimal, oleskan pelembab wajah setelah memakai masker.


2. Bunga Melati

Bunga melati bukan hanya bunga yang dikenal dengan kemistisannya karena sering dipergunakan dalam film-film horor seperti yang diperankan Suzana. Namun, bunga melati ternyata memiliki segudang manfaat. Antara lain :

- Melembabkan kulit
- Menyegarkan dan menenangkan
- Melemaskan dan meredakan kulit yang kaku.
- Mengangkat sel kulit mati
- Memberi nutrisi pada kulit
- Melancarkan aliran darah pada wajah.

Cara membuat masker melati yang harus disiapkan adalah bunga melati secukupnya. Madu secukupnya. Dan air. Campur semua bahan dan blender. Gunakan pada wajah dan leher yang telah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas.

3. Daun Ketumbar.

Daun yang satu ini bukan hanya sedap saat dicampur dengan masakan. Akan tetapi sangat bermanfaat bagi rambut dan kulit wajah.

Manfaat daun ketumbar bagi wajah adalah mencerahkan kulit, melembutkan, melembabkan dan yang paling penting adalah ia mampu membantu menghilangkan komedo membandel terutama di daerah T-zone.

Bahan yang harus disiapkan untuk membuat masker antara lain:

- Kunyit. Secukupnya. Potong-potong.
- Daun ketumbar secukupnya.
- Madu
- Air

Blender jadi satu bahan di atas hingga berbentuk pasta. Kemudian, aplikasikan pada wajah, keringkan dan bilas.

4. Daun Kunyit

Manfaat daun kunyit antara lain: 
- Mampu menyamarkan noda hitam.
- Meratakan warna kulit
- Membuat kulit kenyal
- Mencegah kerusakan sel pada kulit.

Bahan-bahan membuat masker :
- Daun kunyit secukupnya
- Daum sirih secukupnya
- Madu
- Air

Cara membuatnya adalah haluskan semua bahan menjadi satu hingga menyerupai pasta. Gunakan untuk masker seminggu sekali.

5. Daun Teh Hijau

Yang terakhir ini tidak diragukan lagi kemampuannya untuk mempercantik kulit wajah dan sebagai minuman diet. Langsung saja bagaimana cara membuatnya?  Ini dia! Rendam daun teh semalaman, kemudian gunakan airnya untuk mencuci wajah. Gunakan setiap pagi selama satu bulan dan rasakan manfaatnya. Rendaman daun teh ini juga bisa disimpan di kulkas loh. Bisa bertahan hingga 3 hari. (*)

Gimana Beautynesias ... mudah kan membuatnya? Langsung aja deh dipraktekkan agar bisa dirasakan langsung manfaatnya. Selain mudah di dapat, bahan di atas juga ramah di kantong. Selamat mencoba ... terima kasih telah berkunjung.