Hola, Dreamers! Di saat aku lagi super nyerah sama kondisi kulit wajah aku yang lagi parah banget, aku akhirnya nemuin skincare yang cocok tanpa bikin wajah breakout! To be honest, udah beberapa minggu aku nggak pake skincare karena mau pake apapun wajahku bukannya makin bener malah makin parah. Kondisi wajahku udah yang kusam, jerawatan terus-terusan, kering, pokoknya pusing deh. Setelah pake skincare dari Clinelle ini, ternyata bukan cuma aku yang 'ngeh' sama hasilnya, tapi juga temen-temen di kantor. Duh, terharu T.T Aku excited banget mau ngenalin produk skincare ini ke kalian, yuk langsung mulai~
Sebelum kita masuk ke pembahasan produknya, kalian mungkin udah tau ya kalo cahaya matahari itu cukup berbahaya untuk kulit kita. Sinar UV bisa menyebabkan kulit kita mengalami pigmentasi, munculnya dark spots, hingga membuat warna kulit nggak merata dan kusam. Eh tapi jangan salah, ternyata sinar UV ini nggak cuma dihasilkan oleh cahaya matahari tapi juga... alat-alat elektronik! Sekarang ini kan kita nggak lepas ya dari gadget, terutama smartphone. Yang kerja kantoran juga nggak bakal bisa jauh-jauh dari komputer. Jadi sadar nggak sadar kita tuh selalu terekspos dengan sinar UV yang bisa merusak kulit. 
Menyadari hal itu, Clinelle menghadirkan seri WhitenUp yang dibekali dengan Advanced Anti-Photoaging Technology yang dapat mencerahkan serta melindungi kulit wajah dari sinar UV sepanjang hari. Oh iya, Clinelle punya konsep 7 Secret to the Happy Skin dengan 7 Nos: Tanpa pewangi buatan, tanpa pewarna buatan, tanpa bahan komedogenik, tanpa minyak mineral, tanpa SD-Alkohol, tanpa Lanolin, dan tanpa Paraben. Bahan utama dari rangkaian Clinelle WhitenUp ini adalah:
- Purple Rice Extract: untuk memaksimalkan kandungan vitamin C dan mencerahkan kulit
- Vitamin C: sebagai antioksidan untuk menghaluskan tekstur kulit wajah, menghambat pembentukan melanin dan menstimulasi pembentukan kolagen
- Daisy Flower Extract: untuk mencegah kulit menggelap dan mengurangi pigmentasi kulit
- Great Mullein Flowers: sebagai bahan tambahan WhitenUp night cream, melindungi kulit dari radikal sinar UV dan mencerahkan kulit dari dalam. 
Rangkaian Clinelle WhitenUp terdiri dari 5 step dengan total 6 produk, yaitu:
Step 1: WhitenUp Cleanser (2x sehari)
Step 2: WhitenUp Toner (2x sehari)
Step 3: WhitenUp Spot Corrector (1x sehari)
Step 4: WhitenUp Serum* (2x sehari)
Step 5: WhitenUp Day Cream SPF 20*/ Night Cream* (masing-masing 1x sehari)
* merupakan hero product dari seri Clinelle WhitenUp
***
Step 1: Clinelle WhitenUp Brightening Cleanser
Diklaim sebagai pembersih wajah yang nggak bikin kulit kering, dapat mencerahkan kulit, memperbaiki kulit kusam, deep cleansing, dan melegakan kulit. Cara pakainya seperti cleanser pada umumnya, cukup usapkan ke wajah yang sudah dibasahi kemudian bilas hingga bersih.

Review:
I can say this is one of my favorite cleanser! Walaupun wanginya agak kenceng, seperti bau obat tapi sehabis dipakai wanginya nggak nempel so it's okay. Setelah cuci muka, kulit terasa bersih tanpa ada rasa kering/ ketarik. Mild, nggak banyak busa tapi aku bisa merasakan kalo cleanser ini bisa bener-bener membersihkan debu dan kotoran, selain itu wajah juga terasa lebih segar. 


Step 2: Clinelle WhitenUp Brightening Toner
Toner ini dapat mencerahkan kulit wajah, mengandung 6 essential oil untuk menyegarkan dan melembabkan kulit, mengecilkan pori-pori dan memperbaiki skin tone, serta bisa membantu mengoptimalkan penyerapan produk yang dipakai setelahnya. 

Review:
Oke, ini nggak seperti toner-toner yang selama aku pakai karena berbentuk spray, tapi jadinya lebih praktis untuk digunakan. Tinggal disemprot kemudian di tap-tap dengan tangan, toner ini juga menyerap dengan sangat cepat. Wanginya sama seperti produk lainnya, agak tajam dengan bau obat tapi cukup menenangkan sih sebenarnya, soalnya wanginya nggak stay lama. Saat dipakai juga nggak ada sensasi tingling. 

Step 3: Clinelle WhitenUp Brightening Corrector Spot Essence
Corrector Spot Essence ini cukup dipakai sekali (atau 2x jika parah) di malam hari di spot-spot tertentu, misalnya bekas jerawat atau dark spot. Produk ini dapat mengurangi pigmentasi, mencerahkan dark spot hingga bekas jerawat, serta mencegah warna kulit tidak merata dan mencerahkan kulit. 

Review:
Menurutku untuk menghilangkan dark spot atau bekas jerawat membutuhkan waktu yang nggak singkat, jadi bekas jerawatku belum benar-benar hilang tapi sebenarnya terlihat memudar! Ini merupakan hasil yang cukup keliatan, karena sebelumnya pipi kanan aku tuh bener-bener merah dan penuh titik-titik bekas jerawat yang bikin wajah terlihat nggak sehat dan kusam. Ini pun aku masih suka skip pemakaiannya, gimana kalau bener-bener rutin. (I'll try tho)


Step 4: Clinelle WhitenUp Brightening Serum

Merupakan serum yang dapat mempercepat dan mengoptimalkan kerja dari rangkaian WhitenUp ini dengan formulanya yang cepat meresap. Fungsinya adalah membantu proses mencerahkan kulit menjadi lebih efektif. Sama seperti produk-produk lainnya, serum ini juga mencegah pigmentasi kulit, meratakan warna kulit dan mencerahkan kulit kusam, membuat kulit lebih bercahaya, serta dapat mengencangkan kulit. Aplikasikan dengan gerakan ke atas untuk membantu mengencangkan kulit, ya!

Review:
Ini adalah salah satu produk favoritku karena dipakenya enak banget, cepat meresap dan nggak lengket. Setelah serum ini pun bisa langsung mengaplikasikan step skincare selanjutnya tanpa terasa "berat". 

Step 5 (1): Clinelle WhitenUp Brigtening Day Cream SPF 20
Pemakaian sunblock penting banget untuk melindungi kulit dari sinar UV sehari-hari, oleh karena itu day cream ini juga dilengkapi dengan SPF 20. Fungsi dari day cream ini adalah untuk melindungi kulit dari matahari, menghindari kulit menjadi lebih gelap, meratakan warna kulit, mengurangi garis halus, mengencangkan kulit, serta menutrisi dan melembabkan kulit wajah. 

Review:
Aku cukup sensitif dengan produk yang harus aku pakai di siang hari sebelum melakukan aktivitas, karena aku nggak suka dengan greasy feeling di wajah. Untungnya, day cream Clinelle ini nggak terasa lengket atau greasy di wajah. Saat dipakai nggak meninggalkan white cast, gampang di-blend dan cepat meresap. Teksturnya juga ringan, jadinya wajah nggak "terbebani" apalagi di saat keringetan. Setelah dipakai seharian juga nggak bikin kulit berminyak parah, jadi aku nyaman banget pake day creamnya. 

Step 5 (2): Clinelle WhitenUp Brigtening Night Cream
Brightening Night Cream dari seri WhitenUp ini diklaim sebagai krim malam yang mampu menutrisi kulit dan nggak terasa lengket. Membantu melindungi kulit dari photo-aging, membuat kulit lebih cerah dan terlihat glowing, memperbaiki dan memperbaharui sel kulit di malam hari, serta melembabkan kulit wajah. Night Cream ini penting banget untuk memperbaiki kulit yang terpapar sinar UV seharian (dari matahari maupun gadget) saat kita tidur. 

Review: 

Di saat kebanyakan night cream yang aku pernah pakai teksurnya thick dan berat di wajah, night cream ini teksurnya light tapi bisa melembabkan dan menutrisi wajah. Aku puas banget lihat wajahku setelah bangun tidur saat menggunakan produk ini. Akhirnya setelah sekian lama aku bisa kembali melihat wajahku yang sehat dan cerah T.T

Result:
Foto di atas aku ambil setelah kira-kira 2 minggu pemakaian (kadang masih skip night cream karena ketiduran, my bad). Bekas jerawat belum hilang sepenuhnya tapi udah memudar banyak dibandingkan sebelum pemakaian. Sayangnya, aku lupa foto sebelum nyobain produknya saking excitednya T.T
Overall, aku sangat puas dengan hasil pemakaian Clinelle WhitenUp ini. Walaupun baru dipakai sekitar 2mingguan, aku udah bisa melihat perubahan yang signifikan dari kondisi awal kulitku hingga setelah pemakaian. Hal ini nggak cuma disadari oleh aku, tapi temen-temenku juga takjub dengan hasilnya. Padahal kita juga yang selalu ketemu di kantor, berarti hasilnya wow banget kan, hahaha. Padahal aku susaaah banget nemu skincare yang cocok tanpa masalah seperti ini T.T Yang jelas ini sekarang merupakan skincare routineku!