·        Motivasi Intrinsik (dari dalam)
Sejak saya duduk di bangku SMP saya sudah mempunyai cita-cita sebagai seorang Psikolog lebih tepatnya menjadi Psikolog Anak karena menurut saya menjadi Psikolog adalah profesi yang sangat sesuai dengan Passion atau sesuatu yang sangat kita sukai, seperti saya suka mendengarkan keluh kesah teman-teman saya dan secara tidak sadar sering mengamati tingkah laku atau kebiasaan yang di lakukan orang lain.

Dan mengapa saya mengambil jurusan Psikologi juga karena menurut saya, kita bisa belajar langsung dari dunia nyata yang ada di sekililing kita terutama saya sangat menyukai anak-anak kecil, terlebih dari pengalaman pribadi sewaktu saya kecil saya sangat merasa kesepian dan kurang perhatian dari kedua orang tua saya di karenakan mama dan papa saya keduanya bekerja hingga larut, itu bukan masa yang mudah bagi saya karena jika salah langkah sedikit saja pasti akan fatal bagi anak-anak yang kurang bimbingan dari orang tua dan sangat sedikit waktu untuk berbincang dengan orang tua, maka dari itu pengalaman yang saya alami cukup memotivasi saya untuk menjadi seorang Psikolog agar mampu merubah cara berfikir segelintir orang-orang yang kurang paham cara mendidik anak-anak dan akibat atau efek yang timbul ketika orang tua salah mendidik apalagi jika seorang anak yang tidak mempunyai orang tua atau wali, hal itu sangat menyayat hati saya dan menjadi suatu motivasi tersendiri.

Karena saya merasa bosan dan mencari hal baru dengan materi yang sudah umum kita dapatkan di SMA, sekaligus menghindari mata kuliah hitungan, dan yang paling menarik buat saya adalah karena objek kajian psikologi adalah manusia.

Alasan lain karena saya menganggap bahwa mahasiswa yang memilih Psikologi adalah orang-orang yang hangat dan berharap mempunyai banyak teman yang saling mengerti

Psikologi bisa untuk nerapi diri sendiri, dan menurut saya ilmu dari psikologi bisa untuk siapapun atau semua orang,

·         Motivasi Ekstrinsik
-          Sangat termotivasi oleh Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si. atau akrab di sapa Kak Seto dan beberapa Psikolog sukses lainnya, dalam artian membawa dampak positif bagi banyak orang
-          Karena banyak dukungan juga dari orang-orang terdekat untuk mengambil kuliah Psikologi, itu adalah hal yang paling membuat saya semangat.
-          Karena jikalau pun belum sempat menjadi Psikolog Anak  saya pernah membaca di halaman web tentang prospek kerja lulusan S1 Psikolgi yang juga saya senangi pekerjaannya seperti Konsultan karir, Guru BK, dan lain-lain yang juga dengan penghasilan yang menggiurkan.
-          Karena ingin tahu lebih lanjut tentang Psikotest yang sering diadakan di sekolah, tempat melamar kerja dan lain nya.
-          Karena hasil test minat bakat memilih kejuruan yang di minati di situ tercantum rekomendasi yang salah satu nya adalah Psikologi.