Hormon ghrelin dan leptin merupakan sebuah hormon yang mengendalikan nafsu makan seseorang. Hormon ghrelin berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan, sedangkan fungsi dari hormon leptin kebalikannya yaitu dapat menurunkan nafsu makan dan rasa lapar akan terhambat. 


Ada berbagai hal yang menjadi penyebab kurang nafsu makan pada anak maupun orang dewasa seperti stres, tegang, efek samping obat, rasa dan tampilan makanan yang tidak menarik, atau juga mengalami kondisi medis tertentu. 

Saya sendiri, meski saya tergolong kurus, nafsu makan saya cenderung tinggi. Bahkan karena seringkali mengikuti nafsu makan saya, suami saya jadi banyak makan juga. Akhirnya badan suami melar, dan sayanya masih begini-begini aja kurusnya. Padahal bisa di bilang, yang doyan makan adalah saya. Hehehe.. 

Untuk mengatasi kurang nafsu makan maka diperlukan cara yang harus disesuaikan dengan penyebabnya. Tentunya perlu analisa juga ya, apa sih ya yang bikin selera makan kurang. Saya pun, meski doyan makan ada kalanya gak nafsu makan. Misal kalo sedang sangat lelah, atau sedang bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Baca juga : Makan enak dengan nasi beras merah 

Berikut tips mudah untuk meningkatkan nafsu makan diantaranya yaitu : 

1. Membuat Makanan Dengan Tampilan Yang Menarik 

Hal ini, yang paling menggoda imam. Melihat foto-foto makanan di instagram saja, cukup membuat nafsu makan jadi meningkat. Yang tadinya tidak ada niatan jadi ingin sekali hanya gara-gara melihat tampilan makanan yang menarik. 

Waktu makan akan terasa sangat menyenangkan pada saat disajikan dengan makanan yang berwarna warni sehingga akan menarik mata. Cobalah untuk mengkombinasikan berbagai macam sayuran dengan warnanya yang berbeda beda. Garnish (hiasan untuk makanan) juga menjadi penunjang penting untuk menambah selera makan.


2. Membuat Aroma Makanan Yang Menggoda 

Seperti halnya kopi dengan aroma yang memikat, Membuat makanan dengan aroma yang sangat menggoda pun dapat meningkatkan nafsu makan. Cobalah untuk menyajikan makanan yang hangat dan baru selesai dimasak, atau dengan sebelum sebuah makanan disajikan maka hangatkan terlebih dahulu.

3. Membaginya Dalam Porsi Kecil 

Nafsu makan akan menurun pada saat melihat makanan dalam satu piring penuh, orang biasa menyebutnya porsi kuli, kadang melihatnya pun sudah terasa kenyang duluan. Untuk menyiasatinya maka makanan tersebut sebaiknya dibagi menjadi beberapa porsi yang lebih kecil. Dengan porsi kecil ini juga maka akan lebih mudah untuk menyiapkan. 

Bisa juga di siasati dengan porsi "Tanggung" yang lazim orang bilang, satu porsi kurang, tapi dua porsi kebanyakan. Hehehe. Mau tidak mau, orang biasanya akan menghabiskan 2 porsi. 

4. Dengan Membuat Kreasi Makanan Yang Enak Dan Baru 

Kita tentu akan merasa bosan pada saat diberi makanan yang sama didalam setiap harinya, dan bahkan kemungkinannya anak akan menolak makanan yang diberikan. Untuk mengatasinya maka buatlah makanan dengan kreasi yang unik dan beragam, sehingga akan menumbuhkan rasa penasaran anak untuk mencicipi makanan baru yang tersaji. 

Cara mudahnya tentu saja dengan melihat resep-resep menu makanan baru di internet, instagram, atau buku resep atau bahkan berguru kepada ibu atau mertua kita. 

5. Suasana makan yang enak

Tidak di pungkiri bahwa suasana makan yang nyaman pasti juga akan menambah nafsu makan. Makan bersama orang yang di sayang, suasana romantis atau saat suasana hati sedang bahagia, kadang menambah semangat makan. 

Anak-anak pun, jika suasana makan tidak nyaman cenderung tidak mau makan. Apalagi kalau orang tuanya marah, makin tidak mau makan lagi. Hahaha..

Baca Juga : MPASI unik untuk bayi usia 6 bulan ke atas

6. Batasi Makan Minum Sebelum Makan

Kebanyakan minum dan ngemil sebelum jam makan, sangat mempengaruhi nafsu makan, lho. Apalagi kalo ngemilnya yang berat seperti roti, macaroni schotel, sosis, sereal, atau burger tentu saja bikin kenyang dan jadi malas makan. Ya memang perut orang Indonesia biasanya belum kenyang kalo belum makan nasi. Jadi cemilan yang saya sebut di atas masih di sebut cemilan.

Mungkin kalau di negara lain, cemilan berat yang saya sebut itu adalah makan yang sebenarnya.

7. Rejeki berlebih

Bener gak sih, kalo lagi punya rejeki lebih bawaannya pengen makan-makan enak. Pengen ntraktir juga biasanya. Dan saat seru begitu, biasanya makan jadi lahap. 

Begitu pun untuk yang di traktir, kan rejeki juga namanya kalo dapat traktiran, atau gratisan pas ada acara-acara tertentu. Apalagi kalau di traktir di tempat-tempat yang wah dan kita mungkin belum pernah kesana. Pasti memanfaatkan momen tersebut sebaik-baiknya dengan makan selahapnya. Hehehe.. Okey, yang no 7 ini memang agak alay. Tapi memang bener kan? kan? kan?

8. Syukur nikmat

Biasanya kita jadi nafsu makan setelah sembuh dari sakit, karena merasa sakit itu gak enak. kita jadi semangat untuk hidup lebih sehat termasuk makan makanan yang menyehatkan juga yang jumlahnya cukup berbeda dengan sebelumnya. ada juga sih yang bilang kalau setelah sakit terutama setelah di infus kita memang cenderung jadi lebih lapar dan banyak makan. entah deh, apakah di dalam cairan infus ada curcuma nya mengandung penambah nafsu makan.hihihi yang jelas, sembuh dan sehat setelah sakit memang harus di syukuri dan dijaga.

======

Itulah tips mudah untuk meningkatkan nafsu makan. Selain itu masih ada tips yang lainnya seperti dengan melibatkan anggota keluarga pada saat akan menyiapkan makanan.