Berbicara mengenai social media tentu tak akan ada habisnya karena setiap saat setiap waktu social media menjadi sebuah keharusan yang dimiliki oleh setiap orang, tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan tekhnologi memaksa setiap orang untuk terus terhubung dengan banyak orang tanpa batasan ruang dan waktu. Dulu sebelum ada nya tekhnologi yang berkembang pesat seperti sekarang ini, setiap orang tidak bisa berkomunikasi semudah dan secepat sekarang, untuk berkomunikasi jarak jauh pun perlu waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan melalui surat pos, telegram (bukan nama aplikasi ya) dan lain sebagainya.

Beruntunglah kita hidup di zaman yang serba mudah ini, perkembangan tekhnologi tentu harus di sambut dengan cerdas dan juga bijak, jangan sampai kemudahan ini menjadikan kita terlena asik bersosial media di dunia maya namun mengesampingkan bersosialisasi di dunia nyata. Jadikan kemudahan di zaman ini sebagai pemecut diri agar lebih produktif di segala aspek yang sedang kita geluti. Bijak dalam bersocial media tentu bukan berarti kita tidak boleh menggunakan social media, silahkan dan sah-sah saja menggunakannya, apalagi banyak sekali kebaikannya jika kita bisa memanfaatkannya, dari berkomunikasi , menyebarkan informasi atau berita, membuat konten bermanfaat dan bahkan banyak juga yang dijadikan peluang usaha, jual beli online misalnya. Dan begitupun bagi para blogger jaman now tentu kehadiran social media harus dijadikan media yang membantu kita menjadi lebih mudah berkarya produktif dan berkembang. Setelah diamati, akhirnya aku merangkum tentang 5 social media yang wajib blogger miliki khususnya blogger pemula yang ingin mengembangkan diri melalui social media, diantaranya :

- Instagram

Media ini bisa dijadikan sebagai portofolio visual untuk mengembangkan karya yang kita buat, sebagai pengguna instagram aktif, aku sering mendapat respon positif ketika aku membagikan link melalui instagram, meski hanya 1 link hidup yang bisa diletakan di biografi profil instagram, namun cara ini masih sangat efektif dilakukan untuk mengarahkan sasaran pembaca blog kita. Apalagi sekarang bisa menggunakan applikasi tambahan agar biografi profil instagram bisa menampilkan beberapa link hidup bahkan ke berbagai platform menggunakan linktr.ee (nanti bisa dicari di google cara kerjanya ya).

- Facebook

Media ini meski sudah cukup lawas namun masih sangat efektif lho, terbukti dengan masih banyaknya komunitas blogger yang menggunakan media platform ini untuk membuat grup dan fanspage guna menjaring para member dan juga menyebarkan informasi didalamnya karena bisa menautkan link hidup di wall facebook yang bisa langsung diakses oleh calon pembaca blog kita, facebook juga menjadi wadah untuk blogwalking, chit chat informasi bahkan share tentang postingan blog terbaru agar tepat sasaran dibaca oleh target pembaca blog kita.

- Twitter

Dan media cuitan ini pun masih cukup efektif memberikan dampak positif untuk blogger, media ini bisa mencantumkan link hidup di setiap postingannya yang bisa langsung di klik dan di akses oleh sasaran pembaca blog kita. Dan beberpa komunitas blogger juga masih ada yang menggunakan media ini sebagai salah satu media berinteraksi.

- WhatsApp


Media ini juga mulai diminati para blogger untuk membuat grup-grup whatsapp untuk saling support dan chit chat lebih dekat untuk saling share link postingan terbaru, bahkan bisa menautkan link hidup di whatsapp story dan whatsapp juga menjadi media diskusi banyak hal khususnya tentang per-blogger-an. Banyak komunitas blogger juga menggunakan media ini sebagai ajang mengenal member-membernya lebih dekat.

- Line

Nah yang terakhir adalah Line, media ini bisa dibilang terus memberikan kemudahan bagi penggunanya dengan banyaknya inovasi yang tidak hanya untuk sekedar chit chat didalam grup, namun terdapat media simpan tulisan di note, membuat album, polling, like komen, dan juga bisa menautkan link hidup yang bisa langsung terakses ke berbagai media platform termasuk blog. Banyak juga lho komunitas blogger menggunakan media ini untuk menjaring para membernya.

Ulasan ini aku rangkum dari hasil pengamatan aku sendiri selama ini, jadi 5 platform social media yang aku jelaskan diatas juga aku gunakan untuk bersosialisasi dengan banyak orang dari berbagi daerah, dari berbagai usia dan latar belakang, media social tersebut juga aku gunakan untuk mempromosikan postingan-postingan terbaru aku agar dibaca oleh teman-temanku. Seru ya, semoga kita bisa terus bijak bersocial media, memanfaatkan kemudahan ini untuk menjadikan kita lebih berkembang ke arah yang positif tentunya. Demikian ulasan aku tentang social media, semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi positif kepada pembaca, terimakasih dan wassalam.