Hola, Dreamers! Kali ini aku pengen ngebahas sesuatu yang mungkin menjadi concern banyak orang, terutama bagi yang suka banget sama fashion. Jadi, sebenarnya masih banyak orang yang menganggap fashion itu mahal dan butuh modal gede. Nah kali ini aku akan buktiin kalau stigma itu tidak bener! First things first, aku bukan termasuk golongan yang membutuhkan modal gede untuk menjadi selalu tampil stylish. Namun, memang aku udah suka banget sama fashion dari dulu. Ada yang memang menganggap baju sebagai sekedar baju saja, yang memang digunakan hanya untuk menutupi tubuh. Tapi bagi sebagian besar orang, baju itu penting banget untuk menunjang penampilan and I'm definitely one of them. Sebagai orang yang mengklaim diri sebagai fashion blogger, tentunya aku harus share baju-baju yang aku pakai (you can check out #japobsOOTD, lol). Awalnya aku sempet down dan terus bertanya-tanya: Haruskah aku berhenti aja karena modalku nggak sebanyak itu buat beli baru terus-terusan? Tetapi aku mikir lagi, kenapa harus punya modal dulu baru bisa tampil stylish? Justru dengan keterbatasan itu harusnya aku bisa jadi lebih kreatif dalam mix and match baju plus pinter-pinter nyari affordable clothes yang ga kalah oke dari brand mahal. So, kali ini aku pengen ngasih tau beberapa tips how to look stylish with affordable clothes di posting-an ini.

| 1. Cari Online Shop Murah  
Denim overall dan stripes top ini belinya di Shopee!
Akhir-akhir ini aku lebih suka belanja online dari rumah karena memang aku suka mager dan juga karena baju-baju yang dijual di mall (dari berbagai fast fashion brands) itu harganya mulai nggak masuk akal buat aku. Dengan budget yang sama, misalnya 300.000, aku cuma bisa dapet 1 atasan di mall, sedangkan di online shop tertentu aku bisa dapet 2. Di sini juga kita harus rajin nyari promo dan diskonan ;p. Nah, dengan sudah adanya banyak e-commerce marketplace kenamaan di Indonesia, semua kegiatan belanja dapat dilakukan dengan lebih gampang. Shopee adalah salah satu yang paling sering aku gunakan lho! Selain karena mereka sering ngadain promo gila-gilaan, mereka juga menawarkan free ongkir. Walaupun kesannya sedikit, tapi free ongkir itu berarti banget buat kita-kita yang seneng belanja online, lol. Alasan lainnya, aku kan suka banget beli baju yang stylenya Korea/Jepang gitu, dan di Shopee ini tuh banyak banget online shop yang buka PO dari luar yang harga barang dan ongkirnya jauh lebih murah dibanding aku beli di Instagram (ini tips juga, lho hehe).

| 2. Thrifting/ Preloved Hunting  
Untuk para pecinta fashion dengan budget minim (well, ga cuma yang budget minim aja sih), thrifting ini adalah salah satu kunci untuk memenuhi kebutuhan fashion kalian. Kita bisa dapetin fashion items yang kece dan nggak pasaran dengan harga super miring. Banyak dari baju-baju "bekas" ini kondisinya masih bagus banget seperti baru. Ada banyak tempat yang menjual preloved items seperti Pasar Senen atau Pasar Baru, hingga tempat yang lebih bagus misalnya ITC Kuningan/ Mangga Dua. Kalau kalian mageran anaknya, sekarang apa sih yang nggak tersedia secara online? Banyak kok, orang-orang yang menjual preloved items-nya secara online. Preloved items terakhir yang aku beli adalah 90s windbreaker ini, yang ngedapetinnya drama banget hahaha. Tapi aku super puas karena dengan harga 100 ribuan aku bisa dapet jaket super keren yang kalo kalian liat di mall harganya bisa hampir sejuta. Aku juga pernah beli oversized denim shirt seharga 40 ribu, padahal pas aku liat di mall harganya sekitar 600 ribuan.

| 3. Mix and Match Game  
Last but not least, ini adalah cara paling murah sih sebenernya! Because all you need to do adalah rajin browsing inspirasi mix and match atau ngeliatin fashion influencers/ bloggers di lookbook, blog, atau Instagram mereka. Nggak ada aturan pasti untuk cara pakai baju di dunia fashion, jadi feel free untuk menjadi sekreatif mungkin dalam memadupadankan baju-baju lama kalian. Untuk poin ini kita juga harus berani untuk explore dan bereksperimen. Biasanya sih aku akan mencari inspirasi dari berbagai website streetstyle atau Pinterest ;).
***
That's all from me! Kalau kalian juga punya tips supaya bisa tetap stylish walau budget kalian minimum, feel free to tell me on the comment box below, ya! I hope this post can help you! ;)