Assalamu'alaikum wrwb, setelah di postingan sebelumnya membahas mengenai alasan aku mulai menulis blog, sekarang aku akan menjelaskan mengenai tema blog. Tema-tema blog akan sangat menentukan hasil karya tulisan dan juga mempengaruhi intensitas kunjungan pada tulisan kita. Tulisan yang baik juga harus dibarengi dengan tema yang sesuai supaya tepat sasaran ditujukan bagi pembaca.

Jauh sebelum aku mulai menulis blog, dulu aku sering mencari informasi juga melalui google yang selalu diarahkan menuju blog-blog yang membahas tema yang sedang aku cari. Dan inilah beberapa tema-tema blogpost yang aku sukai :

  • Tema Fashion

Ini tema yang saya sering cari dan baca di blog atau sosmed seseorang, karena aku hampir setiap saat selalu mencari ide inspirasi tentang fashion di sosial media, khususnya fashion hijabers yang tetap syar'i dan stylist. Mengikuti perkembangan trend dan mengaplikasikan untuk kehidupan pribadi, tentunya di sesuaikan dengan budget dan gaya hidup pribadi dengan tetap menjadi diri sendiri.

  • Tema Beauty atau Kecantikan

Suka tema ini karena aku pribadi suka sekali dengan makeup dan perawatannya. Bisa dibilang sering banget aku mencari info-info seputar tips kecantikan, review skincare, review produk kosmetik dari berbagai brand hingga tutorial makeup. Apalagi sekarang ini hal-hal diatas sudah menjadi trend masa kini karena sering sekali muncul di timeline sosial media termasuk blog. Dan sekarang aku juga menjadi suka menulis review tentang produk-produk kecantikan yang biasa aku gunakan.

  • Tema Parenting Education

Semenjak menikah dan punya anak, aku jadi sering mencari informasi seputar parenting, baik melalui buku, tanya langsung ke ahlinya atau memcari nya di sosial media termasuk blogpost. Setelah mendapat ilmu baru, biasanya aku diskusikan dengan suami dan menjadi bahan edukasi bersama, momen pillow talk biasanya aku dan suami sering berdiskusi banyak hal termasuk parenting education tentunya. Dan menurutku buat yang belum menikah pun justru penting mempersiapkan diri dengan ilmu parenting education, supaya menjadi lebih well prepare manghadapi lika liku dan perjuangan menjadi orangtua dalam mendidik anak bahkan jauh sebelum menikah.

  • Tema Self Improvement

Nah, tema ini biasanya aku sering cari disaat-saat hidup lagi melow dan lagi butuh suntikan semangat menjalani kehidupan. Tema ini juga tak jarang dibarengi dengan pengingat diri untuk lebih dekat dengan Tuhan, dengan mengingat Alloh SWT maka hidup menjadi tenang, itu yang sering aku jadikan pedoman hidup. Meski tema selfimprovement ini memiliki ruh semangat dalam menjalani hidup atau menghadapi masalah, tetap saja semua kembali pada si pembaca ya, karena yang menjadi penentu akhir dari setiap tindakan dalam hidup ini ya diri kita sendiri, bacaan hanyalah faktor eksternal yang mempengaruhi diri. Namun, bagiku tema ini tetaplah menjadi favorit, selain menenangkan juga pastinya bisa membuat pembaca memiliki semangat hidup yang lebih baik.

Tema bacaan diatas adalah tema yang sering aku kunjungi, tidak hanya menghibur tapi juga bisa dijadikan bahan edukasi, pengembangan informasi dan diri. Sebisa mungkin ketika menggunakan sosial media dan internet, pergunakanlah untuk hal-hal yang bermanfaat, agar tak hanya sekedar menatap layar tanpa tujuan. Semoga sharing kali ini bermanfaat ya, terimakasih yang sudah mampir, salam kenal semuanya, wassalam.