Produk-produk makeup yang mengandung bahan berbahaya dan dilarang, bukan hanya sekali ini saja ditemukan. Meskipun sudah tahu bahwa bahan-bahan tersebut dilarang, banyak produsen yang tetap memakai bahan tersebut pada kosmetik dan tetap menjualnya di pasaran. Namun, tidak sedikit pula yang memakai bahan yang aman tapi takarannya berlebihan. 

Tentu para pengguna makeup tahu apa bahaya dari penggunaan kosmetik dengan bahan-bahan terlarang dan berbahaya. Namun, tidak sedikit yang tidak tahu bagaimana caranya membedakan kosmetik yang asli dan palsu. 

Cara mengeceknya cukup mudah. Cukup cek di website BPOM. Masukkan merk atau nomor BPOM yang tertera pada sebuah produk. Jika tidak ada daftarnya di BPOM, sudah bisa dipastikan itu adalah barang palsu karena nomor BPOMnya adalah hasil karangan.
https://cekbpom.pom.go.id/

Berikut ada enam merk kosmetik legal yang memiliki kandungan bahan berbahaya:



Gimana Beautynesias? Apakah diantara kalian ada yang menggunakan produk di atas? 

Berikut adalah daftar kosmetik lainnya dan keterangannya:













Demikian daftar kosmetik yang berbahaya. Tentu masih banyak produk makeup berbahaya yang belum terjamah oleh BPOM. Itu sebabnya konsumen harus cerdas dalam membeli. 

Belilah makeup di toko retail/toko online terpercaya. Jangan tergiur dengan online shop yang menawarkan makeup dengan harga murah. *