Mungkin bukan hanya saya, setiap orang juga sepertinya pernah merasakan bosaaaan banget sama makanan yang biasa kita makan. Pengennya coba atau masak suatu makanan yang baru. Nah, dalam menemukan ide baru, temasuk menu masakan, saya sering banget buka-buka Pinterest. Sampai akhirnya saya menemukan menu yang satu ini: Potato Soy Glazed.

Apaan tuh?

Intinya ya kentang dilapisi soy sauce. hehe

Sebenernya saya banyak menemukan resep ini tapi bahan utamanya pakai ubi. Hmm.. entah kenapa saya lebih tertarik untuk pakai kentang. Eh, enggak gitu sih. Soalnya di rumah adanya kentang. Kalau mau pakai ubi harus ke pasar atau supermarket dulu. JADI YANG ADA AJA NGGAK USAH RIBET. Oke, ayo langsung kita eksekusi!

Resepnya gimana?

Ya gitu aja. Kentang sama soy sauce. hahaha. Jujur saya buat ini nggak pakai takaran. Sekiranya aja. Pakai insting dan bismillah 😀

Bahan:

  1. Kentang rendang
  2. Kecap asin
  3. Gula
  4. Air

Cara membuat:

  1. Cuci bersih kentang. Karena saya menggunakan kentang rendang, jadi kulitnya nggak saya kupas. Biarin aja biarin.
  2. Lalu masukkan kentang ke dalam panci, kemudian masukkan air hingga menutupi semua kentang.
  3. Tambahkan gula dan kecap asin yang banyak. Tapi jangan banyak-banyak juga sih. Biasa aja. Jangan norak.
  4. Tutup panci, kemudian masak dengan api kecil hingga air habis.
  5. Jangan lupa sesekali diaduk dan periksa banyaknya air. Jangan nunggu bau gosong baru ditengokin. Mentang-mentang sampai airnya habis jadi ditinggal gitu aja. Ngerti nggak?
  6. Setelah air hampir habis, sajikan kentang. Setelah agak dingin, kentang siap untuk disantap. Tapi kalau mau makan panas-panas ya silakan. Resiko tanggung sendiri.

NGGAK USAH NGEGAS WOY.

Oh iya, judulnya memang pakai soy sauce. Tapi berhubung nggak punya dan beberapa sumber bilang soy sauce itu mirip kecap asin, jadi dengan sotoy saya ganti pakai kecap asin ajyah.

Terus rasanya gimana, mpok?

Aneh. bahahahahahaha. Manis asin pekat gitu. Bukan rasa yang aneh banget sampai dimuntahin lagi atau nggak bisa dimakan gitu sih. Cuma mungkin buat lidah orang Indonesia bukan rasa yang umum aja. Satu mangkok itu habis kok dimakan berdua sama ayah 😀

Sebenernya lebih cocok nggak usah pakai kecap asin. Pakai gula aja atau madu. Jadi rasa luarnya manis, dan di dalam kentangnya lembut. Rasanya lebih masuk buat lidah orang Indonesia. Kalau kulitnya mau dikupas juga boleh, manisnya bakal lebih menyerap ke dalam kentang. Tapi tau nggak sih? Kulit kentang itu banyak nutrisi, lho. Ada vitamin C, serat, zat besi, dan masih banyak lagi.

Alesan lo! Bilang aja males ngupas!

Oh! Kentang juga bisa diganti pakai ubi atau singkong. Tapi untuk ubi sama singkong kayaknya harus dikupas dulu ya kulitnya. Nggak kebayang aja cuuuuyyy nelen kulit singkong!

Oke deh, selamat mencoba resep ngasal yang satu ini ya. Nantikan resep suka-suka selanjutnya 😀

FacebookTwitterGoogle+Share