Sudah lama sekali aku dihantui topik ini. Gatau kenapa baru mood bikinnya sekarang. Disaat mungkin semua orang udah pada caem-caem banget bikin alis atau para content creator udah pada bikin, tapi aku kan orangnya gak mainstream sih dan suka kemakan trend. Jadi biar aku teruskan ya postinganku kali ini.
Nah kalo diliat dari judulnya kok ada embel-embel [2018] ? Yap, ini caraku ngegambar alis ditahun 2018. Ditahun-tahun sebelumnya pun aku sudah pernah bikin tutorial menggambbar alis tapi diikuti dengan embel-embel review produk si alisnya yaitu Elf Eyebrow Kit di tahun 2016 dan Etude Brow Pencil di tahun 2017.

 Tahun-tahun sebelumnya cara bikin alisku tidak jauh masih berubah. Tahun depan tidak ada yang menjamin juga sih aku bikin alis kaya gimana. So, aku pikir topik per-alisan ini gak akan ada habisnya. Secara kalo mau ngomongin alis dan coba ngesurvey 1000 cewek dipinggiran jalan dengan pertanyaan  "kalian paling gak pede keluar rumah kalo gak pake makeup apa?"  
PASTI JAWABAN MEREKA ALIS!

NGALIS = Kegiatan menggambar alis
(anggap saja ini sebagai kosakata baru karna akan aku sering ulang)
Apa aja yang aku pakai untuk ngalis? 
- Eyeshadow Pallete Coastal Scent 
- Eyebrow Brush
- Pixy Concealer
- Concealr Brush
- Sikat Eyebrow
Untuk alat-alatnya sih itu memang yang aku punya. Eyeshadow itu jarang banget aku pake, jadi aku manfaatin buat alis warna hitamnya. Nyala banget dan hasilnya... liat aja nanti! Jadi baca sampe habis yes. 
Karna aku pake eyeshadow jadi aku perlu brush dong untuk aplikasiinnya. Masa iya pake tangan, kan gak lucu banget. 
Nah untuk concelar ini tentatif yah. Terkadang aku gak pake kalo aku ngerasa alis aku udah rapih dan aku lagi gakburu-buru (biasa ya miss ngaret :p). Aku pake si pixy karna ya emang gak kepake dan ternyata bisa dipake buat bentuk alis dan ngerapihin. 

*TIPS*
 Buat kalian yang suka ngebentuk atau ngerapihin alis pake concelar. Saran aku sih better kalian pake foundation yang kalian pake. Itu better karna nantinya warna garis alis kalian akan sama dengan warna wajah.

Nah itu yang perlu di highlight sih. Aku kadang suka risih sama alis-alis yang warna concelarnya beda banget sama warna foundation mukanya. Ya kalo orangnya udah pro banget bisa dibaur sehalus mungkin sih gapapa tapi kalo engga, keliatan banget fake nya. Hehe, it's just my suggestion and opinion ya sister :)
 
STEP BY STEP 
FIRST:
 Sisir dulu alisnya apalagi yang agak-agak tebel gitu menggunakan sisir alis. Aku pake dari Etude Eyebrow yang udah ada sisirnya. Jadi walaupun eyebrow nya udah habis masih aku pake bagian sisirnya.

SECONCD:
Ambil eyeshadow pallete yang aku punya si Coastal Scent sama eyebrow brush. Oia ini balik lagi ke eyeshadownya masing-masing. Kebetulan ini pigmented banget jadi aku dikit-dikit nge-tap nya. Mulai gambar alis, kalo aku mulai dari bagian paling bawah dan tengah. Gak dari ujung depan. Ini sebenernya gak ada hukum patennya harus mulai dari mana. Mau mulai dari atas, tengah, bawah kek senyamannya aja dan yang penting hasilnya bagus.
Setelah buat garis bagian bawah karna ini pigmented baget, gak langsung aku tap-in lagi ke eyeshadow palletnya tapi aku baurin dulu ke bagian tengahnya dan depan. 

THIRD:
Lalu ambil lagi eyeshadownya ke brush untuk bikin garis bagian atas, selanjutnya dibaur dibagian tengah dalemnya. Dibagian depan untuk menghasilkan gradasi yang cakep biasanya selalu aku kasih sisaan kalo sekiranya warna hitamnya udah gak bold banget di brushnya itu. Kalo dalemnya masih kurang nyala atau mau bikin yang bold, tinggal di dab lagi ke eyeshadow pallete baru di apply ke bagian ujung yang runcing baru setelah itu merembet ke ujung tengah.  

FOURTH: (optional)
Aku bilang optional disini ini karna tambahan ya. Boleh dilakukan boleh engga tergantung selera. Kalo alis aku selesai di step 3 udah rapih ya aku skip tahap ini. Nah ini tahap pembenaran dan pemolesan sebenernya. Supaya on fleek banget dan rapih. Aku pake concealar dari PIXY lalu pengaplikasiannya pake conealar brush.(Kalo saat itu aku pake foundation pasti foundation yang sedang kupakai saat itu sebagai pengganti concealar untuk merapihkan si alis)

Apllikasikan concealar ke bagian pinggir alis atas dan bawah supaya terlihat lebih rapih dan cucok. Seems like profesional, rite

FIFTH:
Sisir alis khususnya bagian depan supaya lebih rapih dan jika terlalu tebal agar gradasi warnanya telihat lebih jelas. Lalu jika terlalu meleber ke tengah hapus aja pake jari atau pake tambahan bauran menggunakan jari.

VOILA! THE EYEBROW IS DONE!
Easy right?


Nah itu teknik menggambar alis versiku saat ini. Lagi males pake pensil alis karna ribet harus sering-sering ngeraut. Pake pensil alis yang sejenis Etude gitu oke sih, cuma gak terlalu runcing/tumpul jadi last resultnya kurang rapih. Nah kalo pake eyeshadow ini bener-bener ringkes banget gak ribet dan tetap tahan lama juga kok sehari. Sudah terbukti!

Intinya untuk ngegambar alis yang bagus bukan dilihat dari produk apa yang dipake. Balik lagi ke SKILL! Jadi menurut aku untuk pemula gaperlu beli Anastasia Beverly Hils kok untuk dapetin hasil yang sempurna. Practise make perfect.  

Untuk lebih jelasnya kalian bisa tonton videonya di channel youtube aku yas!


Thanks for read my blog.
See you in my next post. Bye