Gangguan menstruasi merupakan gejala kelainan yang terjadi pada masa menstruasi atau yang mempengaruhi siklus terjadinya peluruhan dinding rahim tersebut. Kondisi ini dapat ditandai dengan pendarahan yang terlalu sedikit atau justru jumlahnya berlebihan dan siklus terjadinya yang tidak teratur atau bahkan tidak terjadi menstruasi sama sekali. Karena menstruasi adalah masa yang sangat penting untuk menandai kesuburan wanita, maka sebaiknya Anda mengetahui semua informasi mengenai kondisi tersebut yang bisa Anda dapatkan lebih detail melalui website kesehatan terpercaya yaitu Guesehat.

Website ini dirilis pada 30 September 2017 dan sampai saat ini telah diakses banyak orang setiap harinya karena terbukti selalu memberikan informasi yang akurat tentang kesehatan termasuk informasi secara rinci mengenai menstruasi. Salah satunya adalah mengenai gangguan menstruasi dan cara ampuh mengatasinya seperti di bawah ini, yaitu:

  • Pramenstruasi syndrome atau sering disingkat sebagai PMS. Umumnya gangguan ini akan menunjukan gejala seperti mudah emosi, nyeri di beberapa bagian tubuh, perut kembung dan insomnia.
  • Menstruasi berat atau kondisi dimana darah kotor haid yang keluar menjadi tidak normal dan masa haid juga berlangsung lebih lama dari biasanya.
  • Absen menstruasi atau amenorrhea adalah gangguan menstruasi dimana seorang wanita tidak mengalami haid pada jangka satu bulan atau lebih.

Ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab utama gangguan di atas terjadi ketika wanita menstruasi seperti asupan makanan yang kurang nutrisi atau pola hidup tidak sehat. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami salah satu gejala seperti gangguan di atas lakukan beberapa langkah pengobatan dengan olahraga atau mengompres air hangat untuk mengurangi nyeri, dan menjaga kebersihan saat haid dengan mengganti pembalut setiap 3-5 jam sekali.

Jika setelah Anda melakukan beberapa langkah seperti di atas namun rasa nyeri atau timbul gejala lainnya yang lebih parah, maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat secepat mungkin. Hal ini sangat penting karena ketika wanita datang bulan akan membuat daya tahan tubuh atau antibodi menurun sehingga semua gangguan menstruasi harus di atasi dengan benar untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat.