Tips liburan murah merupakan salah satu solusi terbaik bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu menikmati akhir pekan tanpa menghabiskan banyak uang. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki dana terbatas. Salah satu metode yang bisa Anda pilih adalah liburan ala backpacker.

Backpacker sendiri memang identik dengan perjalanan wisata yang hemat dan praktis. Kebanyakan wisatawan yang mengadopsi gaya ini adalah turis asing. Meski begitu, tak sedikit orang Indonesia yang mulai melakukan penjelajahan ala backpacker. Mulai dari pencinta alam, mahasiswa hingga pekerja kantoran.

Siapa Bilang Liburan Harus Mahal? Simak Tips Liburan Murah di Bawah Ini!

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk liburan hemat, simak sejumlah tips berikut ini.

Pergi di Luar Musim Liburan
Waktu terbaik untuk pergi berlibur adalah di luar musim peak season. Selain harga tiket dan penginapan lebih murah, destinasi wisata pun relatif lebih sepi. Hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang menyukai ketenangan. Jalan-jalan pun terasa lebih menyenangkan karena jalanan tidak dipadati oleh ratusan turis. Dengan begini, Anda lebih menikmati liburan.

Cari Promo
Tips liburan murah selanjutnya adalah mencari promo, baik tiket pesawat, kereta api, maupun penginapan. Potongan harga yang diberikan memang tidak seberapa, tetapi lumayan untuk menghemat anggaran.

Pastikan untuk berlangganan newsletter atau mengikuti media sosial maskapai penerbangan, penyedia jaringan hotel, dan kereta api. Dengan begitu, Anda tidak akan ketinggal promosi.
Jangan lupa juga untuk rajin mengecek website resmi atau mengikuti kuis yang biasanya diadakan secara berkala. Siapa tahu Anda beruntung mendapatkan tiket gratis.

Hubungi Teman
Pernahkah Anda berpikir mengenai manfaat menjalin pertemanan sebanyak mungkin? Salah satunya adalah ketika Anda membutuhkan bantuan, mereka akan membantu dengan senang hati.

Hubungi teman Anda, ajak mereka untuk bertemu. Tanyakan tempat terbaik yang wajib dikunjungi. Di mana tempat wisata kuliner yang murah dan mengenyangkan, termasuk penginapan dengan harga bersahabat.

Sewa Kendaraan
Menggunakan transportasi umum memang dapat menekan anggaran. Sayangnya, Anda harus bersabar karena pengguna kendaraan umum di Indonesia sangat tinggi. Solusi terbaik yang bisa Anda pilih adalah dengan menyewa kendaraan bermotor.

Dengan sewa kendaraan, Anda tidak perlu repot mengantri. Bepergian pun jauh lebih praktis karena kendaraan dapat digunakan kapan saja. Sangat menyenangkan, bukan?

Bawa Uang Tunai
Biasakan untuk membawa uang tunai seperlunya saja. Hindari membawa kartu debit atau kredit. Hal ini untuk meminimalkan potensi “lapar mata” yang biasanya menjadi penyakit wisatawan. Dengan cara ini, Anda pun lebih mudah mengatur pengeluaran.

Itulah sejumlah tips liburan murah yang dapat Anda coba. Ternyata, liburan tidak harus mahal kan? Yuk, liburan!