Seperti yang kita ketahui, bahwa ASI merupakan salah satu asupan nutrisi yang sanat baik bagi bayi berusia 0 – 2 tahun. Pada usianya sudah mencapai 6 bulan, tentunya sikecil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih sehingga MPASI (makanan pendamping ASI) menjadi solusi terbaiknya. Pemberian MPASI tersebut juga harus tepat, serta teksturnya yang halus agar mudah di cerna oleh si kecil. Nah, berbicara soal MPASI, berikut dibawah ini ada beberapa menu MPASI yang cocok untuk bayi yang usianya diatas 5 bulan :


1. Bubur Susu

Menu MPASI pertama yang bagus untuk bayi berusia 6 bulan ke atas, yakni berupa bubur susu. Ya, seperti yang kita ketahui, bahwa susu merupakan salah satu kuliner yang kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin yang tentunya sangat dibutuhkan oleh si kecil. Menu yang satu ini terdiri dari tepung beras merah dan tambahan susu.

2. Bubur Kacang Panjang

Menu MPASI yang kedua ini memang belum banyak di coba. Ya, hal itu dikarenakan rasanya yang memang kurang cocok dengan lidah si kecil. Padahal, bubur kacang panjang ini kaya akan kandungan serat dan vitamin B lho. Tentu saja kandungan tersebut sangat bagus untuk si kecil yang berusia 6 bulan keatas. Nah, agar rasanya jauh lebih menarik lagi, bunda bisa menambahkannya dengan susu atau sedikit gula.

3. Bubur Wortel

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan jenis sayuran yang satu ini. Wortel itu sendiri memiliki kandungan vitamin A yang berfungsi untuk menajamkan penglihatan dan memelihara kesehatan mata. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, vitamin A tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan otak pada anak lho.  Berikut mengenai cara membuat bubur wortelnya => siapkan beberapa buah wortel, kupas kulitnya, cuci hingga bersih, kemudian rebus hingga matang dan benar-benar empuk. Jika sudah demikian, silahkan lumatkan wortelnya sampai halus, dan bubur wortel pun sudah siap untuk disantap si kecil.

4. Bubur Buah Pisang

Menu MPASI berikutnya yang jangan sampai bunda lewatkan, yakni berupa bubur buah pisang. Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin A, posfor, kalium, kalsium, mangan, dan zat besi, yang tentunya kandungan tersebut sangat bagus untuk kebutuhan nutrisi si kecil. Cara membuat buburnya juga cukup mudah, dimana bunda hanya tinggal mengeruk bagian dagingnya saja, dan sudah bisa langsung disantap oleh si kecil.

5. Bubur Buah Pepaya

Berdasarkan dari hasil penelitian, buah pepaya itu memiliki kandungan enzim papain yang bermanfaat untuk melancarkan system pencernaan. Tak hanya itu saja, buah tersebut juga mengandung asam folat dan zat besi yang bagus untuk perkembangan otak, serta dapat memelihara kesehatan tulang dan gigi. Dengan kandungan nutrisi yang sedemikian rupa, tentunya bunda wajib memasukan bubur buah papaya ini pada daftar menu MPASI untuk si kecil.

6. Bubur Buah Alpukat

Menu MPASI terakhir yang sangat direkomendasikan bagi bunda, yakni berupa bubur buah alpukat.  untuk dijadikan menu mpasi bagi balita berusia 6 bulan. Buah alpukat itu sendiri memiliki kandungan seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, kalsium, zat besi, dan lain sebagainya. Cara membuat bubur buah alpukat => keruk bagian dagingnya, lalu lumatkan sampai halus. Agar rasanya lebih menarik lezat, bunda bisa menambahkannya dengan sedikit gula atau sirup.
Itulah beberapa menu MPASI yang cocok untuk bayi berusia diatas 6 bulan. Bagaimana, apakah bunda tertarik untuk membuat menu tersebut?