Lahan kosong makin lama makin berkurang, bagaimana tidak pertumbuhan penduduk juga semakin meningkat kan ya. Selain itu, semakin banyak fasilitas yang ada dan semakin ke tengah kota semakin mahal juga harganya. Apartemen, sepertinya menjawab kegelisahan sebagian masyarakat yang ingin memiliki hunian di tengah kota tapi dengan harga yang lebih murah dibanding untuk membeli rumah di tengah kota.


Ada banyak sebenernya kalau mau mencari tanah yang lebih luas, tapi tidak masuk di daerah perkotaan, ibaratnya daerah pinggiran.  Tapi soal harga ini jauh banget, ibarat di kota dapatnya masih tanah yang sempit, daerah pinggiran udah bisa jadi rumah, soalnya kalau daerah pinggiran ini ya di deket rumahku aja ya, kavling ukuran 6x14 ini rata-rata minta 175 juta, ini pun sudah jarang banget ada lho. Susah sudahan cari ukuran segini, tapi di kota bisa-bisa 1 meternya aja 50juta. Serius.. aku juga kaget kok awal-awal dengernya ini. 


Sederet fasilitas yang selalu di siapkan untuk para penghuni dari developer selalu menjadi suatu kemanisan tersendiri untuk setiap orang yang menginginkannya, jujur saja aku sendiri pun pernah berpikir untuk membeli sebuah ruang alias studio di apartemen, tapi bukan untuk hunian, lebih untuk investasi, tapi tetap ingin juga bisa menginap di apartemen seminggu sekali lah ya buat refreshing karena Alhamdulillah sudah memiliki tempat tinggal dan keluarga sudah cukup nyaman tinggal disini, nah kalau untuk investasi kan lebih baik ya mumpung masih muda begitu pikirku, Tapi ternyata sebelum investasi kita harus berpikir jeli ya sebelum memutuskan.

Keuntungan Investasi Apartemen

  • Lokasi berada di pusat keramaian, tentunya memudahkan kita untuk bisa membuka jasa sewa apartemen yang tentunya akan lebih cepat terisi.
  • Fasilitas yang lebih memadai, tak jarang apartemen di fasilitasi dengan kolam renang, jogging track, spa atau bahkan supermarket agar mempermudah para penghuninya tinggal lebih nyaman, dan ini salah satu dari daya tarik yang aku sebutkan tadi. 
  • Harga jual yang kian melambung, karena seperti tanah dan rumah, makin lama harga apartemen juga semakin mahal dari pembukaan awal.
  • Harga sewa yang lebih tinggi dari pada tanah dan rumah, iya jika kita menyewakan rumah dan tanah seringnya ita menyewakan bulanan atau bahkan hitungan tahun, tapi jika kita menyewakan apartemen ini bisa mingguan bahkan harian. 
  • Tidak bingung soal perawatan, nah ini yang mungkin paling terasa dibanding tanah dan rumah, karena dengan investasi di apartemen, sudah ada yang bagian renovasi memang dibutuhkan biaya tiap bulan, tapi soal bangunan dan lain-lain sudah ada bagian yang membersihkan dan juga merawat sendiri, jadi tidak perlu keluar tenaga lagi untuk itu.

Kerugian Investasi Apartmen

  • Kita harus benar-benar jeli untuk ini, cek sebelumnya lokasinya dekat dengan pusat kota atau tidak, ada masalah atau tidak dengan surat-suratnya, dan yang terpenting developernya pastikan kredibilitasnya terpercaya.
  • Dibatasinya parkir kendaraan, mungkin yang biasa ngajak banyak teman-teman apalagi yang menginap disini cukup bingung soalnya pasti dibatasi, selain penghuni bayar parkir seperti di mall. 
  • Tidak memiliki hak atas tanah, pemilik apartemen memiliki HGB jadi setelah kepemilikan berjalan beberapa puluh tahun (biasanya 30 tahun ) harus diperbarui suratnya. 

Jadi, sebenarnya Investasi Apartemen Untung Atau Rugi ?
Jika ditelisik lebih lanjut memang lebih banyak keuntungannya sih daripada ruginya, tapi kembali lagi soal kenyamanan, kepastian pembangunan dan juga kejelian kita memang harus benar-benar diperhitungkan sebelum memutuskan. 

Mungkin untuk menyenangkan hati karena ingin di apartemennya hanya untuk refreshing, jadi sementara ini lebih baik sewa apartemen aja dulu sembari menabung untuk nanti kalau memang ada uang lebih lagi baru cari info soal jual apartemen buat di beli, semoga suatu saat nanti impian memiliki sebuah studio apartemen view bagus di jakarta bisa terwujud, aamiin ya rabb..