Halo ladies!
Punya wajah yang bersih, mulus dan glowing pasti jadi mimpi semua wanita (and man's), dan kita biasanya ngelakuin berbagai cara buat menapai target itu.

Nah, apa di antara kalian ada yang mengalami hal ini? 

1. Udah coba semua skincare dari yang chemicals based sampai all natural based,

2. Ngikutin tips-tips dan rekomendasi produk dari para beauty guru,

3. Beli produk-produk skincare dari yang harganya biasa-biasa sampai yang bikin kantong bolong, 

-tapi mukamu nggak bersih-bersih dari jerawat dan bekasnya!

Perlu kalian ketahui, ada beberapa hal yang bisa jadi the reason why it your skin is not clearing up.
Yuk, disimak!

1. Kurang tidur
Coba kamu cek dan ingat-ingat, berapa jam kamu tidur semalam? Kurang tidur bisa menyebabkan kulit kamu kusam, kantung mata, dan timbul jerawat. Waktu yang ideal untuk tidur adalah minimal 7-8 jam supaya kulit kamu tidak kekurangan pH yang mengakibatkan masalah-masalah di kulitmu timbul. Buat yang sering bergadang, mungkin ini alasan kenapa kulitmu nggak bersih-bersih. Kurang-kurangi bergadang dan coba tidur lebih cepat supaya kulit kamu membaik ya.

2. Terlalu sering menyentuh wajah
Tangan kamu yang kamu pakai buat menyentuh wajah kamu tidak mungkin sepenuhnya bersih, meskipun sudah mencuci tangan ada kemungkinan bakteri-bakteri masih menempel di tanganmu. Nah, kotoran di tangan kamu yang kamu bawa ke kulit wajah kamu ini yang bisa menyebabkan muka kamu susah bersih. Kotoran-kotoran ini bisa memicu timbulnya jerawat, dan memperparah jerawat yang sudah ada.

3. Sarung bantal kotor
Ini kadang-kadang suka lolos dari pikiran kita, tapi sarung bantal yang kamu gunakan berhari-hari sangat mungkin menyimpan kotoran yang kamu bawa di badanmu waktu tidur, belum lagi debu-debu yang menempel di sarung bantal itu sendiri. Untuk mengatasinya, ganti sarung bantalmu 1-2 kali dalam seminggu, dan biasakan tidur dalam kondisi bersih (sudah mandi dan keramas) untuk menghindari bertambah banyaknya kotoran yang menempel di sarung bantal dan kulitmu.

4. Kebiasaan memecahkan jerawat dan mengorek bekas luka
Kembali lagi ke keadaan tanganmu yang tidak pernah sepenuhnya bersih, dan kamu gunakan untuk memecahkan jerawat dan mengorek bekas luka, hal ini akan membuat jerawat kamu tambah banyak (menyebar) dan bekas luka susah sembuh. Belum lagi kemungkinan luka kamu infeksi!

5. Stres/terlalu banyak pikiran
Keadaan pikiran kamu juga bisa menjadi alasan kenapa jerawatmu terus bermunculan, dan karena pikiran seseorang sangat rumit, terkadang sangat sulit untuk mencegah jerawat yang timbul dari keadaan ini. Tapi dengan mencoba menenangkan diri dengan olahraga seperti yoga, atau mungkin melakukan meditasi, kamu bisa mengendalikan rasa cemas dan stres kamu. Selain itu coba untuk tenangkan pikiran kamu sebelum tidur, meditasi atau lakukan hal yang biasanya mengurangi rasa stres kamu setidaknya 15-30 menit sebelum waktu tidur kamu agar kamu bisa tidur dengan nyenyak dan bangun lebih fresh keesokan harinya.

6. Alergi terhadap produk rambut
Selain produk yang langsung menyentuh wajah, ada juga produk yang harus kamu perhatikan : produk yang kamu gunakan di rambut kamu! Karena sadar tidak sadar, rambutmu pasti akan menyentuh wajah kamu, dan kalau kamu alergi atau kulitmu tidak cocok dengan produk tersebut, maka kulit kamu akan beraksi negatif juga. Biasanya hal ini bisa menyebabkan jerawat di daerah dahi dan sekitar pipi kamu.

7. Terlalu sering menggunakan make-up
Penggunaan make-up rutin bisa jadi penyebab kulit kamu susah bersih, karena make-up yang kamu gunakan dapat menyumbat pori-pori wajahmu sehingga kulitmu tidak bisa bernapas. Sebisa mungkin gunakan make-up di saat yang hanya dibutuhkan, sisakan waktu di mana kamu bebas dari make-up. Jadi, kalau cuma ke pasar, lebih baik tidak usah pakai make-up ya!

8. Produk yabg tidak sesuai
Keadaan kulit seseorang berbeda-beda, meskipun tipe kulit kalian sejenis, tetap ada kemungkinan besar kulitmu tidak cocok dengan produk yang digunakan orang tersebut. Misalnya, tea tree dikatakan cocok dengan orang yang kukitnya berminyak dan berjerawat, tapi belum tentu semua orang cocok menggunakan produk tersebut. Sangat penting untuk membaca artikel atau review yang mengenai satu produk dari berbagai sumber sehingga kamu bisa menetapkan lebih baik apakah produk tersebut cocok denganmu. Kalau menurutmu produk itu tidak cocok, jangan memaksa menggunakannya hanya karna "kata orang" produk itu cocok dengan tipe kulitmu, langsung hentikan penggunaannya ya!

9. Tidak mandi/mencuci wajah secara rutin
Baik kalian yang sering beraktivitas di dalam atau di luar ruangan, mandi dan mencuci wajah adalah hal yang sangat penting. Mandi dan mencuci wajah dengan rutin sangat membantu untuk menjaga kebersihan wajah dan badanmu karena debu-debu dan keringat yang menempel di tubuhmu dapat menjadi penyebab utama jerawat.

10. Tidak menggunakan sunscreen
Banyak dari kita yang meremehkan penggunaan sunscreen, padahal sunscreen sangat membantu menjaga wajahmu dari sinar matahari. Terpapar sinar matahari langsung dapat mengakibatkan flek hitam timbul dan bekas jerawatmu semakin menghitam.
Jadi pastikan kamu selalu menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas di pagi-sore hari ya! Hal lain yang perlu kamu ingat adalah pastikan kamu membersihkan wajahmu dari sunscreen agar tidak menyumbat pori-piri, melakukan doble cleansing snngat disarankan apabila kamu menggunakan sunscreen dan make-up.

11. Kebiasaan makan yang tidak sehat
Junkfood, makanan berminyak, soda, dan majanan manis, siapa yang tidak suka dengan makanan-makanan itu? Tapi ada konsekuensi dari makanan yang kamu makan, yaitu efek yang diakibatkan ke kulit kamu. Makanan-makanan itu bisa menyebabkan produksi minyak berlebih yang berujung pada timbulnya jerawat. Coba masukan sayur-sayuran dan buah ke dalam menu makananmu dan utamakan makan sehat agar kondisi kulitmu membaik. Sekarang ini sudah banyak catering yang menyediakan makanan-makanan sehat dengan rasa yang enak, jadi diet makananmu bisa terasa lebih nikmat!

12. Dehidrasi
Seringkali dalam satu hari kita hanya minum satu gelas air mineral dan sisanya antara minum-minuman berkarbonasi (soda) atau minuman manis. Padahal air mineral sangat penting untuk tubuh dan kulitmu. Hal ini bisa disebabkan oleh lingkungan, seperti ruangan yang dingin sehingga kanu tidak merasa haus, dan lain lain. Terkait dengan kepercayaan di masyarakat tentang minum 8 gelas air sehari, ternyata kepercayaan ini salah besar. Karena kebutuhan air pada tubuh seseorang berbeda-beda tergantung dengan usia, berat badan, aktivitas fisik, kesehatan dan iklim sekitarnya. Bagaimana cari kita tahu apakah kita dehidrasi atau tidak? Hal ini bisa kita lihat dari warna urin kita, tika berwarna orange atau kuning pekat, maka kita dehidrasi dan disarankan untuk minum air lebih banyak dari yang biasa kita minum. 
Pastikan setidaknya kamu minum 3-4 gelas air mineral sehari agar kebutuhan hidrasimu terpenuhi.

Oke, sekian artikel kali ini ya ladies! Semoga hal-hal di atas bisa membantu kalian untuk mengetahui penyebab kenapa kulitmu nggak bersih-bersih dan mencegah atau memperbaiki kondisi kulitmu.

With love, 

Jays.