Ponsel menjadi salah satu benda yang tidak bias lepas dari kehidupan kita sehari-hari ya, Ladies. Kemana pun kita pergi pasti tidak boleh tertinggal, selalu ada digenggaman. Terutama pada malam hari sebelum tidur. Namun tahukah kalian jika cahaya dari layar ponsel bisa menimbulkan masalah atau bahkan memperparah keadaan kulit kalian?

Blue Light (HEV Light) adalah spectrum cahaya tak kasat mata yang memiliki enerji kuat. Menurut peneliti dari Universitas New York, Shari Marchbein, blue light bisa menyebabkan gangguan mata, seperti katarak, glukoma, dan lainnya. Di sisi lain juga menimbulkan masalah pada kulit kalian, mulai dari kerutan, memperburuk kelemahan kulit, dan hyperpigmentation atau radang kulit.

“Peradangan yang terjadi bisa mengganggu kelembaban kulit, menyebabkan kekeringan dan iritasi, dan menganggu pertumbuhan sel kulit baru, produksi kolagen, dan penyembuhan luka,” kata Joshua Zeichner, Direktur Peneliti Kosmetik dan Klinikal Kulit di Mount Sinai Hospital, New York, dikutip dari Cosmopolitan.com.

Lantas bagaimana cara mengurangi efek dari blue light untuk kesehatan kulit kita?

Kurangi Penggunaan Ponsel

Image source: https://cdn.lifehack.org/wp-content/uploads/2016/07/13080128/smartphone.jpg
Jika biasanya hampir setiap menit kalian mengecek ponsel hanya untuk membuka media sosial atau mengecek obrolan, sebaiknya kini dikurangi secara bertahap mulai dari 15 menit sekali, 30 menit sekali, atau 1 jam sekali jika tidak ada kebutuhan mendesak. Terutama pada malam hari di mana waktunya kulit untuk beristirahat dan menumbuhkan sel baru.

Upgrade Sunscreen-mu

Image source: https://static.standard.co.uk/s3fs-public/thumbnails/image/2017/10/11/16/gettyimages-475170163.jpg?w968
Jika biasanya kamu menggunakan sunscreen yang mengandung UVA dan UVB, kini ada baiknya coba memilih sunscreen yang juga memiliki kandungan anti-HEV Light, atau mineral-based formula.

Rajin Nutrisi Kulit Sebelum Tidur

Image source: https://www.lancome.co.uk/on/demandware.static/-/Sites-lancome-uk-Library/en_GB/dw7d5d6b08/landing-page/nina-vee/hero.jpg
Jangan pernah lupa untuk melakukan skin-care routine mu di malam hari. Selain tentunya membantu meregenerasi kulit, juga mampu melindungi kulitmu dari paparan blue light.