... and they lived happily ever after.

Sebagai seorang yang tumbuh bersama kisah putri ala Disney, bayangan saya tentang pernikahan dulu bagaikan gerbang menuju kebahagiaan yang abadi. Saya selalu bercita-cita untuk menikah muda dengan orang yang saya sayangi, memulai semua dari nol, berjuang bersama, berbagi cerita, dan tawa setiap hari. Dan impian saya akhirnya terwujud, saya pun menikah di usia cukup muda, 22 tahun.

Tapi apa saya bahagia?

Banget!

Awalnya!

Makin lama usia pernikahan, satu persatu kebiasaan suami yang tak saya suka terkuak. Saya sering menangis karena ditinggal tidur, padahal saya selalu membayangkan akan mengobrol sebelum tidur atau bahasa kerennya pillow talk dengan suami sesudah menikah. Tapi ternyata suami saya tipe yang nempel molor, haha. Sepele memang, tapi hal sepele pun kalau gak sesuai dengan hati butuh perjuangan juga untuk bisa legowo menerimanya.

Saya baru sadar ternyata pernikahan bukan gerbang menuju kebahagiaan abadi, melainkan titik awal menuju kehidupan yang baru. Butuh perjuangan untuk menyesuaikan diri, saling mengerti, trial and error. Bahkan sekarang setelah hampir 6 tahun menikah, kami masih harus terus belajar mengerti satu sama lain. Ya gimana, dari cuma berdua jadi bertiga, kemudian berempat. Dari ngontrak berdua, tinggal di rumah mertua, sampai punya rumah sendiri. Dari kerjaan deket rumah jadi pindah ke luar kota lalu pindah lagi. Dari yang kerjaannya santai jadi sibuk sampai gak ada waktu. Kondisi terus berubah, berbagai proses kita lewati, pasang surut sering terjadi, mau gak mau kita pun harus belajar menyesuaikan diri. Tapi satu yang kita tau, rumah tangga kita gak boleh berubah.

"Cobaan rumah tanggaku itu ada di awal pernikahan, begitu menikah aku langsung menjalani Long Distance Marriage..." cerita Bebenadila, influencer sekaligus salah satu pembicara pada acara HIJUP Bloggers Meet Up X Arisan Resik di Same Hotel Malang, 6 Oktober 2019, dengan tema Istri Resik, Rahasia Keluarga Harmonis yang saya hadiri siang itu.


Meskipun mengaku berat menjalani hubungan jarak jauh, namun akhirnya Bebe mampu mempertahankan rumah tangganya agar tetap harmonis hingga kini sudah memasuki usia 5 tahun pernikahan. Saat ini Bebe dan suami sudah tinggal satu kota, akan tetapi bukan alasan untuk tidak lagi berusaha menjaga keharmonisannya dengan sang suami.

Bebe pun tak sungkan berbagi tip keluarga harmonis termasuk soal urusan ranjang. Iya, Bebe yang terlihat anggun dan manis ternyata pribadi yang blak-blakan dan ceplas ceplos. Tapi justru membuat talk show kali itu menjadi cair dan bahasan soal sex serta area intim jadi tidak terasa tabu.

Tip keluarga harmonis ala Bebenadila yaitu,
  • Harus saling terbuka dengan suami,
  • Mempertahankan komunikasi,
  • Berpenampilan menarik di depan suami,
  • Tidak boleh menolak suami saat diajak berhubungan badan karena ada haditsnya,
  • Rajin merawat area kewanitaan. 

Jujur, saya agak kurang setuju di bagian tidak boleh menolak suami saat diajak berhubungan karena kadang ada saatnya kita mengalami hari yang berat dan di penghujung hari yang kita inginkan hanya istirahat, melepaskan semua beban. Sudah gak ada tenaga lagi untuk melakukan ini itu dan tentunya yang namanya dipaksa itu gak menyenangkan. Tapi saya juga mengerti bahwa yang namanya penolakan juga menyakitkan, jadi menurut saya, suami juga harus pintar melihat kondisi istri. Dan setelah saya cari tahu, ternyata hadits tentang istri tak boleh menolak ajakan suami tersebut masih ada lanjutannya, yaitu hadits tersebut untuk istri yang tidak ada udzur seperti sakit atau kecapekan maka tidak boleh menolak ajakan suami.

Dari segi medis, Dr Lusiana Permata Sari Sp.OG yang juga menjadi salah satu pembicara dalam acara Arisan Resik kali itu juga mengatakan bahwa saat berhubungan badan seharusnya baik suami maupun istri sedang dalam kondisi yang menyenangkan. Jika istri terpaksa melakukan hubungan dan sedang tidak mood maka bisa saja terjadi trauma pada area vagina.


Jika dilakukan dalam kondisi suka sama suka, maka berhubungan suami istri bisa mendatangkan banyak manfaat seperti meningkatkan kebahagiaan dan kedekatan dengan pasangan. Menurut penelitian, hubungan seks yang berkualitas mampu membantu mengurangi stres. Selain itu saag orgasme, kita melepaskan hormon okstitosin atau hormon cinta yang membantu pasangan suami istri meningkatkan kepercayaan dan mempererat ikatan keduanya.

Meski gak sepenuhnya setuju dengan tip rumah tangga harmonis ala Bebe tapi saya suka sekali dengan semangatnya untuk rajin merawat area kewanitaan dan tampil menarik di depan suami. Membuat saya terpacu juga untuk lebih memperhatikan diri. Ya masa Bebenadila yang bening bersinar aja rajin merawat diri, sedangkan saya yang hanya ujung jarum pentul ini malas-malasan memperhatikan diri sendiri.

Bebenadila juga membocorkan perawatan area vagina yang sering ia lakukan, yaitu.
  • Rutin mencukur bulu kemaluan 40 hari sesuai sunnah, 
  • Melakukan perawatan dengan ramuan madura, 
  • Menggunakan Resik-V Manjakani Whitening untuk membersihkan area vagina ketika mandi. 

Dr Lusiana menambahkan bahwa mencukur area vagina dengan rutin bermanfaat untuk mencegah bakteri penyebab keputihan, gatal-gatal, dan bau tak sedap untuk berkembang biak. Tapi sangat disarankan untuk mencukur dengan gunting bersih dan menyisakan sedikit alias tidak dicukur habis daripada menggunakan waxing karena rentan membuat area vagina iritasi serta kemerahan.

Selain itu ada fakta menarik yang disampaikan oleh Dr Lusiana, yaitu ternyata bentuk vagina tak akan berubah meskipun dipakai berhubungan sebanyak apa pun. Proses kelahiran secara normal alias pervaginam, pertambahan usia, serta hormonlah yang mempengaruhi perubahan bentuk area kewanitaan. Waduh, saya banget donk ini udah dua kali turun mesin alias lahiran normal, haha.

Tapi jangan khawatir, karena kita masih bisa mempertahankan bentuk vagina jika telaten merawatnya serta berhati-hati memilih produk yang berhubungan dengan hormon seperti alat kontrasepsi. Nah, pada kesempatan kali itu mbak Yuna Eka Kristina selaku Brand Manager dari PT Kino Indonesia memperkenalkan produk perawatan kewanitaan yang berkhasiat untuk mengencangkan dan mencerahkan area vagina, Resik-V Manjakani Whitening.


Selain perubahan bentuk vagina, salah satu problem yang terlihat sepele tapi cukup mengganggu pada kebanyakan wanita adalah menggelapnya area sekitar organ intim yang disebabkan pemakaian celana terlalu ketat, bertambahnya berat badan, serta aktivitas sehari-hari yang menimbulkan gesekan pada selangkangan.

Gak mungkin donk ya pakai pemutih wajah buat mencerahkan area sensitif? Oleh karena itu Resik-V memberi solusi pembersih area kewanitaan yang menjawab problematika wanita yang sudah menikah agar hubungan dengan suami lebih harmonis, uhuk! Tapi bukan berarti yang belum menikah gak boleh pakai produk ini lho. Namanya merawat area kewanitaan kan seharusnya memang sejak dini.

Resik-V Manjakani Whitening ini memiliki kandungan buah manjakani dari Persia serta ekstrak bengkoang. Berkat acara HIJUP Bloggers Meet Up X Arisan Resik inilah untuk pertama kalinya saya melihat wujud buah manjakani yang ternyata mirip kenari.


Manjakani Persia sendiri sering digunakan sebagai pengobatan tradisional oleh bangsa Arab, Iran/Persia, India, Cina, hingga Melayu. Buah ini kaya akan kandungan tanin yang merupakan antioksidan yang berperan sebagai antibakteri serta berkhasiat untuk mengencangkan otot-otot area kewanitaan. Sedangkan ekstrak bengkoang sudah terkenal akan khasiatnya yang mampu memutihkan, mencerahkan, menyamarkan flek hitam serta mengencangkan kulit.

Komposisi lengkap dalam Resik-V Manjakani Whitening adalah sebagai berikut.

Aqua, Cocamidopropyl Betaine, Sodium Laureth Sulfate, Pachyrrhizus Erosus Root Extract, Propylene Glycol, Glycerin, Sodium Benzoate, Citric Acid, Potassium Sorbate, PEG-120 Methyl Glucose Dioleate, Glycol Distearate, Laureth-4, Formic Acid, Quercus Infectoria Gall Extract, Olive Oil PEG-7 Esters, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Fragrance, Ethanol, Lactic Acid, Methylparaben, Phenoxyethanol, Ethylparaben, Butylparaben, Propylparaben, O-Cymen-5-ol, Menthol.



Dalam acara ini juga, saya baru tahu bahwa selama ini cara saya menggunakan pembersih kewanitaan itu ternyata salah. Ternyata cara pakainya itu, tuangkan ke telapak tangan, busakan, basuh ke area vagina dengan catatan hanya di bagian luarnya saja. Kemudian kita diamkan sambil melakukan aktivitas lain seperti cuci muka, gosok gigi, dan lain-lain. Baru deh dibilas dengan air bersih. Nah saya biasanya langsung bilas aja gak pakai didiamkan dulu, ckckck.

"di hape ada fotonya siapa? Anak-anak! Di sosial media upload fotonya siapa? Anak-anak! Kalau tidur yang dilihat siapa? Anak-anak! Padahal dulu sebelum punya anak, apa-apa suami. Sekarang udah punya anak prioritasnya berubah ya?" Seru pembawa acara pada para peserta.

Di penghujung acara, para peserta kedatangan mbak Pramita Fitriarini dari Miethaheartwork untuk mengajarkan seni decoupage dengan membuat pajangan yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk para suami di rumah. Tapi yang namanya ibu-ibu sejati ya, meskipun pembawa acara mengusulkan untuk memajang foto berdua dengan suami saja, tetep aja banyak peserta yang sepertinya susah untuk gak pakai foto bersama anak, haha.



Ternyata decoupage itu gak sesulit yang saya bayangkan, tapi gak mudah juga. Menuntut kreatifitas dan ketelitian yang tinggi. Bukan saya banget, makanya hasil karya saya gak terpilih jadi pemenang, haha. Tapi tetap bangga menunjukkannya pada suami karena memang udah lama banget gak menjadikan suami sebagai prioritas di kehidupan sehari-hari. Saya ingin suami tau kalau dia tetap nomor satu di hati dengan karya decoupage yang memajang foto pernikahan kami berdua ini, eeaa.

Acara ditutup dengan sesi bagi-bagi hadiah untuk peserta yang beruntung. Sayangnya saya kurang beruntung, huhu. Tapi semua peserta tetap bisa membawa hampers menarik dari HIJUP dan Resik-V yang berisi tas parasut, pouch berwarna cokelat, produk Resik-V Manjakani Whitening, dan kerudung voal. Semua isi hampersnya bermanfaat dan langsung saya pakai, terutama produk Resik-V Manjakani Whitening yang bikin rajin resik-resik buat suami, suit suit!

Keseruan acara HIJUP Bloggers Meet Up X Arisan Resik di Malang bisa dilihat di video berikut.


Setelah mengikuti acara HIJUP Bloggers Meet Up X Arisan Resik ini, saya jadi kembali mengevaluasi hubungan dengan suami. Kami juga mengobrol banyak tentang hubungan kami dan jadi napak tilas ke kehidupan rumah tangga kami dari awal pernikahan hingga kini. Apa saja yang sudah kami lewati, apa yang berubah, dan apa yang harus diperbaiki.

Salah satu tip dari Bebenadila juga langsung saya terapkan, yaitu berpenampilan menarik sesering mungkin kemudian bermanja-manja pada suami sambil mengatakan,

"kamu suka gak aku tampil begini? Kalau suka beliin baju lagi ya?" Hahaha ini mah modus namanya.

Coba deh para istri praktekkin juga ilmu dari Bebe ke suami masing-masing, mumpung ada promo belanja di HIJUP.com nih yaitu dapat diskon Rp 50 ribu setiap belanja minimal Rp 250 ribu dengan memasukkan kode voucher HIJUPRVMMALANG. Promonya cuma berlaku sampai 30 November 2018 aja lho!

Teman-teman bisa klik langsung gambar berikut ini untuk belanja di HIJUP.com



"Setelah menikah kamu akan kehilangan banyak kenikmatan yang bisa kamu dapatkan sewaktu jomblo, tapi Tuhan akan kasih kenikmatan lain yang lebih besar sebagai gantinya" - buku Tentang Anak hal. 37

#ArisanResik #ResikVManjakaniWhitening #IstriResik #HIJUPBMmalang