"Jumlah hari Sabtu antara kelahiran anak dan masuk kuliah hanya 949. How many Saturday do you have left?" - anonim

Makjleb gak tuh quotenya?

Kalau saya sih makjleb banget karena menggambarkan kondisi keluarga saya saat ini. Menjelang akhir tahun biasanya banyak kantor yang mulai sibuk, termasuk kantor suami. Baru masuk awal bulan November, suami udah laporan bakal ke luar kota tiap minggu berturut-turut selama satu bulan. Sebagai gantinya saya minta suami untuk meluangkan waktu saat akhir minggu untuk jalan-jalan sebelum dia sibuk. Ibaratnya buat isi ulang stok kewarasan lah ya, supaya istrinya ini tetap kuat menghadapi tingkah para bocah, haha. Dan tentu saja untuk mengganti akhir minggu anak-anak yang mungkin akan terlewatkan kalau Papanya mulai sibuk dengan pekerjaannya.

"Sempetin ya? Sempetin yaa? Ya ya ya? Alif pasti suka banget ke sini" paksa saya kepada suami saat mengajaknya untuk ke Funtopia Ballon Park Surabaya.

Sesuai rencana, weekend kemarin tepatnya tanggal 3 November 2019 kami akhirnya jadi juga datang ke Funtopia Balloon Park Surabaya di Bukit Darmo Golf. Tiap hari Alif menagih terus janji untuk bermain di Funtopia. Dan benar saja, begitu sampai lokasi Alif langsung kegirangan karena melihat ada banyak balon raksasa beraneka bentuk dan warna yang lucu.

Baca juga: Weekend Tanpa Gadget di Funtopia Balloon Park Surabaya

Kami sampai di lokasi acara pukul 15.20 WIB dan baru pulang di atas pukul 20.00 WIB karena Alif betah banget main di Funtopia dan gak mau pulang, ckckck. Berikut review saya Funtopia Balloon Park Surabaya.

Apa sih Funtopia Balloon Park itu?

Buat yang belum tahu atau belum baca postingan blog saya sebelumnya, Funtopia adalah wahana wisata keluarga berupa taman balon terbesar dan pertama di Indonesia yang diselenggarakan oleh Beyond Screen Production x Traveloka dengan tujuan untuk menghadirkan aktivitas bermain yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga dari anak-anak hingga dewasa sehingga diharapkan bonding akan meningkat setelah bermain di Funtopia.


Ada apa aja di Funtopia Balloon Park Surabaya?

Balon raksasa aneka karakter

Sesuai namanya, tentu saja di Funtopia terdapat inflatable balloon berukuran besar dengan total berjumlah 8 buah, antara lain.

- Mighty Mushroom


Jamur yang sering ada di dongeng dengan nama Amanita Muscaria. Jamur ini banyak tumbuh di Eropa dan Amerika. Meskipun warna dan bentuknya sangat cantik namun harus berhati-hati karena jamur ini ternyata beracun.

Tapi tenang aja, jamur Amanita Muscaria di Funtopia gak beracun malah menawarkan aktivitas seru seperti melompat, berjalan, berlari, dan memanjat.

- Candy Cane



Balon dengan bentuk seperti permen tongkat atau lolipop berwarna merah dan putih. Di sini kita bisa melompat, berlari, berjalan melwati rintangan, dan berfoto ria untuk stok sosial media karena menurut saya Candy Cane ini adalah balon yang paling instagramable di antara balon-balon lainnya.

- Crown Castle


Balon ini bentuknya berupa kastil berwarna biru dan orange yang terinspirasi dari kastil-kastil di negeri dongeng. Di dalamnya berupa ruangan luas yang bisa dibuat lompat-lompat, lari-lari, atau guling-gulingan ke sana kemari dengan bebas karena tak ada penghalang.

- Bunny Boo


Balon berbentuk kelinci ini menawarkan aktivitas paling sedikit dari balon lain karena areanya gak terlalu luas. Di sini kita boleh memanjat tapi karena gak ada akses tangganya jadi ya paling banter manjat ke tangan kelinci.

- Catepillar Cave



Balon berbentuk ulat berwarna kuning dan hijau ini bisa melatih keberanian anak lho karena menawarkan aktivitas untuk berjalan atau berlari menyusuri lorong panjang yang cuma cukup untuk satu orang. Jadi kita masuk di bagian buntutnya dan keluar lewat mulutnya.

- Traveloka Track



Balon ini jadi favoritnya Alif karena terdapat perosotan tinggi di dalamnya. Selain itu Traveloka Track ini juga menawarkan aktivitas seru lain seperti berjalan, berlari, melompat, memanjat, dan bermain di kolam kubus.

- Old Octopus



Balon berbentuk gurita raksasa berwarna pink dan ungu ini adalah salah satu wahana yang paling digemari pengunjung karena selain areanya luas, aktivitas yang ditawarkan juga lengkap seperti melompat, berjalan, berlari, menyusuri terowongan, memanjat, perosotan, dan bermain dengan bola-bola kecil. 

- Mystery Maze


Buat yang suka permainan memecahkan masalah, pasti bakal suka dengan wahana ini karena bentuknya seperti labirin di mana kita harus berjalan menyusuri lorong yang berputar-putar untuk mencari jalan keluar. 

Booth Traveloka


Sudah punya aplikasi Traveloka di ponsel? 

Nah untuk pengunjung yang memiliki aplikask Traveloka di ponselnya bisa mencoba peruntungan dalam game Lucky Draw yang terdapat di booth Traveloka. Jika beruntung bisa mendapatkan voucher dari Traveloka, dan jika belum beruntung akan diberi balon foil biru sebagai hadiah hiburan.

Booth Makanan dan Minuman


Setelah melakukan aktivitas di Funtopia yang menguras energi pasti rasa lapar dan haus bakal datang. Tapi tenang aja, ada banyak booth makanan dan minuman tersedia di dekat arena Funtopia. Ada yang berupa foodtruck, ada juga yang berada di pendopo dengan konsep seperti food court gitu. Harganya relatif murah berkisar antara 20 sampai 35 ribu untuk makanan berat dan 15 sampai 25 ribu untuk makanan ringan. Untuk minuman sendiri mulai dari 5 ribuan aja. 

Makanannya enak-enak dan porsinya juga cukup mengenyangkan. Tapi harap sabar kalau pesan menu di jam makan karena bakal ngantri cukup lama. Suasana di sekitar booth makanan juga asyik banget karena dekat dengan danau buatan. Sayangnya susah menemukan tempat sampah padahal angin di sini lumayan kencang jadi banyak sampah bekas makan pengujung yang ditinggalkan di meja pada berterbangan.

Di mana lokasi Funtopia Balloon Park Surabaya berada?

Di Peninsula Bukit Darmo Golf Surabaya. Lewat gerbang sebelum Mall Lenmarc, di seberang Hartono Mall. Sekitar 50 meter dari gerbang perumahan, nanti bakal kelihatan deh booth tiket Funtopia ada di sebelah kanan. Untuk yang datang menggunakan taksi atau angkutan online, jangan langsung turun di booth tiket karena masuknya masih lumayan jauh. Setelah cek atau menukar tiket, lanjut aja minta diantar sampai lokasi acara Funtopia Balloon Park.


Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, lokasi Funtopia Balloon Park Surabaya ini ada di area terbuka. Ada yang bertanya pada saya, cuacanya apa gak panas mengingat lokasinya berada di Surabaya yang udah terkenal hawa panasnya. Jawabannya gak, asal datang saat matahari sudah mulai kalem. Mungkin karena banyak pepohonan jadi anginnya sepoi-sepoi malah makin malam anginnya makin kencang. Saya aja heran karena gak berasa kepanasan selama di Funtopia.

Berapa harga tiket masuk Funtopia Balloon Park Surabaya?

Harga tiket untuk anak-anak umur 2 sampai 16 tahun adalah Rp 80 ribu, sedangkan pendamping berusia 17 tahun ke atas Rp 40 ribu.

Kok yang dewasa malah lebih murah?

Namanya juga pendamping, paling kegiatannya gak seheboh anak-anak. Lagipula yakin deh, tenaga orang dewasa udah gak semaksimal anak-anak yang energinya kayak gak abis-abis. Apalagi yang udah ibu-ibu atau bapak-bapak kayak kita, baru nyoba 2-3 wahana aja udah nyeraahh. Kayaknya energi saya udah luruh bersama rembesan air ketuban, haha.

Buat yang kecapekan nemenin anak-anak main, di Funtopia disediakan banyak beanbag untuk leyeh-leyeh sambil menikmati angin sepoi-sepoi yang bikin ngantuk.


Kapan waktu yang tepat untuk datang ke Funtopia Balloon Park Surabaya?

Funtopia Balloon Park Surabaya hanya buka di hari Sabtu dan Minggu dari pukul 07.00 sampai 22.00 WIB. Jadi paling tepat ke sana ya pas weekend, kalau hari lain percuma wong gak buka, haha.

Kalau waktunya paling enak pas matahari udah gak terik sekitar jam 4 sore. Langit masih terang tapi cuaca udah gak panas. Kalau malam, meskipun lampu sorotnya lumayan terang tapi kurang kece buat foto-foto, haha teteup. Dan ya beda aja suasananya dibanding masih terang. Tapi yakin deh kalau datang sore, pulangnya paling juga malam karena anak-anak ogah diajak pulang cepat saking asyiknya main di Funtopia.

Suasana di malam hari

Apa saja yang harus disiapkan jika ingin bermain di Funtopia Balloon Park Surabaya?

Pengunjung Funtopia wajib menggunakan kaos kaki saat memasuki balon raksasa. Selain itu lebih baik pakai alas kaki yang mudah dilepas pasang karena bakal sering berpindah tempat masuk ke wahana satu ke wahana lainnya.

Pakai baju yang nyaman dan menyerap keringat serta memudahkan saat bergerak. Untuk yang bawa anak jangan lupa bawa baju ganti yang banyak karena bajunya bakal cepat basah karena berkeringat. Alif ganti baju sampai 3 kali selama main di Funtopia kemarin, ckckck.

Bawa air minum yang banyak juga. Aktivitas di Funtopia benar-benar menguras keringat jadi butuh lebih banyak cairan. Kemarin saya beli 2 botol minuman 3 kali ditambah bawa air mineral 1 liter dan 250 ml dari rumah, semuanya habis tak bersisa. Kalau mau hemat juga bisa bawa makanan dari rumah karena setelah beraktivitas fisik pasti bakal kelaparan.

Buat yang punya bayi seperti saya, lebih baik pakai gendongan timbang bawa stroller karena areanya di rerumputan jadi stroller susah jalan. Malah dikit-dikit ngangkatin stroller. Lagipula jarak dari parkiran ke area Funtopia dekat banget, sebelah-sebelahan. Jadi turun kendaraan bawa barang seperlunya aja. Anak-anak digendong sebentar, langsung bisa ditaruh di wahana buat ikutan main.

Untuk pengunjung yang beragama muslim, lokasi mushala berada di Club House Bukit Darmo Golf, agak masuk lagi ke dalam perumahan. Dari area Funtopia jaraknya sekitar 1 km. Lumayan jauh, jadi kalau mau shalat jangan mepet waktu.

Siapkan hati juga supaya bisa legowo menerima kenyataan bahwa harapan untuk mendapatkan foto yang bagus di Funtopia kemungkinan besar akan pupus karena anak-anak bakal gak bisa diam saking serunya main, huhu. Benar-benar disuruh gak boleh pegang gadget nih di sini.

Mau foto berempat aja susahnyaa

Ohya, untuk yang merokok, please please please jangan merokok di sekitar area Funtopia. Kasihan banyak anak-anak serta ibu hamil dan menyusui. Kalau mau merokok mending menjauh dulu, ke antartika misalnya, huahaha.

Kenapa harus ke Funtopia Balloon Park Surabaya?

Karena seru biangeettt! Dari anak-anak sampai dewasa bisa ikutan main. Buat yang merasa masa kecilnya kurang bahagia, coba ke sini deh. Orang tua boleh naik ke semua wahana dan bergabung main sama anak-anak.

Mohon maaf, ini sebenarnya yang girang anaknya apa emaknya ya? Haha

Motorik kasar anak juga dilatih banget di sini lewat berbagai tantangan yang ada di tiap wahana. Buat yang punya anak aktif gak ketulungan, bawa deh ke Funtopia Balloon Park Surabaya supaya energinya tersalurkan. Enaknya lagi karena terbuat dari balon jadi tiap wahananya terbilang aman. Mau jatuh berapa kali gak bakal terluka. Tapi tetap diawasi ya, takutnya tabrakan sama anak lain kalau pas pengunjung lagi ramai.

Tiket seharga Rp 80 ribu pun jatuhnya jadi murah banget karena bisa main sepuasnya dengan aktivitas yang beraneka ragam. Lihat keseruan lainnya di video ini ya!


Gimana tertarik menghabiskan akhir pekan di Funtopia juga? Tiket Funtopia bisa dibeli di venue acara atau di Traveloka Aktivitas dan Rekreasi atau bisa langsung klik pada link berikut: www.traveloka.com

Info lebih lanjut tentang Funtopia Balloon Park. 
Instagram Funtopia Balloon Park:

Website Funtopia Balloon Park: