Ibu-ibu ada yang anaknya kecanduan gadget gak?

Di era sekarang ini memang anak-anak sangat dekat dengan gadget canggih. Gak seperti jaman kita yang ngetik aja masih pakai mesin tik (aduh ketauan umur deh, haha). Gak usah prihatin, jaman terus berubah, teknologi juga semakin maju. Situasi dan kondisi jaman kita kecil dan anak kita sekarang tentunya juga berbeda. Jangan paksa anak-anak untuk kembali ke jaman kita, justru kitalah yang harusnya menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman tapi tentunya tetap harus selektif dan bijak dalam menerapkan pola asuh termasuk soal penggunaan gadget pada anak.

Jujur aja, Alif dulu sempat kecanduan main gadget yang lumayan parah. Apalagi saat saya masih riweuh ngurus Nayla yang masih bayi, gak aturan banget mainnya. Sampai di titik terparah, Alif main hp sambil ngecharge karena baterainya habis.

Dampak kecanduan gadget ini berpengaruh di perkembangan motorik, kondisi emosional, dan pola tidurnya Alif. Meskipun hasil tes KPSP-nya normal tapi saya merasa perkembangan Alif agak lambat. Dia juga jadi sering tantrum dan jadwal tidurnya berantakan karena kalau udah pegang hp, meskipun ngantuk tetap dikuat-kuatin melek sampai dini hari, ckckck.

Puncak dari drama gadget adalah saat Alif mulai masuk sekolah. Kalau pagi jadi susah banget dibangunkan karena malamnya begadang main hp. Hampir setiap pagi saya harus teriak-teriak agar Alif mau bangun, mandi, dan pergi sekolah. Lama-lama kok ya gak bagus juga buat kesehatan mental saya dan Alif. Takutnya nanti Alif malah trauma untuk sekolah. Akhirnya kami putuskan untuk lebih memperketat penggunaan gadget untuk Alif.

Tentu saja awalnya sama sekali gak berjalan mulus. Tiap malam Alif ngamuk-ngamuk karena hp saya ambil paksa kalau sudah masuk jam tidur. Makin ke sini malah screen timenya jauh berkurang bahkan sudah beberapa hari ini Alif gak pegang hp sama sekali. Tapi sesekali masih nonton TV atau youtube di laptop Papanya.

Tip berhasil membatasi penggunaan gadget sih sama seperti yang dilakukan orang tua lain, harus tegas dan sabar. Tegas dengan aturan yang sudah kita buat, no mean no. Dan sabar menahan emosi saat anak ngamuk karena gak boleh main hp, haha. Saya dan suami juga memberi semacam kompensasi buat Alif dengan meluangkan waktu saat weekend untuk jalan-jalan ke tempat yang Alif suka. Kalau ditanya mau jalan-jalan kemana sih, Alif pasti jawab ke mall untuk bermain di playgroundnya. Tapi bosen banget ya kalau tiap minggu ke mall lagi ke mall lagi. Jadi belakangan saya mulai memikirkan aktivitas weekend yang Alif suka selain mall, kalau bisa ada nilai edukasi atau minimal memberikan pengalaman baru untuk Alif dan Nayla yang sekarang lagi belajar ngomong.

Beberapa minggu yang lalu kita staycation di hotel dengan konsep safari di mana banyak binatang dibiarkan bebas berkeliaran di savana, weekend berikutnya saya mengajak Alif main sepeda di pasar dekat rumah yang lumayan bersih setelah itu naik odong-odong yang murah meriah. Weekend kemarin kita staycation lagi di hotel yang ada kolamnya, jalan-jalan ke kota tua, dan menyebrang ke pulau Madura. Weekend besok kita udah ada rencana mau main ke Funtopia Balloon Park Surabaya donk.


Funtopia sendiri merupakan event berupa taman balon yang pertama dan terbesar di Indonesia. Balonnya bukan sembarang balon apalagi balonku ada lima rupa-rupa warnanya yang meletus satu itu, melainkan balon raksasa dengan berbagai bentuk karakter yang lucu dan unik.

Sebelum diadakan di Surabaya, Funtopia sudah digelar di Jakarta dan Bandung yang sukses menarik sekitar 30.000 keluarga untuk datang dan seru-seruan bersama. Di Surabaya sendiri, Funtopia akan berlangsung dari tanggal 3 November sampai 2 Desember di Peninsula Bukit Darmo Golf.

Pertama kali tau Funtopia itu saat berlangsung di Bandung. Saya langsung mbatin kok keren banget nih acaranya. Eh gak lama kemudian ada kabar bakal diadakan di Surabaya juga. Langsung donk saya cari tau lebih dalam lagi. Ternyata acara ini diadakan oleh Beyond Screen Production dan Traveloka.

Misi mereka itu relate banget dengan problem orang tua milenial yang galau anaknya terlalu banyak terpapar gadget. Jadi Beyond Screen Production dan Traveloka pun menggelar acara yang bertujuan untuk memberikan sarana bermain yang dapat dimanfaatkan seluruh anggota keluarga serta dapat menambah bonding dengan keluarga.



Sekilas tentang Beyond Screen Production, perusahaan yang terbentuk sejak tahun 2015 ini merupakan anak perusahaan dari event organizer Double Tape. Beyond Screen Production sendiri fokus pada acara yang membawa manfaat untuk anggota keluarga dan menghadirkan solusi yang menjawab tantangan untuk orangtua di era digital dengan menghadirkan aktivitas yang bisa mengasah kreativitas dan kemampuan motorik sensorik.



Kalau Traveloka mah, gak usah dijelaskan kayaknya sudah pada tau tentang perusahaan berbasis teknologi yang menyediakan beragam produk perjalanan dan gaya hidup dalam satu platform ini kan? Kalau dulu Traveloka terbatas di jasa booking pengianapan dan transportasi online. Saat ini Traveloka juga menawarkan pemesanan aktivitas dan rekreasi, konektivitas, transportasi bandara, hingga direktori kuliner. Nah tiket Funtopia juga bisa dibeli via Traveloka.

Kenapa sih kok saya tertarik untuk ke Funtopia?

Awalnya sih karena balon warna warni aneka karakternya terlihat kece buat foto-foto, haha. Tapi setelah mencari tau lebih dalam tentang Funtopia, rupanya wahana-wahananya bisa dimainkan oleh semua anggota keluarga dari anak-anak sampai orang tua. Sering banget kan kalau lagi nganterin anak ke playground, orang tuanya cuma duduk-duduk main hp sampai bosen karena gak bisa ikutan main. Apalagi saya yang fakir kuota ini, kalau Alif lagi main di playground saya cuma bengong berjam-jam sambil sesekali ngejer-ngejer Nayla yang jalan ke sana kemari.

Selain itu, ada banyak banget aktivitas yang ditawarkan di Funtopia yang favoritnya Alif banget seperti perosotan, lompat-lompat, sampai wall climbing. Selain bermain di balon raksasa, Funtopia juga menyelenggarakan aneka lomba seperti jingle dance, jingle song, fun visit, fun story, fun sketch, fun drawing dan fun props. Lokasi acara yang diadakan di alam terbuka juga menambah nilai plus buat saya karena manfaat bermain di alam terbuka kan banyak banget seperti meminimalkan stres, meningkatkan konsentrasi, menambah wawasan dan pengalaman baru, melatih kemampuan motorik, serta menumbuhkan cinta lingkungan.




Minggu kemarin saya sempat datang ke lokasi digelarnya acara Funtopia di Peninsula Bukit Darmo Golf. Terlihat beberapa perlengkapan untuk acara siap dipasang. Saya juga menyaksikan uji coba dikembangkannya salah satu balon berbentuk kelinci di dekat pintu gerbang perumahan Bukit Darmo Golf.

Setelah melihat sendiri lokasi acara akan digelar, saya jadi makin excited karena lokasinya bagus banget. Di lapangan golf yang rumputnya hijau. Apalagi Bukit Darmo ini kan salah satu perumahan elite yang jadi markasnya Crazy Rich Surabayan jadi setiap sudutnya didesign dengan indah. Parkiran mobilnya aja kece banget buat foto-foto. Udah gak sabar deh buat seru-seruan di Funtopia Balloon Park Surabaya.

Parkirannya aja kece amat yak? 


Ada yang berencana ke Funtopia seperti saya?

Tiket Funtopia Balloon Park bisa dibeli di venue acara atau via Traveloka. Caranya buka aplikasi Traveloka, klik menu aktivitas dan hiburan, kemudian cari Funtopia Balloon Park Surabaya atau bisa langsung klik link berikut: www.Traveloka.com

Harga tiket Funtopia Balloon Park Surabaya adalah Rp 80 ribu untuk anak berusia 2-16 tahun dan Rp 40 ribu untuk pendamping usia 17 tahun ke atas. Kalau mau harga yang lebih murah, ada promo early bird yang cuma diadakan dari tanggal 23 Oktober sampai 2 November aja dengan harga tiket Rp 65 ribu untuk anak berusia 2-16 tahun. Kalau untuk pendamping tetap Rp 40 ribu ya. Yang punya poin Traveloka nih, buruan dimanfaatken, haha.


Acara Funtopia Balloon Park Surabaya berada di Peninsula Bukit Golf. Masuk gerbang sebelah barat sebelum mall. LenMarc, tepat di seberang Hartono Mall. Setelah melewati gerbang perumahan, di kanan jalan ada patung-patung golf, belok kanan dan masuk ke area golf.

Buat yang mau seru-seruan bareng keluarga di Funtopia Balloon Park Surabaya harus banget buruan ke sini karena meskipun acaranya berlangsung dari tanggal 3 November sampai 2 Desember 2018 tapi hanya diadakan tiap Sabtu dan Minggu saja dari pukul 07.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Info lebih lanjut tentang Funtopia Balloon Park. 
Instagram Funtopia Balloon Park:

Website Funtopia Balloon Park: