Berbeda dengan kakaknya yang memiliki jenis kulit atopik, kulit Nayla tergolong normal. Saya begitu yakin dengan pendapat saya tersebut karena hingga berumur satu tahun Nayla hampir gak pernah ada masalah dengan kulitnya. Akan tetapi saya mulai ragu dengan pendapat saya tentang jenis kulit Nayla karena semenjak berganti produk sabun mandi, Nayla jadi gatal-gatal dan di beberapa bagian kulitnya juga tampak kering. Jangan-jangan Nayla punya kulit atopik juga seperti Alif?

Sabtu, 29 September 2019, saya datang ke Pakuwon Mall Surabaya untuk menghadiri talkshow bertajuk kenali jenis kulit bayimu yang diadakan oleh Mustela dengan membawa pertanyaan sebenarnya apa jenis kulit Nayla. Adalah Dokter Intan dan Bapak Mohamad Nurhadi selaku Brand Manager Mustela yang hadir sebagai narasumber dalam talkshow tersebut.


Dokter Intan menjelaskan bahwa ketika lahir, seorang bayi memiliki jumlah stemcell kulit yang banyak. Stemcell ini berperan penting dalam proses regenerasi kulit dan menentukan kualitas kulit hingga dewasa. Akan tetapi karena lapisan kulit bayi masih tipis, belum matang, dan cenderung rapuh menyebabkan jumlah stemcell kulit mengalami penurunan pada usia 0-2 tahun. Penurunan jumlah stemcell ini mengakibatkan kulit bayi menjadi lebih kering sehingga diperlukan perawatan khusus untuk memperkuat lapisan kulit bayi agar jumlah stemcell tetap terjaga.

Perawatan untuk kulit bayi sendiri harus sesuai dengan jenis kulitnya karena tiap bayi memiliki karateristik kulit yang berbeda sehingga beda jenis kulit beda juga perawatannya. Nah, oleh karena itu baiknya orang tua mengetahui jenis kulit bayinya agar tidak salah langkah dalam perawatannya.

Jenis-jenis Kulit Bayi

Secara umum ada tiga jenis kulit pada bayi, yaitu kulit normal, kering, dan atopi. Cara mengetahui jenis kulit bayi sendiri bisa dengan melihat ciri-cirinya, yaitu.
  • Kulit Normal: kulit terlihat lembut, lembab, dan bersih,
  • Kulit Kering: kulit terlihat kasar, bersisik, dan kadang terkelupas,
  • Kulit Atopik: kulit terlihat sangat kering, gatal, dan terlihat bercak kemerahan. 


Cara Merawat Kulit Bayi

Meskipun memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, namun pada dasarnya kulit bayi yang baru lahir itu sensitif sehingga harus tetap berhati-hati dalam perawatannya agar terhindar dari iritasi.

Cara merawat kulit bayi sendiri sebenarnya cukup sederhana yaitu pastikan untuk selalu menjaga kelembapan kulitnya karena jika kulit bayi kering maka akan rentan terjadi kemerahan dan iritasi. Oleh karena itu penting untuk kita para orang tua lebih jeli dalam memilih produk perawatan kulit yang sesuai untuk bayi yang dapat menjaga kelembapannya bukan malah membuat kulitnya kering apalagi sampai iritasi. Pastikan produk perawatan yang kita pilih sudah teruji hypoallergenic dan tidak mengandung bahan-bahan yang tidak diperlukan yang cenderung memicu iritasi pada kulit bayi. Salah satu brand produk perawatan yang banyak direkomendasikan oleh para orang tua serta sudah lama concern pada perawatan kulit bayi yang sensitif adalah Mustela.


Mustela merupakan brand perawatan kulit bayi yang didirikan di Prancis sejak tahun 1950. Berasal dari pemahaman bahwa kulit bayi sangat unik dan membutuhkan perawatan khusus sehingga Mustela pun menghadirkan Mustela Bebe, rangkaian produk perawatan yang spesifik ditujukan untuk kulit bayi serta menjadi pionir riset terhadap kulit bayi.

Selama lebih dari 10 tahun Mustela mengadakan riset bersama dokter spesialis kulit, anak, toksikologi, alergi, ginekolog, dan apoteker terhadap kulit dari 200 bayi. Hasil riset Mustela yang dipublikasi di British Journal of Dermatology menunjukkan bahwa kulit bayi berusia 0-2 tahun memiliki perbedaan utama dari segi lapisan pelindung, kondisi kelembapan, serta jumlah stemcell dibanding kulit orang dewasa. Mustela juga menemukan bahwa bayi terlahir dengan jenis kulit yang berbeda-beda. Oleh karena itu tercetuslah kampanye Kenali Jenis Kulit Bayimu persembahan dari Mustela yang mengajak para orang tua untuk mengenali apa jenis kulit bayinya agar bisa memberikan perlindungan dan perawatan kulit yang sesuai.

Jenis-jenis Mustela Bebe


Mengerti bahwa tiap jenis kulit memiliki kebutuhan yang berbeda, Mustela Bebe pun hadir dengan 3 jenis rangkaian perawatan kulit yang ditujukan untuk masing-masing jenis kulit, yaitu kemasan berwarna biru untuk kulit normal, kuning untuk kulit kering, dan hijau atau varian stelatopia untuk kulit atopik.

Tiap jenis produk perawatan memiliki kandungan yang berbeda menyesuaikan dengan kebutuhan kulit. Kandungan Avocado Perseose yang teruji klinis efektif melindungi kulit dari gangguan lingkungan, melembapkan, dan mendukung pertumbuhan kulit, serta menjaga kekayaan stemcell pada kulit bayi. Kandungan ini cocok untuk semua jenis kulit sehingga bisa ditemukan pada semua jenis Mustela Bebe baik untuk kulit normal, kering, maupun atopik.

Untuk varian produk kulit kering, selain Avocado Perseose juga ditambahkan Dermo-Nutrition Complex yang bermanfaat dalam mengembalikan kelembapan dan kelembutan kulit bayi. Sedangkan pada rangkaian Mustela Bebe Stelatopia untuk kulit atopi, kandungan Avocado Perseose digabungkan dengan Sunflower Oil Distillate yang sudah teruji klinis aman dan efektif untuk merawat kulit atopik. Selain itu, Mustela selalu memprioritaskan penggunaan bahan alami, tanpa alkohol, paraben, dan SLS, serta ramah lingkungan dan terjamin keamanannya baik untuk bayi mau pun ibu hamil pada semua produknya. Gak heran jika Mustela sudah bertahan lebih dari 60 tahun dan menjadi brand perawatan bayi nomor 1 di Eropa.


Meskipun berlangsung cukup singkat, satu jam saja *eh kok kayak lagu ya? Haha* tapi talkshow #ApaJenisKulitBayimu ini sangat bermanfaat dan kaya informasi. Saya sekarang jadi yakin bahwa jenis kulit Nayla memang normal tapi kejadian iritasi kapan hari itu karena saya memang salah pilih produk yang mengandung SLS cukup tinggi sehingga kulit Nayla jadi kering dan gatal-gatal.


Talkshow ditutup dengan foto bersama dengan para peserta maupun pendukung acara. Dan yang paling menyenangkan adalah tiap peserta bisa membawa pulang goodie bag berisi satu set starter kit produk Mustela Bebe untuk kulit normal yang langsung saya pakaikan ke Nayla keesokan harinya *gak sabar euy*

Apa aja isi goodie bagnya?

  • Mustela Bebe Gentle Cleansing Gel
  • Mustela Hydra Bebe Body Lotion
  • Mustela Hydra Bebe Facial Cream
  • Mustela Barrier Cream size besar dan kecil
  • Mustela Gentle Soap with Cold Cream Nutri Protective
  • Mustela Bebe Massage Oil


Semua produk Mustela Bebe yang dicoba gak ada yang mengecewakan. Iritasi di kulit Nayla langsung sembuh, kulit kepalanya yang sempat kering dan terkelupas juga jadi lebih lembap. Tiap produk juga aromanya seragam seperti wangi bunga melati atau kenanga tapi gak nyegrak dan lembut banget. Beberapa produk yang gak perlu kandungan fragrance seperti barrier cream dan face cream juga gak ada bau-bauan aneh. Dan yang paling penting, semua produknya gak bikin iritasi di kulit Nayla. Pantas saja banyak ibu-ibu yang merekomendasikan Mustela Bebe untuk produk perawatan kulit bayinya.

Rangkaian produk perawatan kulit bayi dari Mustela Bebe bisa dibeli di outlet Mothercare, Guardian, Viva Generic, Century, Watsons, dan baby shop terdekat. Dapat juga dibeli secara online di Orami.com dan JD.id.

Jadi, #ApaJenisKulitBayimu?

Info lebih lanjut tentang Mustela:
Instagram: @MustelaIndonesia
Facebook: Mustela Indonesia