"Hah, kosooong? "

Weitss, gak usah pakai nada gitu juga kali bacanya. Mohon maaf ini bukan lagi ngiklan, tapi kekagetan saya ketika melihat stok gula di toples sudah menipis. Begitu pun dengan sabun dan pasta gigi juga sudah tinggal sedikit. Ah iya, baru ingat kalau sekarang sudah masuk awal bulan yang artinya harus belanja bulanan lagi.

Ngomong-ngomong soal belanja kebutuhan sehari-hari, teman-teman lebih suka belanja bulanan, mingguan, atau harian alias nunggu barang apa yang habis baru dibeli di warung atau minimarket terdekat?

Kalau saya sih termasuk tim belanja bulanan kecuali untuk bahan-bahan segar seperti sayur mayur dan lauk pauk yang biasanya saya beli mingguan. Menurut saya belanja bulanan itu jatuhnya jadi lebih hemat dari segi waktu maupun biaya. Apalagi buat saya yang punya anak, sekali pergi ke luar itu pasti ada aja plus-plusnya. Plus mainan, plus jajan, serta plus rengekan anak-anak kalau keinginannya gak dituruti, fyuuh.

Berhubung minggu ini kami mau mudik ke Malang sehingga gak akan sempat pergi ke supermaket, jadi kegiatan belanja bulanan yang biasanya kami lakukan di mall dekat rumah digantikan oleh aplikasi HappyFresh.


Apa itu HappyFresh?

HappyFresh adalah penyedia jasa untuk belanja kebutuhan rumah tangga konsumen di supermaket yang bekerja sama dengan HappyFresh. Singkatnya HappyFresh ini semacam personal shopper untuk barang kebutuhan sehari-hari.

Nah, terus bagaimana cara berbelanja menggunakan HappyFresh?

Caranya gampang banget, seperti berbelanja online di market place atau e-commerce. Kita tinggal mengakses web resmi HappyFresh atau menggunakan aplikasi HappyFresh yang bisa diunduh di Playstore. Kemudian tentukan lokasi pengiriman, pilih supermarket tujuan, dan klik barang-barang yang ingin dibeli. Setelah itu kurir dari HappyFresh akan membelikan barang pesanan kita dan mengantarnya sampai lokasi tujuan sesuai jam pengiriman yang telah kita tentukan. Yupz! Selain memilih supermarket yang kita inginkan serta menentukan lokasi pengiriman, konsumen juga bisa menentukan kapan barang belanjaan harus diantarkan.

Untuk wilayah Jawa Timur, selain sudah tersedia di Surabaya, HappyFresh sekarang juga sudah ada di Malang lho. Sejauh ini supermarket yang tersedia ada Carrefour, Superindo, dan Ranch Market. Semoga setelah ini makin banyak supermarket di Malang yang bekerja sama dengan HappyFresh supaya jangkauannya makin luas dan pilihannya juga makin beragam.

Demi alasan kepraktisan, saya pun memutuskan untuk belanja bulanan di HappyFresh Malang saja. Kebetulan asisten ibu mertua juga sedang tidak masuk jadi kami gak bisa keluar rumah untuk berbelanja karena gak ada yang menjaga ibu mertua. HappyFresh benar-benar solusi banget buat yang ada kebutuhan mendesak untuk membeli suatu barang tapi gak bisa keluar rumah. Gak cuma bahan kering saja, kita juga bisa membeli makanan beku dan segar di HappyFresh. Mau beli sabun cuci, minyak goreng, cemilan, sayur mayur, ikan, daging, sampai es krim pun bisa.


Kurir datang tepat pada waktu yang sudah saya pilih, ongkos kirimnya hanya Rp 14 ribu. Rupanya ongkos kirim HappyFresh ini juga ditentukan dari jadwal pengantaran. Untuk area Malang yang saya lihat berkisar antara Rp 14 ribu sampai Rp 20 ribu saja. Sangat terjangkau jika dibandingkan dengan belanja sendiri harus keluar uang bensin, parkir, plus biaya lapar mata. Pengen jajan ini itu, heuheu.


Ohya, tak jarang ketika berbelanja dengan layanan HappyFresh, ada beberapa barang yang saya pilih ternyata sedang out of stock. Tapi gak usah kuatir, saat check out sudah disediakan solusi seperti mengganti dengan barang sejenis, tak usah diganti, atau kurir menelpon pelanggan terlebih dahulu. Keren ya? Terlihat konsepnya dipikirkan secara matang.

Untuk harga barang yang tertera di HappyFresh dengan di supermarket juga sepertinya hampir sama. Malah kalau lagi ada promo jadi murah banget. Seperti susu UHTnya Alif yang biasanya seharga Rp 3 ribu jadi tinggal Rp 2.5 ribu aja. Gak tau deh mereka dapat untungnya darimana, ckckck. Pilihan pembayarannya juga beragam, bisa bayar tunai langsung di tempat, menggunakan kartu kredit, atau dengan kartu debit.

Overall, saya puas banget berbelanja menggunakan layanan HappyFresh. Cuma agak kesel aja sih. Kesel, kenapa gak dari dulu sih ada di Malangnyaa??

Waktu masih tinggal di Malang, saya sering kesulitan untuk berbelanja bulanan kalau suami pas gak di rumah karena gak ada kendaraan dan rumah saya jauh dari mana-mana. Coba dulu udah ada HappyFresh kan saya tinggal klik-klik dari rumah terus nunggu belanjaan datang sambil nonton acara gosip, wkwk.

Pokoknya yang belum pernah coba belanja di HappyFresh, saya rekomendasikan untuk mencoba deh siapa tahu jodoh, eeaa. Apalagi banyak promo potongan untuk pelanggan yang baru pertama kali belanja di HappyFresh lho. Tinggal buka web atau unduh aplikasinya, kemudian klik Shop Now deh. Atau kalau masih ragu, boleh kepo-kepo dulu di HappyFresh Blog untuk tau lebih banyak tentang layanan HappyFresh.

Teman-teman ada yang sudah pernah berbelanja menggunakan layanan dari HappyFresh juga gak?