Secara fisiologis, memang ritme bayi: tidur saat pagi/ siang hari dan bangun di malam hari. Hal tersebut tentu membuat para ibu merasa was was bila malam terbangun lama, karena otomatis tidur ibu berkurang dan bisa terbangun kapan saja.

Berikut tips agar bayi tidak rewel di malam hari:
1. Tidak terlalu banyak stimulasi di siang hari
Saya sudah lama tidak memegang bayi lagi sejak Aska beranjak usia 4 tahun dan punya adik, usia bayi 2 minggu saya waktu itu mengikutkannya ke sebuah agenda yang cukup penting. Hehe. Ternyata mungkin karena siangnya terlalu sering digendong oleh orang-orang, suara berisik, pulang terlalu larut kena angin dingin motor. Alhasil malamnya rewel. Jadilah anak kedua ini saya mulai belajar lagi.

2. Bedakan waktu siang dan malam untuknya
Penggunaan lampu di malam hari usahakan redup untuk membedakan waktu dengan siang. Agar ia tahu malam waktu untuk beristirahat.

3. Bayi perlu juga digendong
Sering merasa lelah karena beberapa kali gendong si Kecil terbangun? Bayi juga perlu untuk digendong, lho. Sebagai upaya bonding antara ibu dan anak. Selain itu, anak juga bosan tentu karena kan masih tiduran terus. Maka perlu digendong. Cara efektif menggendongnya adalah saat sudah kenyang menyusu, kemudian gendong sampai terlelap, dan jangan langsung diletakkan ke kasur. Biarkan dulu 1/4 jam, baru diletakkan perlahan, supaya benar-benar tidur. Kalau langsung biasanya akan terbangun lagi.

4. Bayi butuh juga diolahragakan badannya agar tidak pegal atau rewel
Karena bayi bisanya masih tidur, tentu pegal bukan badannya kalau tidur aja, jadi supaya tidak pegal, selain digendong adalah dengan di olahragakan baik pagi atau siang harinya.
a. Olahragakan kaki seperti mengayuh sepeda sebanyak 8x
b. Olahragakan antara tangan membuka lebar
c. Olahragakan pertemuan tangan dan kaki menyilang
d. Olahragakan badan bergoyang ke kanan dan ke kiri.

5. Jika rewel sebelum larut malam balur badannya dengan bawang merah dan minyak telon
Cek terlebih dulu perut si Kecil kembung atau tidak. Ceknya dengan mengetukkan perutnya biasanya kalau banyak angin akan terdengar "Bung bung", Jika sudah bepergian jauh, maka biasanya agar tidak masuk angin dan rewel malamnya adalah dengan memberikannya baluran bawang merah dan minyak telon. Biasanya si Kecil akan kentut terus. Tapi tidurnya nyenyak.

6. Moms butuh tidur juga! Anak tidur usahakan ikut tidur juga.
Ketika sudah hampir keringat dingin keluar terus, itu artinya Moms harus bersiap siaga agar tak sakit. Penting agar moms terus sehat. Usahakan saat si kecil tidur, moms tidur juga. Kerjaan di rumah yang menumpuk coba disingkirkan dulu sejenak agar kita tidak stress mengerjakan saat tidak fit.

7. Agar moms selalu sehat dan happy usahakan makan yang cukup.
Agar tetap waras dan selalu setrong, dan ga jatuh sakit, emak jangan telat makan! Terus isi makan dengan menu favorit karena moms kan harus tetap menyusukan bayi.

8. Nonton atau dengar musik biar tetep happy
Biar tetep waras biar sambil gendong bayi sambil ngajikan, dengarkan musik. Atau me time utk moms

9. Usahakan moms diet susu
Ternyata kalau moms minum susu (susu UHT atau susu apa gitu) dapat berpengaruh lho ke bayi. Ada bayi yang alergi dan jadi begah karena rasa ASI nya beda karena ibunya baru minum susu. Kalau moms mau bisa: minum teh atau air putih (saja) yang banyak. Karena kuatirnya nanti kolik juga. Jadi moms mesti bersabar diet susu dulu, ya!