Wah, FBB Kolaborasi mengambil tema di bulan November ini ternyata bikin throwback nih karena nyeritain tentang tokoh kartun favorit di masa kecil.

Let's find keseruan dalam FBB Kolaborasi kali ini karena kita-kita dari FBB akan ngebahas tentang nostalgia kartun favorit di masa kecil. Waw, so sweet.

Baidewei, gimana caranya kok jadi bisa punya tokoh kartun favorit? Apalagi masa kecil saat itu kan di tahun 80’an.  Stasiun tv aja cuma satu. 

Nice question! 

Jadi waktu itu saya bisa kenal dengan para tokoh kartun ini karena memang di TV pun ditayangkan film kartun.  Selain itu, hiburan di rumah Alhamdulillah ada video player.  Jadi, kaset video kartunnya biasanya nyewa di rental kaset video.  Gitu.  Nggak itu aja, bahkan sampai ada komiknya juga kaset cerita.  Baidewei.. do u know kaset? Hihihi.. the people from ’70,’80 & ’90 udah taulah pasti bentuk kaset ya.

Nah, kuceritain satu persatu ya tentang tokoh kartun favoritku.

1. Tom & Jerry


(* Sumber : wegotthiscovered.com

“Dia ama aku tuh udah kayak Tom & Jerry deh!”

“Wah, abang adek ini ntar berantem ntar baekan lagi. Bener-bener kayak Tom & Jerry.”

Pasti pernah denger kan masalah ‘Tom & Jerry’ seperti itu? Basicly, gara-gara kisah dari film kartun Tom & Jerry yang legendary ini – Tom si kucing & Jerry si tikus yang ntar berantem ntar akur lagi.
Baidewei, semasa saya kecil dulu, Tom & Jerry - tokoh kartun dari serial animasi besutan Metro Goldwyn Mayer (MGM) – logonya singa mengaum tiap opening film- perusahaan film asal Amerika Serikat ini menurutku lumayan menghibur.  Saya pun jadi percaya tuh kalo tikus makanannya keju (waaah... tikus bule kali ya hehehe).  Namanya juga waktu itu masih anak-anak, hal-hal yang nggak rasional kadang ditelan aja mentah-mentah.

(*Sumber: yougov.co.uk

Diulas oleh id. Wikipedia.org, cerita kartun Tom & Jerry ini diciptakan oleh Willam Hanna & Joseph Barbera pada tahun 1940-1957 di Hollywood. Setelah itu mulai diproduksi lagi  pada tahun 1963-1967 (Sib-Tower Production), kemudian 1975-1977, 1990-1993 (Hanna-Barbera) dan 1980-1982 (Filmation Studios).

(*Sumber: lolwot.com

Kalau ditanya soal obsesi terkait Tom & Jerry. Eemm... wah susah nih.  Saya pribadi sih nggak kepikiran terobsesi apa gitu. Nggak ada halu-halu’an sewaktu pas nonton kartun tersebut.  Biasanya paling kalau ada yang jual merchandise, entah baju kaos, buku, termos, boks makanan yang bergambar Tom & Jerry pasti ngebet minta beli’in hehehe.



2. Donald Duck

(*Sumber : idw.publishing.com

Siapa sih yang nggak kenal Donald Duck (Donal Bebek)?!  Legend gitu loh! 
Ternyata eh ternyata dia punya nama lengkap yaitu Donald Fauntleroy Duck (wedeeeh..baru tau sayaah!).  Dapet hasil dari ubek-ubek di id.wikipedia.org hehe...

(DONALD DUCK Family -Sumber: en.wikipedia.org

Nah, kenal dengan tokoh kartun bebek pemarah & cerewet yang punya teman wanita bernama Daisy (Desi) – ntah kapan meridnya, juga 3 keponakan – Kwik, Kwek ,Kwak- nambah lagi paman yang tajir melintir tapi pelit banget yaitu paman Gober, lewat serial film kartun dari kaset video juga komik Donal Bebek.  Tokoh kartun ini diciptakan oleh Walt Disney.  Ceritanya lumayan kocak & menghibur.  

Obsesi saya berdasar tokok kartun ini ya gak jauh seputar beli komiknya waktu masih anak-anak dulu (sekarang udah nggak hehe), juga beli merchandisenya kalo ada yang menarik hati entah baju kaos, buku tulis, dan seterusnya.



3. Sylvester &  Tweety


(*Sumber : alianimation.com

Nah kartun besutan Warner Bros ini ceritanya kurang lebih seperti Tom & Jerry.  Bedanya, ada Granny alias nenek.  Granny dengan rambut putih bergelung ini memelihara Tweety (burung kecil berwarna kuning dalam sangkar) & Sylvester (kucing berwarna hitam-putih) dan ia sangat sayang dengan mereka berdua.  Tapi Sylvester ini suka iri & pasti berusaha untuk nyakitin Tweety.  Kalo Tweety sih sebagai burung cerdik & lucu, dia woles aja dan yakin aman di bawah lindungan si Nenek hehe...

(*Sumber: youtube.com

Kenal tokoh kartun Sylvester & Tweety ini lagi-lagi dari serial kartun yang biasanya tayang di TV.  Lupa sih apa pernah nyewa kaset videonya.  Selain itu, merchandise dengan gambar mereka berdua juga ada dijual.  Sempat dulu sewaktu kuliah beli mousepad Tweety.  Juga pernah nonton versi movie-nya sewaktu kuliah dulu (1996) yaitu Space Jam yang dibintangi oleh Michael Jordan.  Sylvester & Tweety dalam bentuk animasi bersama para tokoh kartun Looney Tunes juga ikut nyempil disitu.  



4. Scooby Doo


(* Sumber: en.wikipedia.org

“Scoooby doo biii doooo!”

Seruan yang khas banget dari film Scooby Doo ini.  Para tokoh dari kartun ini adalah 4 orang remaja & 1 anjing. Fred "Freddie" Jones, Daphne Blake, Velma Dinkley, dan Norville "Shaggy" Rogers adalah nama keempat remaja plus Scooby si anjing kocak dan mereka tergabung dalam Mystery Inc. Tokoh kartun Shaggy & Scooby adalah yang menurutku paling kocak.

Shaggy & Scooby  (*Sumber : doogood.scoobydoo.com

Cerita pada film kartun ini sendiri juga menarik, berbau misteri dan rada horor mistis begitu.  Nah  Mystery Inc.- jadi semacam kelompok detektif amatir gitu deh, kerjaannya membongkar kasus-kasus kriminal yang biasanya diwarnai dengan misteri plus bumbu horor.  Serial kartun ini awalnya diproduksi oleh Hanna-Barbera Production tapi kemudian diambil alih aoleh Warner Bros. Pertama kali diproduksi pada tahun 1969 dalam berbagai versi.

Obsesiku sih pengen punya kelompok kayak Mystery Inc ini.  Apalagi bacaanku sewaktu SD rata-rata novel-novel detektif remaja seperti Lima Sekawan, Trio Detektif & Pasukan Mau Tahu.  Tapi ternyata kelompok pertemanan yang kupunya hanya sebatas ngebahas & tuker-pinjam novel detektif hehehe.



5. Voltus V

(*Sumber: youtube.com

“Voltus Lima Sahabat Kita Semua”
(kalo bacanya sambil nyanyi, fix kamu the '80 hahaha)

Masih ingat lagu intro dari anime Voltus V?  Ini anime yang paling saya suka di waktu SD. Anime superhero jejepangan di saat itu yang paling booming.  Merchandisenya yang dijual mulai baju kaos juga kaset cerita. Jadi kalau nggak nonton kaset videonya ya cukup puter kaset ceritanya.  Berimajinasi melalui cerita yang didengar dari kaset. 

Anime ini menceritakan lima superhero remaja yaitu Kenichi Gou, Ippei Mine, Daijiro Gou, Hiyoshi Gou, Megumi Oka.  Masih inget nih dulu ngefansnya dengan Kenichi Gou & Megumi Oka. Nah, mereka berlima ini mengendarai pesawat masing-masing dan kalau sudah bertemu musuh berupa robot yang mengacau kedamaian Bumi lalu mereka pun bersama pesawat yang mereka kendalikan akan bergabung bertranformasi alias henshin menjadi robot superhero.  Mantap!

(*Sumber: spcnet.tv

Tadao Nagahama adalah pencipta serial Voltus V ini pada akhir 1970-an yang judul aslinya adalah Chōdenji Mashīn Borutesu Faibu. Diproduksi oleh Sun Rise & Toei Animation sebanyak 40 episode. Ngopas dari id.wikipedia.org nih, jadi ceritanya musuh utama penduduk Bumi adalah penduduk planet Boazania yang memiliki tanduk dan memperbudak mereka yang tidak bertanduk. Kenichi, Daijiro dan Hiyoshi adalah saudara kandung dan ayah mereka adalah Professor Gou, pencipta robot Voltus. 

(*Sumber: 1999.co.jp
Obsesinya apa ya dari tokoh-tokoh anime superhero ini? Sebatas kagum sih.  Waktu kecil dulu nggak sampai penasaran siapa seiyuu/dubber-nya. Paling hunting kaset soundtrack & cerita di toko-toko kaset atau nyari seri terbaru di rental video buat disewa kasetnya. Hahaha. Beda pas kuliah, kalo udah suka ama anime, wah bakal dicari itu nama seiyuu-nya trus lagu soundtrack-nya apa aja.

Ok untuk merefresh atau pengen tau siapa itu  Voltus V bisa klik ini:



Nah, itu dia lima tokoh kartun favorit bagi saya.  Favorit karena lucunya, bikin gemes juga sebagai superhero. 

See u in my next other post dalam FBB Kolaborasi ya!