Assalamualaikum, terkait dengan manajemen operasi bab penjadwalan pelayanan.  Berikut 3 metode yang dapat digunakan dalam menjadwal  permintaan pelanggan, yaitu dengan janji temu (appointment), reservasi atau pemesanan (reservation), dan penundaan pekerjaan (backlog) (Krajewski, et.al., 2007).


Berikut penjelasannya, semoga bermanfaat 

Metode janji temu
Metode janji temu pada waktu tertentu khusus berlaku di perusahaan jasa. Perusahaan jasa seperti dokter, dokter gigi, ahli hukum, bengkel,layanan psikiater, kantor pengacara, jasa arsitek . Dilihat dari hal tersebut biasanya metode ini digunakan oleh perusahaan jasa yang sifatnya lebih ke pelayanan yang spesifik dan personal. Jadi keunggulan metode ini adalah pelayanan yang tepat waktu dan penggunaan personel pelayanan yang tinggi.Kelemahan dari metode ini adalah jika terjadi ketidakpuasan pelanggan atas janji temu yang dilaksanakan misalnya dengan adanya keterlambatan dll, yang tentunya akan berpengaruh terhadap kelanjutan dari pemberian jasa itu sendiri.

Metode reservasi atau pemesanan
Metode reservasi atau pemesanan sering kita jumpai pada pemesanan kamar hotel, penerbangan, tontonan konser, tontonan film (bioskop), dan ada pula untuk beberapa restoran yang menerapkan metode reservasi ini. Keunggulan metode reservasi ini adalah efisiensi penguunaan peralatan dalam pelayanan. Reservasi juga membutuhkan beberapa pembayaran di muka sehingga dapat mengurangi permasalahan tidak membayar pelayanan yang telah diterima.

Metode penundaan pekerjaan
Metode penundaan pekerjaan paling tepat digunakan pada jasa perbaikan televisi, AC atau peralatan rumah tangga lain, bank, rumah makan atau pelayanan lain yang menggunakan antrian. Pada pelayanan tersebut, waktu penyelesaian pekerjaan ditentukan lebih dahulu, kemudian penyedia jasa akan memesankan komponen-komponen yang diperlukan (penjadwalan mundur).
Sistem antrian memiliki manfaat bagi konsumen maupun bagi pemberi layanan. Manfaat tersebut diantaranya:
·         --Antrian membuat konsumen tidak perlu berbaris menunggu untuk dilayani, dan memberikan kepuasan serta kenyamanan kepada konsumen.
·      --Antrian secara langsung bermanfaat untuk meningkatkan bonafilitas perusahaan sekaligus menunjukkan keseriusan juga profesionalitas dalam menangani konsumen.
·                      --Antrian dapat menjadikan kinerja karyawan lebih efisien di bidangnya masing-masing.

Pada intinya, konsep antrian yang dibuat bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi pelayanan terhadap permintaan layanan yang fluktuatif dengan tetap menjaga keseimbangan biaya pelayanan dan biaya yang diperlukan selama proses antrian berlangsung

>> Manajer operasional jasa memiliki cara perbaikan efisiensi penjadwalan pelanggan yaitu dengan menggunakan satu atau beberapa jenis fleksibilitas penjadwalan. Fleksibilitas penjadwalan tersebut meliputi perubahan waktu mulainya shift dan tumpang tindihnya shift, shift yang memuat lebih dari delapan jam kerja, waktu istirahat dalam shift, jadwal mingguan yang memungkinkan karyawan memulai kerja pada jam yang berbeda-beda tiap hari, jadwal mingguan yang meliputi lebih dari lima hari kerja biasa, serta jadwal mingguan yang menyediakan hari libur yang tidak berurutan.

Terimakasih