P_20181105_023024_vHDR_On-01

Rambut lepek? Diiiihh, enggak banget kan? Apa sih ciri-ciri rambut lepek? Rambut lepek ialah kondisi dimana rambut terlihat kempes dan nggak bervolume . Dapat disertai dengan kondisi tidak menyenangkan lainnya, seperti kulit kepala terasa gatal, berminyak ,bahkan rambuh lebih mudah mengalami ketombe dan rontok.

Ada banyak hal sih yang bisa bikin rambutmu mudah banget lepek, mulai dari faktor iklim indonesia yang tropis, polusi, hormonal, hingga kebiasaan-kebiasaan sepele seperti salah memilih sampo, terlalu sering menyisir rambut, menggunakan helm terlalu lama, sisir kotor, menggunakan conditioner dari akar rambut dan lain sebagainya.

Aku termasuk yang mudah banget mengalami kelepekan rambut. Selain karena faktor jenis kulit kepalaku yang cenderung berminyak, juga karena volume rambutku yang cukup tebal, yaa..mungkin karena tebal jadinya lembab sehingga mudah beuddd mengalami kelepekan. *tarik napas dalam.

Selain itu, salah memilih shampo atau menggunakan produk styling yang mengandung silikon juga bisa menyebabkan terjadinya silicone build up.  Pernah dengar istilah silicone build up? silicone build up  itu adalah penumpukan silicone yang  ga larut air di kulit kepala, silicone yang ga terbilas sempurna tersebut nantinya akan menumpuk di kulit kepalamu dan alhasil bikin kulit kepalamu jadi lebih greasy sehingga terkesan lepek dan kuyu. Jenis silicone yang bisa memicu terjadinya silicone build up adalah Dimethicone.  Sebenarnya, penggunaan silicone pada rambut itu tujuannya adalah agar helai-helai rambut terlihat lebih halus, lembut dan berkilau, sering digunakan pada produk-produk styling dan conditioner, makanya, kalau pakai conditioner jangan sampai ke akar rambut, cukup pada ujung rambut saja. Begitu pula dengan pemilihan shampo, sebaiknya hindari sampo yang mengandung silicone yang gak larut air  seperti dimethicone ya guys.

Nah, Selama kerja di Cikarang, aku punya Room mate, sebut saja namanya Riska. Nah, pada suatu ketika, saat kami sedang berbelanja bulanan, ditemukanlah shampoo ini olehnya. Rambutnya kan cenderung tipis dan ga bervolume, jadi sepertinya dia terhipnotis oleh klaim yang ada pada label produk. Selain berbagi kamar, kami pun juga akhirnya berbagi shampoo.

Apakah shampoo ini membuatku dan Riska jadi bebas lepek? We ve found out soon. Keep reading bro..!!

Detail Product

Volume : 160 mL, BPOM NO NA18151001562

PRICE  sekitar 40 K

CLAIM 

Untuk rambut lepek, membersihkan dan menutrisi rambut agar tampak indah mengembang. Oxyfusion Technology memadukan bahan oxygenfused dengan nutrisi yang dibutuhkan rambut, mengembalikan kelembutan rambut sambil membuatnya 95% lebih mengembang. 

P_20181105_023105_vHDR_On-01

INGREDIENTS

Water,Sodium Laureth Sulfate,Sodium Chloride,Cocamidopropyl Betaine,Glycerin,Perfume,Dimethiconol,TEA-Dodecylbenzenesulfonate,Citric Acid,Guar Hydroxypropyltrimonium Chloride,Laureth-23,DMDM Hydantoin,Cyclotetrasiloxane,Sodium Benzoate,Phenoxyethanol,Sodium Benzoate, Phenoxyethanol,Magnesium Nitrate,Iodopropynyl Butylcarbamate,Acetic Acid, Methylchloroisothiazolinone,Magnesium Chloride,Methylisothiazolinone,Sodium Sulfate,CI 42090,CI 17200

Shampo ini sayangnya juga mengandung silicone, yaitu dimethiconol, DImethiconol adalah non water -soluble silicone yang bisa bikin terjadinya fenomena silicone build up di kulit kepala. Loh..loh..loh…kokk?????

Surfaktan yang digunakan dalam produk pun cenderung mild surfaktan(SLES, dan Cocamidopropyl betaine) dan lumayan gentle lah untuk kulit kepala. (kecuali jika memang anda memiliki jenis kulit yang sangat sensitif dan sama sekali tidak boleh berurusan dengan jenis surfaktan apapun, maka sebaiknya hindari saja)

Ingredients yang kurang aman menurut EWG  -> klik disini adalah DMDM HYDANTOIN(pengawet, membunuh kuman)(risiko menimbulkan dermatitis kontak alergi (bagi kamu yang alergi dengan ingredients ini).

PACKAGING , TEKSTUR dan AROMA

Packagingnya, sama seperti shampoo kebanyakan. sejak era 90 an sampai sekarang tidak begitu banyak perubahan, yaitu berupa botol berbentuk tabung berwarna putih yang agak sedikit bersegi di setiap sudut, dengan tutup flip top berwarna biru muda. Teksturnya Gel yang lumayan runny dan berwarna biru mint trasnparan, seperti warna es kristal. Aromanya mengigit. Seperti aroma bedak bayi, campuran floral dan mint. Sata habis keramas, kesegarannya seakan merambat dari kepala hingga ke ujung kaki, saat aromanya tercium kesegaran yang dirasakan menjadi dua kali lipat. breeewwwww…

HOW I USED THIS : 

Shampoo ini bukan shampoo utama, aku punya 3 jenis shampoo yang aku gunakan secara bergantian. Jika kondisi kulit kepalaku amat sangat berminyak dan lepek, maka shampoo inilah yang aku gunakan. kurang lebih seminggu 1-2 kali aku menggunakan shampoo ini. Cara pakai, seperti biasa, aku basahkan rambut dan kulit kepala dengan air, dan kemudian aku tuangkan shampoo ini ke telapak tangan secukupnya, aku gosokkan kedua telapak tangan hingga mengeluarkan busa dan aku ratakan di kulit kepala hingga ke ujung rambut.

RESULT :

Shampoo ini cukup baik dalam membersihkan kulit kepala dari kotoran, ketombe dan minyak tanpa bikin kulit kepalaku jadi kering. Gejala-gejala iritrasi, seperti kulit kepala terasa perih, gatal, dan panas juga nggak aku alami. Lumayan bikin rambutku sedikit bervolume setelah rambutku kering sempurna. Selama 1 hari, ya rambutku bebas sih dari lepek (tergantung aktivitasnya juga), dan besoknya kalau enggak keramas ya balik lagi lepeknya, kurang maksimal sih ngatasin kelepekan, habis ingredientsnya sendiri mengandung silicone yang ga larut air. ..

VERDICT

Not bad lah, but its not as perfect as it claimed to be.