Semua orang punya resiko mengalami kecelakaan, baik kecelakaan kecil ataupun kecelakaan besar, baik di dalam rumah ataupun di luar rumah. Insiden kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa mengenal batasan usia.

Akibat dari kecelakaan bisa mengakibatkan luka luar, luka dalam serta memar. Luka luar akibat insiden kecil misalnya teriris pisau atau benda tajam lainnya, tertusuk paku, luka karena terjatuh dll. Biasanya luka luar adalah luka terbuka pada anggota tubuh dan menyebabkan darah mengalir dan menimbulkan rasa perih.

Bila anda mengalami insiden kecil dan mengakibatkan luka luar, pasti spontan akan mencari obat merah atau plester luka untuk menangani luka tersebut. Tapi apa yang harus anda lakukan jika anda tidak menemukan obat merah atau plester luka saat itu ? Jangan kuatir, ada bahan alami yang sangat mudah didapat yang bisa anda pakai untuk pertolongan terhadap luka anda tersebut.

Bahan alami tersebut adalah bawang putih. Pasti hampir setiap rumah menyimpan bawang putih karena bawang putih adalah salah satu bumbu dapur utama. Bawang putih mengandung zat antibiotik dan antimikroba yang bisa mempercepat proses pemulihan luka. Bawang putih adalah antibiotik alami dan bisa membantu penyembuhan luka luar serta luka dalam perut.

Berikut adalah  cara pemakaian bawang putih pada luka luar :
1. Cuci dahulu luka luar anda dengan air bersih. Keringkan dengan handuk atau kain.
2. Parut 10-15 bawang putih (tergantung seberapa lebar luka tersebut), tambahkan beberapa tetes air matang sampai menjadi pasta.
3. Ambil kasa steril, letakkan pasta bawang putih pada kasa, tempelkan kasa tersebut pada luka.
4. Ambil plester atau perban untuk mengikat kasa agar menempel dengan kuat pada luka dan tidak mudah lepas.
5. Biarkan 1-2 hari. Bawang putih mengandung kemampuan melawan infeksi, sehingga rasa sakit pelan-pelan akan mereda.
6. Setelah 2 hari, lepas kasa, bersihkan luka dengan air bersih. Apabila luka belum kering atau sembuh, gantilah dengan kasa baru yang telah diberi pasta bawang putih lagi. 
Biasanya luka sudah sembuh dan pulih setelah 2 hari.

Tapi jika anda mengalami luka luar yang parah dan cukup besar, ada baiknya anda langsung ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

​​​​​​