cara beli asuransi pendidikan online
Stay happy saat musibah datang
Semalam, saya menemani SID ke arena bermain inflatable balloon di komplek sebelah. Matanya berbinar-binar melihat beragam permainan di depan mata. Senyumnya tak lepas sepanjang sesi bermain. Melihat hal tersebut, saya berpikir sampai kapan saya bisa menemaninya? Bila sesuatu terjadi pada saya, bagaimana agar anak kesayangan ini tetap bahagia kala menghadapi musibah? 

Ku Ingin Keluarga Hidup Bahagia

Gempa di Lombok, gempa dan tsunami di Palu, ditambah jatuhnya pesawat di perairan Karawang yang beritanya masih hangat diperbincangkan membuat saya lebih sering mengingat kematian. Well, di dunia itu cuma mampir untuk menyelesaikan misi hidup. Setelahnya ya kembali ke Maha Kuasa.

Ketika harus meninggalkan keluarga untuk selama-lamanya, saya tak ingin merepotkan orang lain, terutama keluarga. Saya ingin keluarga hidup bahagia. Maksudnya bukan lantas mereka tertawa tapi keluarga dapat melanjutkan aktivitas seperti biasa.

Salah satu yang paling terbayang di pikiran saya yaitu bagaimana nasib SID, utamanya masalah pendidikan. Saya berharap ia dapat memperoleh pendidikan dengan baik, tak terkendala biaya.

Happy SID di arena bermain

Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik

Dari pikiran di atas, terbesit kebutuhan memiliki proteksi dalam bentuk asuransi pendidikan. Jika tertanggung meninggal karena kecelakaan, ahli waris mendapat tunjangan pendidikan. Saya pun mencari info asuransi pendidikan yang bisa dibeli secara online dengan premi terjangkau.

Berhubung ini pertama kalinya saya membeli asuransi pendidikan, saya mulai dari yang premi murah dulu, deh. Premi ini tergantung uang pertanggungan (UP). Semakin besar UP maka premi yang perlu dibayar pun semakin besar. 

Dari hasil googling sana-sini, saya menemukan asuransi pendidikan dengan premi sangat terjangkau, mulai Rp10ribu saja, di website happyOne.id. Awalnya agak sangsi melihat nominalnya kok cuma sepuluh ribu? Ngopi di cafe aja harganya tiga kali lipat. Asuransi pendidikan satu ini murah banget. Jangan-jangan....

Teliti sebelum membeli asuransi itu wajib. Setelah kepo-in produk asuransi di happyOne.id, saya lebih yakin belanja asuransi di sana karena happyOne.id dikelola Asuransi Astra yang telah terdaftar dan diawasi OJK. Selain itu, harga premi murah karena jangka waktu singkat yaitu setahun dan menyesuaikan nominal uang pertanggungan.

harga premi mulai 10ribu rupiah! (klik untuk perbesar gambar)
Ada dua produk asuransi pendidikan yang dapat dibeli di happyOne.id, yaitu:

1. happyEdu
Asuransi pendidikan berupa santunan biaya pendidikan, tunjangan kehilangan pendapatan, meninggal dunia/cacat tetap keseluruhan, santunan rawat inap di RS, dan santunan biaya pemakaman.

Di sini, kita bisa memilih harga premi atau nilai pertanggungan (pilih salah satu) sesuai kebutuhan. Saya terharu, lho, di sini ada pilihan pekerjaan “ibu rumah tangga”. Sebagai contoh, untuk pekerjaan dan usia saya, happyEdu menyarankan total nilai pertanggungan Rp75juta dengan total premi yang perlu dibayar Rp175.050,00 (termasuk biaya administrasi). Kalau saya “artis” maka total premi lebih tinggi menjadi Rp208.950,00 dengan total nilai pertanggungan yang sama.

2. happyEdu Micro
Asuransi Mikro yang memberikan perlindungan berupa santunan biaya pendidikan untuk anak apabila Tertanggung Utama meninggal dunia karena kecelakaan, tunjangan perlengkapan sekolah, dan santunan biaya pemakaman karena kecelakaan.

Ini nih premi asuransi pendidikan yang setara semangkuk bubur ayam komplit, premi mulai 10ribu rupiah. Pilihan premi dapat disesuaikan hingga 50ribu rupiah.

Cara Membeli Asuransi Online di happyOne.id

Selain asuransi pendidikan, happyOne.id dengan tagline “My all-in-one insurance” menyediakan berbagai asuransi lain, yaitu:

1. happyMe untuk asuransi kecelakaan diri bila tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan. Asuransi ini juga tersedia dalam happyMe Micro untuk premi yang sangat terjangkau.

2. happyHome untuk asuransi kebakaran rumah akibat terjadinya FLEXAS (Fire, Lightning, Explosion, Impact of Aircraft, Smoke) berupa biaya penggantian risiko. Perlindungan rumah juga tersedia dalam happyHome Plus dengan manfaat yang lebih menyeluruh.

3. happyTrip untuk asuransi perjalanan domestik maupun internasional, termasuk: perlindungan pembatalan perjalanan, perlindungan bagasi dan barang pribadi, biaya medis akibat kecelakaan, perlindungan keterlambatan penerbangan, evakuasi medis darurat dan repatriasi.

#BeTheHappyOne
Kali ini saya berbagi cara membeli asuransi pendidikan happyEdu Micro sesuai pengalaman pribadi, ya. Langkah membeli asuransi pendidikan online happyEdu Micro di happyOne.id, sebagai berikut:
1. Buka happyOne.id dan pilih happyEdu.
2. Pada menu happyEdu pilih happyEdu Micro dan klik “BELI”.
3. Pilih perlindungan dengan mengisi harga premi (antara 10.000 – 50.000) dan isi tanggal lahir tertanggung, kemudian klik “NEXT”.
4. Login bila sudah memiliki akun OneID atau daftar bila belum punya akun OneID.
5. Isi data diri tertanggung. Jika data tertanggung sama dengan data akun, proses pengisian sangat cepat karena data telah tersimpan dalam akun OneID.
6. Upload dokumen pribadi berupa NIK/KITAP/KITAS kemudian klik “NEXT”.
7. Bayar premi melalui transfer ke virtual account Bank Permata. Dalam 1x24 jam polis akan dikirim ke e-mail. Periode polis dimulai H+3 jam 12:00 waktu setempat setelah pembayaran dilakukan.

Pada langkah kelima, saya mengalami kendala tidak bisa mengisi formulir untuk nomor identitas padahal itu bagian yang wajib diisi. Kemudian saya kirim surel ke customer service happyOne dan segera mendapatkan respon. Keren, nih!
OneID memudahkan pembelian dan mengecek polis
Buat yang kesulitan mengisi formulir, sebenarnya ada cara mudah mengatasinya. Sebelum membeli asuransi, daftar/buat akun terlebih dahulu. Akun ini disebut OneID untuk melakukan pembelian, cek riwayat polis. Mau beli happyMe, happyEdu, happyHome, maupun happyTrip cukup dengan satu OneID. 

Isi data profil OneID tersebut secara lengkap. Setiap akan membeli suatu produk asuransi di happyone.id, data tersebut akan tersinkronisasi dengan formulir pengajuan asuransi. Beli asuransi online semakin cepat dalam hitungan menit.

OneID juga dapat menunjukkan semua pesanan yang telah dilakukan. Halaman “Pesanan” menunjukkan nomor order, pemegang polis, status pemesanan, nama produk, nomor polis, juga periode polis. Lengkap, ya, kalau mau cek polis atau ajukan klaim bisa melihat daftar asuransi yang dimiliki di sini.
Prosedur pengaduan (dok. happyOne.id)
Cara pembayaran yang tersedia yaitu dengan kartu kredit, BCA Klikpay, dan virtual account Bank Permata. Untuk metode pembayaran virtual account, perlu ditambahkan petunjuk cara pembayaran melalui ATM, internet banking, atau mobile banking.

Empat macam asuransi hanya dengan 399ribu rupiah (dok. happyOne.id)
Membeli asuransi online di happyOne.id super duper mudah dan cepat. Empat produk asuransi yang tersedia juga memiliki premi terjangkau dan dapat disesuaikan kebutuhan. Bahkan, ada bundling paket perlindungan All-in-One cuma Rp399ribu!

Cari tahu lebih banyak happyOne.id di Facebook happyone.id, Instagram happyone.id, dan YouTube channel AsuransiGardaOto. Di sana juga ada tips-tips bahagia, lho, and #BeTheHappyOne.