tutorial 10 langkah skincare korea

Halo... Selamat datang! Anda sudah sering bukan mendengar tentang Korean skincare yang sampai 10 tahap itu. Namun, belum tentu Anda juga sudah paham terhadap konsep perawatan kulit wajah yang sangat populer tersebut.

Kebetulan sekali hari ini saya sedang ingin berbagi penjelasan dan pengalaman menggunakan teknik perawatan kecantikan yang satu ini. Sebenarnya seperti apa sih langkah-langkahnya? Kenapa ya produk perawatan wajah Korea bisa sampai sebanyak itu?

KOREA. Adalah satu nama negara yang kalau terdengar di telinga, selalu membuat saya teringat dengan drama dan juga para wanita & pria berkulit mulus. Haha. Benar begitu bukan guys?!

Sepertinya perawatan artis Korea memang dilakukan dengan sangat baik. Saya sudah sering mendengar bagaimana langkah perawatan wajah sehari-hari di sana. Kebiasaan orang Korea merawat wajah memang patut dikepoin! Hihi


Cara Merawat Wajah Seperti Orang Korea

Kenapa kemulusan kulit orang Korea bisa begitu termashyur hingga ke berbagai penjuru dunia? Bisa jadi karena disokong oleh produksi drama Korea yang selalu menghadirkan pemain cantik dan ganteng. 

Melalui drama ini, pemirsa akhirnya mengidentikkan Korea dengan kulit putih mulus. Tak tanggung-tanggung! Berbagai drama diproduksi dengan biaya yang fantastis dan waktu shooting yang begitu panjang.

Wah... artisnya pasti lelah banget deh, iya kan?. Lalu bagaimana dengan kondisi kulit mereka ya kalau sampai kelelahan, kena polusi, dan kurang istirahat?. Apa akan tetap mulus? Sepanjang yang saya tahu, jarang sekali ada artis sana yang mengalami breakout di mukanya.

Nah, ini bisa jadi berkat hasil dari perawatan wajah Korea terbaik yang selalu mereka lakukan secara rutin. Duh, jadi pengen tahu juga kan seperti apa cara perawatannya. Demi kulit yang sehat, saya mau kok nurut dengan berbagai urutan pemakaian skin care Korea itu. Anda juga setuju kan?

Oke deh, daripada terus tenggelam dalam lautan rasa penasaran yang dalam, langsung saja deh saya bocorkan sebocor-bocornya. Ini dia 10 tahapan perawatan wajah ala Korea lengkap. Khusus untuk Anda saja lho. *wink

10 Tahap Korean Skincare Routine

Well guys, sekarang ini kita masuk ke pembahasan 10 langkah Korea skin care. Pesan saya yang pertama adalah, catat dalam hati Anda bahwa di dalam prosedur atau langkah merawat wajah ala Korea ini terdapat urutan yang tidak boleh dibolak-balik sesuka hati Anda. 

Why? Soalnya jika prosedurnya tidak dilakukan sesuai dengan urutan yang benar, salah-salah kesehatan kulit wajah Anda justru akan terganggu lho. Oke deh, inilah dia urutan 10 tahap perawatan kulit wajah ala Korea yang telah saya rangkum menurut berbagai sumber. Disimak yuk?!


1. Make Up Remover dan Oil Cleanser

Pembersih berbasis minyak alias yang biasa disebut dengan oil cleanser merupakan langkah mendasar dari perawatan kulit Korea. Ini adalah langkah awal dari rangkaian proses pembersihan double cleansing.

Apa itu double celansing? Jadi, yang dimaksud dengan istilah double cleansing adalah membersihkan wajah dengan 2 tahapan. Pastinya cara ini punya beberapa keunggulan yang layak dipertimbangkan.

Penggunaan oil cleanser tidak hanya merelaksasi kulit dengan pijatan yang Anda lakukan. Cara ini juga ampuh membersihkan riasan wajah Anda serta mengusir kotoran yang larut pada minyak seperti SPF, sebum, dan polusi.

Bagaimana cara kerjanya? Proses cleansing menggunakan bahan minyak akan bekerja membersihkan kotoran berbasis minyak seperti riasan wajah dan juga tabir surya secara jauh lebih efektif.

Bagaimana cara melakukannya? Pijatkan pembersih tersebut dengan lembut pada kulit setiap pagi dan malam hari. Percikkan air hangat secukupnya untuk membuat cleanser tercampur, kemudian basuh hingga bersih. Ini masuk ke dalam tahapan skin care routine Korea pagi dan malam.

Jenis minyak yang biasa digunakan sebagai bahan dasar oil cleanser adalah minyak macadamia, minyak zaitun, minyak jojoba, serta minyak biji anggur.


2. Water Based Cleanser

Sekarang dilanjutkan dengan pembersih berbasis air. Ini merupakan langkah kedua dari proses double cleansing. Proses double cleansing ini direkomendasikan oleh para ahli estetika dan dermatologis. Mengapa?

Alasannya adalah karena proses ini bisa membantu membersihkan berbagai kotoran yang bisa memicu timbulnya jerawat. Setelah oil based cleanser, pembersih water based akan membantu membersihkan kotoran yang larut air. Misalnya keringat & debu yang tidak bisa dibersihkan dengan oil based cleanser.

Cara ini terbukti ampuh mengusir kotoran yang berbasis air dan larut air. Kotoran yang bisa dibersihkan dengan air misalnya saja debu, keringat, dan bedak tabur. Setiap hari wajah Anda pasti terkontaminasi dengan berbagai jenis "kotoran" tersebut. Setidaknya salah satunya.

Bagaimana cara memberaihkan wajah dengan water based cleanser? Mudah! Usapkan pembersih ini pada kulit wajah yang telah dibasahi sebelumnya. Lakukan dengan gerakan memutar selama sekitar 2 menit. Kemudian basuh menggunakan air hangat hingga bersih.

Membersihkan kulit wajah menggunakan facial foam atau facial wash ini sebaiknya dilakukan setiap pagi dan malam hari secara teratur. Bahan yang direkomendasikan bisa berupa ekstrak mutiara, green tea, atau rice extract.


3. Eksfoliator

Eksfoliasi adalah proses pengelupasan sel kulit mati untuk merangsang pergantian sel secara lebih cepat. Anda dapat memilih physical atau chemical exfoliation. Keduanya akan membantu membuat pori jadi bersih serta menyapu tumpukan sel kulit mati yang berpotensi menyumbat pori.

Proses ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang tampak lebih cerah, bersih, dan tentu saja lebih halus. Bonusnya, proses eksfoliasi kulit ini juga akan membuat nutrisi perawatan kulit Anda terserap secara lebih baik.

Karena debu serta sel kulit mati sudah tersapu bersih, zat penting dalam skin care pun jadi lebih mudah masuk deh ke dalam lapisan kulit Anda. 

Bagaimana cara melakukan proses eksfoliasi wajah? Secara lembut, lakukan proses eksfoliasi pada kulit wajah sebanyak 1 hingga 2 kali seminggu. Tipsnya adalah fokus pada area hidung serta pori-pori besar di sekitar pipi Anda.

Bahan-bahan yang biasa digunakan sebagai agen eksfoliator misalnya adalah salicilic acid dan lactic acid. Namun kalau Anda ingin menggunakan bahan alami maka gula pasir bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan bijak.

Baca juga Cara Meracik Cream Peeling Wajah DIY


4. Toner

Toner juga sering disebut dengan nama penyegar. Tapi perlu diingat bahwa toner itu tidak sama dengan astringent ya dears. Selain menyegarkan wajah, penyegar ini juga memiliki fungsi untuk menghapus sisa-sisa pembersih yang sebelumnya Anda gunakan.

Selain itu, dia juga bekerja keras untuk memperbaiki skin barrier Anda. Keuntungannya apa untuk kulit? Jika skin barrier dalam kondisi baik maka nutrisi penting dari produk perawatan berikutnya juga akan terserap dengan baik. Inilah pentingnya penggunaan toner dalam skin care routine Anda.

Toner akan bekerja menyeimbangkan kelembaban dan juga level pH kulit Anda. Bagaimana cara menggunakan toner? Tuang toner pada kapas dan tepuk-tepuk pada seluruh permukaan wajah sambil agak ditekan sedikit.

Tuang secukupnya saja dan cukup ditepuk ya. Jangan menggosokkan toner pada permukaan kulit. (Bahan terbaik yang biasa digunakan pada toner adalah aloe vera, air mawar, licorice, mentimun, serta bahan alami lainnya.)


5. Esens

Apa itu esens? Esens alias essence adalah sebuah produk perawatan kulit dengan sifat yang sangat ringan dan mengandung campuran konsentrat berupa bahan pelembab, anti aging, serta zat untuk memperbaiki warna kulit Anda.

Apa fungsi utama dari essence? Esens memiliki peran besar dalam menjaga kelembaban serta menjaga fungsi pergantian sel kulit agar tidak melambat.

Bagaimana cara menggunakan esens pada kulit wajah? Cukup percikkan esens pada telapak tangan kemudian tepuk-tepuk pada wajah dan juga leher. Gosokkan kedua telapak tangan sebelum menepuk permukaan wajah.

Esens biasanya terdiri dari bahan utama yang penuh dengan nutrisi penting. Beberapa diantaranya yang biasa digunakan sebagai bahan dasar produk ini adalah hyaluronic acid, rice extract, dan lain sebagainya.


6. Treatments

Di langkah keenam ini Anda akan masuk pada tahap perawatan yang sesungguhnya. Dengan kata lain, langkah-langkah sebelumnya itu bisa dikategorikan sebagai langkah persiapan. Hihi...

Orang Korea biasa menggunakan serum dan ampoule sebagai nutrisi penyempurna penampilan kulit mereka. Diperkaya dengan kandungan yang super istimewa, bahan ini menyasar pada perbaikan kondisi kulit tertentu.

Kerusakan kulit seperti jerawat, hiperpigmentasi atau penggelapan warna kulit, serta garis-garis halus bisa diatasi dengan baik menggunakan bahan tersebut karena produk ini akan bekerja secara langsung pada area yang terdampak.

Bagaimana cara menggunakan serum dan ampul? Cukup percikkan pada telapak tangan, gosokkan kedua telapak tangan sampai terasa hangat, kemudian tepuk lembut pada bagian wajah yang akan dirawat. 

Bahan-bahan seperti tea tree, biji kacang kedelai, dan vitamin C adalah yang paling umum dijadikan bahan dasar produk serum dan ampoule. Ada yang sudah pernah mencoba produk skincare dari Korea ini?


7. Sheet Mask

Apa itu sheet mask? Sheet mask adalah masker yang berbentuk topeng dan bisa langsung ditempelkan pada wajah Anda secara praktis. Jika esens adalah jantung dari perawatan kulit Korea, maka sheet mask adalah jiwanya.

Dengan bantuan kertas semacam tissue tebal sebagai media sheet mask, kulit wajah Anda akan menyerap nutrisi masker dengan lebih baik. Selain itu masker ini juga akan membuat kulit Anda jadi luar biasa lembab.

Apa fungsi dari sheet mask? Masker topeng nan lucu dan praktis ini akan "menginfus" kulit Anda dengan konsentrat esens yang super kaya nutrisi. So, sheet mask is worth to try!

Bagaimana cara memakai masker topeng? Bersihkan kulit wajah Anda terlebih dahulu. Kemudian pasang masker di wajah Anda dengan benar, biarkan selama 15-20 menit lamanya. Pastikan semua esens telah terserap oleh kulit wajah.

Tips penggunaan masker topeng adalah jangan sampai ada serum yang tersisa atau terbuang. Terkadang jumlah cairan pada kemasan masker begitu melimpah hingga tak habis dalam satu kali pakai. 

Jika mau, Anda bisa menutup kembali kemasan masker hingga rapat dan menyimpannya dalam lemari es untuk digunakan kembali keesokan harinya.

Ada banyak sekali ekstrak alam bernutrisi yang bisa digunakan dalam sheet mask ini. Contohnya saja mentimun, green tea, lemon, bengkoang, dan lain sebagainya. Sudah pernah coba sheet mask varian apa saja nih?


8. Eye Cream

Eye cream alias krim mata dibutuhkan untuk menutrisi kulit di sekitar area mata Anda. Daerah ini merupakan area kulit paling tipis dan sekaligus sensitif. Gunakan eye cream secara teratur untuk menutrisi dan mengusir mata panda.

Eye cream akan bekerja mencegah munculnya lingkaran hitam di bawah mata serta bengkak alias kantong mata. Bagaimana cara memakai krim mata? Gunakan ujung jari Anda untuk mengaplikasikan krim dengan cara ditepuk.

Tips menggunakan eye cream adalah jangan pernah mengaplikasikan krim dengan cara menggosoknya meski gosokan ringan sekalipun. INGAT!!! Kulit di area mata itu amat sangat sensitif dan mudah mengalami kerusakan.

Beberapa bahan alami yang bisa Anda pertimbangkan untuk digunakan adalah madu murni, kopi, ginseng, serta teh organik. Anda bisa mendapatkannya dalam produk eye cream maupun pada bahan alaminya langsung.


9. Pelembab

Produk ini adalah yang paling familiar bagi kebanyakan orang. Pelembab wajah biasanya tersedia dalam berbagai bentuk. Ada pelembab berbentuk losion, krim, gel, dan juga emulsi. Khasiatnya mampu mengunci kelembaban dan membuat kulit Anda jadi kenyal serta memudarkan garis halus.

Bagaimana cara menggunakan pelembab wajah? Aplikasikan pelembab pada kulit wajah Anda yang telah dibersihkan dengan cara menepuknya ke permukaan kulit hingga terserap sempurna. 

Mengapa saya merekomendasikan untuk menepuk dan bukannya menggosok? Karena cara ini lebih efektif pada saya. Namun jika Anda lebih suka menggosoknya maka tak masalah. Lakukan perawatan ini setiap hari pagi dan malam.

Ada berbagai bahan yang dipakai di dalam produk-produk pelembab wajah. Diantaranya yang paling populer saat ini adalah green tea dan centella asiatica alias cica alias daun pegagan. Sudah pernah ikut mencoba?


10. Sunscreen

Nah, akhirnya Anda telah sampai pada tahap akhir dari Korean skin care routine. Perlu untuk diketahui bahwa tabir surya sangatlah penting untuk melindungi kulit Anda dari bahaya sinar UV. Sayangnya, produk ini malah seringkali diabaikan karena tidak terlalu dianggap penting. Hiks!

Dengan rutin menggunakan tabir surya, Anda akan terhindar dari masalah penuaan dini serta kanker kulit dan berbagai efek negatif sinar UV lainnya. Produk ini bisa diaplikasikan terakhir kali pada rangkaian skin care harian Anda.

Bagaimana cara menggunakan tabir surya yang baik dan benar? Tepuk-tepuk pada area kulit wajah dan leher setiap pagi. Ulangi pemakaian setiap beberapa jam sekali tergantung tingkat perlindungan tabir surya Anda.

Anda bisa menggunakan tabir surya setelah pelembab wajah. Bahan aktif yang sering ditemukan terkandung di dalam berbagai produk sunscreen adalah titanium dioxide dan juga zinc oxide.

Well, akhirnya inilah tahapan terakhir dari skin care routine ala Korea. Waah... Banyak juga ya tahapan yang harus dilewati? Hmm tapi tidak masalah kok demi mendapatkan hasil yang maksimal. 

Great skin doesn't happen overnight! Tidak ada hal luar biasa yang bisa didapatkan dengan cara yang instan. Sesuatu yang berharga dan menakjubkan memang tidak akan bisa diperoleh dengan mudah. Semangaattt!!! ^_^


Takeaways

Meski sekilas tampak sangat ribet dan panjang, semua itu tidak akan terasa kok saat sudah menjadi kebiasaan rutin. Bahkan cara memakai toner ala korea juga tidak sembarangan lho. Pantas saja ya kalau kulit mereka bagus?

Banyak juga lho kawan-kawan beauty enthusiast yang sudah mencoba mempraktekkan cara ini. Hasilnya juga bisa dibilang tidak mengecewakan.

Intinya kalau ingin mengikuti Korean skin care routine day and night ini wajib mengenali tipe kulit wajah terlebih dahulu.

Ini basic banget ya ladies? Dengan mengetahui jenis kulit maka Anda bisa memilih produk-produk yang tepat untuk kulit Anda. Betul bukan?

Oke, sekian dulu corat-coret saya untuk hari ini. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda dan saya ucapkan sampai berjumpa kembali di artikel berikutnya, insyaa Allah! ^_^

Mempunyai pertanyaan, komentar, kritik, atau saran terkait tulisan di atas? Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah sana. Komen yuk?!

(diens)

image credit to: youtube.com