kenali-jenis-kulit-bayimu-dan-cara-merawatnya-mustela-natrarahmani


Mempunyai anak pastilah membahagiakan bagi kedua orang tua. Perawatan dan perindungan diberikan yang terbaik agar buah hati selalu sehat dan ceria. Bener kan Bu? Dari lahir sampai masa pertumbuhannya tak jarang bayi mengalami masalah gangguan kulit. Baik itu ruam ASI, Ruam popok, kemerahan, bentol bentol, bahkan tak jarang kering yang bikin perih.Sedih ya kalo ngeliat anak rewel karena tidak nyaman bahkan bisa kemerahan di beberapa titik badannya. Sukak nggak tega dan kebingungan apa sih kadang yang salah.


FAKTA TENTANG KULIT BAYI

Hari sabtu, 13 Oktober 2018 aku mendapat undangan dari Mombloggercommunity untuk ikut di event talkshow bersama Mustela mengenai #ApaJenisKulitBayimu . Talkshow ini dihadiri oleh narasumber ahli yaitu Dr. Reisa Broto Sasmoro dan Bapak Nurhadi selaku Branch Manager Mustela. Siapa yang tak kenal dengan dokter sekaligus public figure satu ini. Sosoknya yang ramah dn informatif, wara wiri di salah satu TV swasta di program kesehatan. Tak lupa pula, Mom Reisa juga mempunyai dua orang anak yang sedang di masa pertumbuhan.

kenali-jenis-kulit-bayimu-dan-cara-merawatnya-mustela-natrarahmani



Talkshow ini banyak dihadiri oleh para peserta umum juga undangan khusus. Langsung full kursinya bahkan ada yang rela sampai berdiri.  Karena ingin mencuri ilmu dari Mom Reisa dalam merawat kesehatan kulit anaknya. Beliau juga menuturkan pengalaman dengan kedua anaknya yang punya tipe kulit yang berbeda  Anak pertamanya Ania memiliki jenis kulit normal, tetapi baby Yoda memiliki jenis kulit dermatitis atopik. Beranjak dari situ, Mom Reisa pun mencari solusi untuk mengatasi permasalahan kulit bayinya.
Tapi tahukah Mom,  kulit bayi 0 -2 tahun berbeda dengan kulit orang dewasa yang mempunyai tingkat sensitifitas berbeda beda. Pertama, lapisan kulit bayi masih belum matang dan sangat rapuh , sehingga perlu dilindungi dan diperkuat.  Kulit bayi dibawah 2 tahun cenderung kering sehingga perlu dijaga kelembapannya sejak lahir. Seta kulit bayi menyimpan kekayaan stem cell yang berperan untuk regenerasi kulit dan menentukan kualitas kulit bayi hingga dewasa nanti. Tetapi karena berbagai faktor lingkungan seperti polusi, sinar UV, dan penggunaan bahan kimia, jumlah stem cell menurun drastis dari baru lahir hingga dua tahun. Dan kulit byi pun berbeda beda karakteristiknya.  Pernyataan tersebut adalah hasil riset Mustela yang tertuang dalam British Journal of Dermatology.

Menurut American Academy of Dermatology, 1 dari 5 anak beresiko terkena dermatitis atopik. Penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun diperkirakan berasal dari faktor keturunan, sistem imun yang rendah dan pada umumnya lebih sering terjadi di daerah perkotaan dengan iklim kelembapan yang rendah. Bayi yang memiliki dermatitis atopik memiliki resiko lebih tinggi terkena asma dan kardiovaskular saat dewasa. Bahkan 50-70% bayi dengan dermatitis atopik dapat ditangani dengan cara mengidentifikasi pemicu dan menghindarinya serta menerapkan perawatan kulit yang tepat.


3 JENIS KULIT BAYI

Dari fakta yang sudah dijelaskan, ternyata kulit bayi berbeda beda. Sudah bukan rahasia umum kalo kulit bayi terkenal sensitif. Mulai dari newborn hingga masa pertumbuhan aktifnya. Perbedaan ini harus kita kenali nih  agar merawatnya secara tepat guna. Selain itu pemilihan bahan produk juga tak kalah pentingnya. Sejalan dengan penjelasan dari American Academy of Family Physician (AAFP) bahwa gangguan kulit adalah salah satu keluhan yang paling sering dialami bayi dengan pravelensi mencapai 70% sehingga menjadi sumber kekhawatiran yang besar bagi orang tua. Jadi perlu banget emang aware kenali jenis kulit bayi agar tidak menjadi momok yang menakutkan lagi dalam menghadapinya. 

E.V.E.I.L.S : Evaluation of the Early Infant Life : the Skin

Bagaimana sih cara pengenalan jenis kulit bayi ? Berikut karakterisitikny agar dapat merawat secara tepat :

  1. Kulit normal. Jenis kulit normal mempunyai ciri ciri lembut, lembab, dan bersih. Jenis kulit ini sangat mudah dikenali karea halus ketika disentuh dan tidak ada kemerahan atau pecah pecah.
  2. Kulit kering. Ciri cirinya adalah kurit bayi terasa kasar, bersisik, bahkan mengelupas. Bisa dikarenakan faktor genetik,  lingkungan atau produk yang tidak cocok.
  3. Kulit dermatitis atopik atau eksim. Dengan ciri ciri gatal, sangat kering, bahkan ada bercak kemerahan. 
Beranjak dari karakteristik tersebut, aku baru menyadari bahwa kedua anak aku punya jenis kulit yang berbeda. Sempat terbesit penyesalan  kenapa baru tahu sekarang, karena permasalahan kulit udah jadi momok buat aku dari awal kelahiran sampai sekarang. Udah pakai segala macam obat atau lotion ternyata nggak ngaruh kalo tidak mengetahui secara pasti #ApaJenisKulitBayimu. Anak sulungku punya jenis kulit atopik. Yang ditandai hypersensitif dan alergi terhadap bahan bahan tertentu atau faktor lingkungan kotor. Biasanya langsung kelihatan di kulitnya jika sudah mengkonsumsi sesuatu. Dan jika terkena air kotor ditandai dengan gatal gatal sape timbul kemerahan di sekitar kaki nya. Kasian banget. Dan harus ektra perlindungannya.

kenali-jenis-kulit-bayimu-dan-cara-merawatnya-mustela-natrarahmani

Khusus nayla (anak bungsu) mempunyai kulit kering sama seperti ayahnya. Kulitnya kasar dan bersisik. Jikalau terkena ruangan ac bahkan digaruk meninggalkan baret baret tipis di sekitar kulitnya. Dengan mengetahui jenis kulit bayi ku sekarang sudah mantap untuk #perawatankulitbayi.


#APAJENISKULITBAYIMU DARI MUSTELA 

Saat talkshow bersama Dr.Reisa Broto Asmoro dan Moh.Nurhadi selaku Branch Manager Mustela, bersama sama mengajak para orang tua untuk lebih mengenal lebih kenal jenis kulit bayimu.  Ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai 3 jenis kulit bayi yang bisa dikenali dengan mudah sehingga #perawatankulitbayi secara tepat guna.

Menurut bapak Moh.Nurhadi saat saat merawat bayi seharusnya menjadi momen keakraban yang spesial antara ibu dan anak. Namun tidak jarang momen ini terganggu karena timbulnya kekhawatiran akan banyaknya gangguan kulit yang dapat menimpa bayi. Bapak Nurhadi juga memaparkan bahwa penting bagi kita untuk paham dengan karasteristik kulit bayi yang berbeda yang tentu perawatannya pun berbeda beda. Kampanye Kenali Jenis Kulit Bayimu adalah persembahan dari Mustela yang mengajak orang tua untuk belajar mengenai jenis kulit agar dapat memberikan pelindungan dan perawatan yang sesuai . Perawatan kulit yang tepat akan menjamin kebutuhan kulit bayi terpenuhi, sekaligus menjaga kulit sampai dewasa nanti.


kenali-jenis-kulit-bayimu-dan-cara-merawatnya-mustela-natrarahmani

MENGENAL MUSTELA LEBIH DEKAT

Mustela adalah brand asal Prancis yang berdiri sejak 1950, Mustela memahami bahwa kulit bayi sangat unik dan membutuhkan perawatan khusus. Berangkat dari pemahaman tersebut, Mustela menghadirkan rangkaian produk perawatan spesifik untuk kulit bayi  dan menjadi pioner riste untuk kulit bayi. Kualitas produk, pemakaian bahan bahan alami, efikasi yang terbukti secara klinis, kenyamanan pemakaian dan keamanan yang terjamin menjadi pilar pilar utama yang berhasil membawa Mustela sebagai mother dan skin care brand nomor 1 di Eropa.


Berikut adalah komitmen Mustela memberikan perlindungan selama 60 tahun:
  • Keamanan yang terjamin. Aman digunakan untuk ibu hamil dan bayi bahkan sejak baru lahir. Dan produknya telah diuji di laboratorium secara ketat dan terjamin kualitasnya. Bahan yang terkandung adalah hypoallergenic dan dikembangkan oleh profesionalisme kesehatan. Sebagai contoh, semua produk kami diformulasikan:
    1. Tanpa alkohol.
    2. Tanpa minyak esensial.
    3. Tanpa paraben.
    4. Tanpa phenoxyethanol.
    5. Tanpa phthalates.
    6. Tanpa ekstrak tumbuh-tumbuhan yang berasal dari tanaman rekayasa genetika (GMO).
    7. Tanpa aluminium chlorohydrate.
    8. Tanpa bahan yang berasal dari produk hewani - kecuali produk sarang (madu, lebah, dll) -, produk berbasis lanolin murni atau produk berbasis susu.
    9. Tanpa terpene (kapur barus, mentol atau kayu putih).
    10. Tanpa triclosan.
  • Terbukti efektif secara dermatologis. 
  • Spesialis produk yang natural .
  • Kesenangan unik dalam menggunakannya, Karena produk mustela sensorik yang bisa meningkatkan keintiman ibu dan anak dengan keharuman yang diberikan dan tekstur produk yag lembut.
  • Tanggung jawab merek. Sepanjang siklus hidup produk Mustela sangat meminimalkan dampak ke pada linkungan hidup. Contohnya, botol Mustela yang bisa didaur ulang, kardus kemasan dari hutan lestari, dan formula bisa yang biodegredable. 
AVOCADO PERSEOSE

Dalam upaya menjaga kekayaan sel unik pada kulit bayi, Mustela mengestrak bahan aktif biomimetik dari alpukat yang bekerja afinitas pada kulit, untuk toleransi dan keberhasilan yang optimal untuk menhaga kulit pada bayi. Bahan aktif alami yang telah dipatenkan oleh Mustela bernama Avocado Perseose dan digunakan pada seluruh varian Mustela Bebe mulai dari kulit normal, kulit kering, hingga kulit atopik . Avocado Perseose mempunyai 3 manfaat penting :
  1. Menjaga kekayaan sel kulit bayi sebagai perisai dan melindungi kulit dari pengaruh luar.
  2. Melindungi dan menguatkan kulit bayi. Bahan aktif yang mana dan tidak membahayakan lingkungan
  3. Menjaga kelembapan kulit bayi

RANGKAIAN MUSTELA BEBE UNTUK JENIS KULIT BAYI

Saat sesi intimate sharing dengan Dokter Reisa, belia memaparkan produk yang dipakai untuk kedua anaknya. Dokter reisa dalam merawat kulit bayinya hanya memakai produk yang telah teruji secara klinis. Anak sulungnya, Ania mempunya jenis kulit normal sehingga memakai rangkaian Musetal bebe untuk kulit normal. Sedangkan baby Yoda mempunya jenis kulit dermatitis atopik, sehingga membutuhkan perawatan yang lebih spesifik yaitu Mustela Stelatopia yang hypoallergenic yang teruji klinis dalam dalam memperbiki kerusakan kulit serta mengatasi gatal dan kemerahan. 

Mustela Bebe hadir dalam rangkaian lengkap yang disesuaikan dengan masing masing jenis kulit. Keunggulan Mustela terletak pada inovasi kandungannya yang diformulasi khusus untuk setiap jenis kulit bayi,

Selain bahan aktif yaitu Avocado Perseose di setiap produknya, Mustela juga secara spesifik menggunakan formula dan bahan aktif yang berbeda untuk setiap jenis kulit. Bahannya alami dan Mustela berkomitmen tidak menggunakan bahan yang aman buat kulit juga lingkungan. Mustela merupakan satu satunya produk legkap untuk setiap jenis kulit bayi dan expert dalam perawatan kulit bayi. Berikut produk Mustela Bebe untuk setiap jenis kulit bayi. 92% bahannya berasal dari alam dari semua produk Mustela Bebe. Beberapa bahan aktif lainnya dri produk Mustela yaitu Bunga Matahari, Lupin, Shea, dan Lidah buaya.



KULIT NORMAL

kenali-jenis-kulit-bayimu-dan-cara-merawatnya-mustela-natrarahmani




KULIT KERING

Kulit kering ditandai dengan bersisik, kasar, bahkan terkadang mengelupas. Makanya diperlukan perawatan lebih ekstra dibandingkan kulit normal. Tidak hanya melindungi kulit tapi juga mengembalikan kelembapan kulit. Spesifik bahan untuk kulit kering dari Mustela selain Avocado Perseose juga mengandung Cold Cream untuk nourish kulit bayi. Produknya adalah Gentle Soap wih Cold Cream, Nourishing Clenasing Gel with Cold Cream, Nourishing Cream with Cold Cream, Nourishing Lotion with Cold Cream.

kenali-jenis-kulit-bayimu-dan-cara-merawatnya-mustela-natrarahmani

KULIT DERMATITIS ATOPIK

Kulit dermatitis atopik ditandai dengan sangat kering, timbul bercak kemerahan, bahkan gatal. Untuk menangani masalah tersebut Mustela mengeluarkan produk Stelatopia yang bebas bahan pengharum> Selain Avocado Perseose juga mengandung bunga matahari yang fungsinya menenangkan kulit dan merawat kulit bayi. Terdiri dari Stelatopia Cleansing Cream, Stelatopia Mily Bath Oil, Stelatopia Emmolient Balm, dan Stelatopia Emmolient Cream.

kenali-jenis-kulit-bayimu-dan-cara-merawatnya-mustela-natrarahmani
RANGKAIAN MUSTELA MATERNITY

Tidak hanya untuk bayi, Mustela juga memberikan perlindungan bagi ibu selama masa kehamilan dan pasca melahirkan. Berbagai permasalahan yang dihadapi selama masa kehamilan yaitu stretch marh, kaki pegal, dan kulit yang melar saat kehamilan. Selama masa kehamilan adalah momen magical bagi seorang ibu, maka tak luput dari perubahan fisik dan hormonal yang menimbulkan masalah kulit dan rasa tidak nyaman. Jadi tidak perlu drama untuk merawat kulit semenjak kehamilan. Apalagi soal stretch mark yang menjadi momok menakutkan bagi ibu.

Maka dari itu Mustela mengeluarkan rangkaian khusus maternity dengan kandungan utama avocado peptide yang berfungsi mengencangkan kulit dan menjaga elastisitas kulit. Semua produk Mustela Maternity sudah terjamin keamannnya untuk ibu hamil dan janinnya. 

Produk Mustela diimpor dan didistribusikan oleh PT. Interbat  yang sudah berdiri sejak tahun 1984. PT. Interbat merupakan distributor tunggal Indonesia yang memasarkan perusahaan farmasi besar di Eropa. Dan menjadi produsen farmasi independen pertama di Indonesia yang memproduksi 280 dalam berbagai dosis dan bentuk sediaan dalam kelas terapi yang luas. 


REVIEW PRODUK MUSTELA DAN TESTIMONI PEMAKAIAN


kenali-jenis-kulit-bayimu-dan-cara-merawatnya-mustela-natrarahmani

Saat menghadiri event Mustela, para peserta undangan Mom Blogger Community mendapat goodie bag. Terdapat beberapa produk yang menjadi kebanggan dari Mustela dengan tipe kulit bayi. Alangkah senangnya saya karena produk tersebut sangat tepat dengan kebutuhan kulit Nayla yang memang dari awal masa kelahiran sudah mempunyai kulit kering. Jenis kulit ini turunan dari ayahnya (genetik).

Kulitnya kasar dan jika jatuh meninggalkan bekas luka bersisik. Kasian melihat Nayla seperti itu. Kulit kering itu ada beberapa faktor ya Mom bisa karena faktor genetik, lingkungan yang kotor, atau penggunaan produk yang tidak tepat. Makanya diperlukan pengenalan kulit agar bisa langsung merawat dan melindungi. Berikut produk yang saya terima dan sudah dicoba pemakaian selama 2 minggu :
kenali-jenis-kulit-bayimu-dan-cara-merawatnya-mustela-natrarahmani

Gentle Soap with Cold Cream

Ini merupakan sabun batang pembersih dengan bahan Avocado Perseose dan Cold Cream nutrient. Fungsinya adalah membersihkan kulit sekaligus memberi kelembapak esktra bagi kulit kering. Aromanya khas mustela yang menenangkan. Waktu mandi pun jadi lebih bonding dengan anak karena formulanya yang lembut.

kenali-jenis-kulit-bayimu-dan-cara-merawatnya-mustela-natrarahmani
Cara pemakaian : Basahi badan dan kulit bayi menggunakan air suam suam kuku. Oleskan sabun di sekujur tubuh sampai berbusa. Ratakan ke seluruh tubuh dengan gerakan lembut. Basuh hingga bersih. Bisa digunakan bahkan dari bayi baru lahir.  Tidak pedih ke mata.

Sabun pembersih ini adalah sabun batang dengan bentuk kotak lumayan padat dan besar. Kesan pertama kali saat diaplikasikan ke kulit Nayla adalah teksturnya yang lembut dan creamy. Wanginya enak banget. Hasilnya, beneran kelihatan kulit Nayla jadi lebih lembab bahkan pemakaian baru satu kali. Secinta itu sama produk ini. Kulit Nayla pun jauh berkurang dan baret baret karena kering sudah nggak begitu kelihatan. Apalagi daerah tangan dan pipi. Itu baru pemakaian satu hari ya.

Karena hasilnya yang signifikan aku rutin memakai hingga sekarang. Bahkan berniat untuk repurchase kedepannya jika sudah habis. Dan menambah koleksi dari seri Cold Cream ini yaitu Body Lotion untuk perawatan sehabis mandinya.


Mustela Newborn Starter Kit

kenali-jenis-kulit-bayimu-dan-cara-merawatnya-mustela-natrarahmani

Produk ini merupakan mini size unuk bayi yang baru lahir. Bagi ibu yang cari produk Mustela khusus newborn dengan travel size bisa banget dicoba seri yang ini yang mengandung bahan Avocado Perseose. Kesemuanya memang rangkaian newborn kita dari awal mandi hingga lotion.  Terdiri dari 4 buah produk untuk merawat kulit bayi, yaitu :
  • Mustela Gentle Cleansing Gel (50ml) : memberihkan tubuh dan kulit bayi dengan lembut dan tidak pedih di mata. 
  • Mustela Hydrabebe Body Lotion (50ml) : Diaplikasikan pada kulit bayi sehabis mandi sehari dua kali. Berfungsi untuk melembabkan dan melindungi kulit bayi. 
  • Mustela Barrier Cream (10ml) : Mencegah dan meredakan ruam popok.
  • Mustela Hydrabebe Facial Cream (5ml) : Melembabkan dan melindungi kulit wajah bayi sejak baru lahir.  Aplikasiakn pada kulit wajah sehabis mandi dan langsung terasa manfaatnya.

Mustela Massage Oil

kenali-jenis-kulit-bayimu-dan-cara-merawatnya-mustela-natrarahmani

Ini merupakan minyak pijat (massage oil) yang khusus melembabkan dan melembutkan kulit bayi. Dengan kandungan minyal bunga matahari , minyak alpukat, dan minyak delima membuat minyak pijat ini angat cocok buat kulit bayi bahkan bayi baru lahir. Bahannya sangat alami ya mom dan hypoallergenic jadi nggak usah takut memijat bayi kita. . Wanginya enak banget. Acara pijat memijat jadi lebih menyenangkan deh. Aku suka gunakan ini pada Nayla ketika dia selesai mandi.


kenali-jenis-kulit-bayimu-dan-cara-merawatnya-mustela-natrarahmani

Cara penggunaan : Cukup semprotkan minyak ke tangan, gosokkan terebih dahulu pad kedua telapak tangan dan langsung bisa digunakan untuk memijat bayi. Biarpun namanya minyak ini tidak greasy/lengket sehingga bayi pun nyaman. Wanginya yang berasa spa bikin ibu dan bayi menjadi rileks. Dan merangsang sensorik bayi dengan nwngi dan pijatan ibu. Dengan berat 110 ml. ini bisa jadi investasi buat bayi kita nih. Gak perlu pake banyak banyak yang penting mencukupi.

Tidak hanya untuk Nayla saja, tetapi aku juga gunakan ini untuk abangnya yang punya jenis kulit dermatitis atopik. Dengan kandungan utamanya, membuat kulit Aidan menjadi lebih lembab dan melindungi dari kemerahan. Message Oil dari Mustela ini cepat menyerap loh dan meninggalkan kesan lembab yang nyata. Sekarang pijat memijat tidak pernah semenyenangkan ini. Dan ini beneran kepuasan pribadi.


kenali-jenis-kulit-bayimu-dan-cara-merawatnya-mustela-natrarahmani


Mustela Barrier Cream


kenali-jenis-kulit-bayimu-dan-cara-merawatnya-mustela-natrarahmani
Ini adalah perawatan khusus untuk nappy area atau skincare untuk area selangkangan. Kulit bayi pasti pernah mengalami ruam popok dan kemerahan yang membuat tidak nyaman bahkan bisa menangis. Rasa perih yang dirasakan saat penggunaan diapers terlalu lama. Mustela Vitamin Barier cream ini fungsinya untuk mengurangi triggers yang menjadi penyebab ruam popok pada bayi. 

Dengan kandungan tiga bahan yang bersama sama melindungi kulit bayi yang sensitif terhadap iritasi. Yaitu avocado perseose, minyak bunga matahari, dan axeoline of alcae, sekaligus zinc oxide. Prevent, Relieve, and Repairs begitu fungsi utama dari vitamin baririer cream ini. 

Produk ini ajdi penyelamat buat Nayla yang masih ketergantungan dengan diapers. Penggunaan yang terlalu lama dan bahkan ada beberapa tekstur diaper yang bergesekan, membuat ruam popok keras terjadi. Sekitar  selangkangannya beberapa kali pernah kemerahan dan lumayan menganggu untuk masa aktifnya. Aku aplikasikan setiap hari saat menganti diapers, hanya dipake sedikit saja diarea selangkangan. Sudah jarang sekali nayla nggak nyaman pake diapers.

Jadi mom sudah tahukah #ApaJenisKulitBayimu ?

 INFO DETAIL MUSTELA

Brand : Mustela
Distributor : PT.Interbat
Instagram : @mustelaindonesia
Facebook : Mustela Indonesia
Offline&Online Store : Mothercare, Guardian, Viva Generic, Century, Watsons, Baby Shop terdekat, orami.com, JDID