Bagi sebagian orang, memilih tabir surya bukanlah perkara mudah. Terlebih saat ini bank pilihan tabir surya dari berbagai merek di pasaran. Belum lagi mitos tentang tabir surya dan sinar ultra violet yang juga tak kalah banyak beredar dan tak jarang menimbulkan kesalahpahaman di masyarakat. Untuk membantu anda memilih tabir surya maka ketahuilah terlebih dahulu apakah SPF tersebut. 

SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. SPF dalam sebuah produk pelindung matahari akan memberitahu anda sebaik apa produk tersebut dalan melindungi kulit anda dari sengatan matahari. Pada sebuah produk tabir surya biasanya akan tertulis anger SPF seperti SPF 15 tau SPF 30. Jadi apa sebenarnya maksud dari angka tersebut?

Angka SPF sebenarnya hanya berurusan dengan sinar ultra violet B dari matahari. Ultraviolet B artinya ultraviolet "Burning" yang berarti pembakaran. Sinar UVB ini adalah yang menyebabkan terjadinya masalah kulit sunburn (terbakar matahari) dan kemerahan. Angka SPF adalah penentu seberapa lama Anda dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut. Jadi, jika biasanya anda membutuhkan waktu sekitar 15 menit sampai kulit anda mulai terbakar matahari tanpa dilindungi apapun. Apabila anda menggunakan tabir surya dengan SPF 10 produk tersebut akan memperpanjang waktu anda hingga 10 kali lipat lebih lama sebelum terbakar atau 15 x 10= 150 menit alias 2,5 jam. Dan seterusnya. 

Semakin tinggi angka SPF juga tidak mengindikasikan seberapa kuat perlindungan yang disediakan oleh produk SPF tersebut. SPF 10 melindungi anda dari terik matahari sama baiknya dengan SPF 15 atau SPF 30 sekalipun. Menurut Dr. James Spencer, dokter kulit asal Amerika Serikat tidak ada SPF yang mampu melindungi kulit dari sinar UVB hingga 100%. SPF 15 menghalangi 94% UVB, SPF 30 menghalangi 97% dan SPF 45 menghalangi 98% UVB. Angka SPF lebih dari itu tidak bermanfaat lagi. 

Namun, pada kenyataannya orang-orang akan lebih memilih produk tabir surya dengan angka SPF lebih tinggi karena menganggap memberikan proteksi terhadap kulit dari UVB lebih tinggi. Tapi, pada orang-orang yang memilih tabir surya dengan angka SPF tinggi cenderung tidak memakai ulang tabir surya tersebut akhirnya kulit tersebut juga akan mengalami kerusakan karena pengaruh dari UVB. 

Jadi, apabila ingin memilih tabir surya, tidak masalah anda memilih tabir surya dengan angka SPF berapapun namun jangan lupa untuk mengaplikasikannya kembali bahkan untuk produk tabir surya dengan tulisan SPF 50 sekalipun. Namun, untuk kegiatan sehari-hari memang paling sesuai memakai tabir surya dengan SPF 15-30 saja.