interlac-probiotics-untuk-kesehatan-cerna-si-buah-hati-natrarahmani

Sebagai seorang ibu, tentunya banyak hal yang mesti dipikirin dalam satu waktu. Multi-tasking udah jadi makanan sehari hari. Apalagi menyangkut kebutuhan anak. Mulai dari pakaian, makanan, mainan, dan sekolah. Insting ibu berkali kali lipat menjadi lebih peka apalagi kalau anak sudah jatuh sakit. Para mommy pasti setuju, kalo anak udah sakit, kita tidurnya kurang pun dijabanin. Demi melihat buah hati sehat dan ceria lagi. Apalagi bayi dan balita sering banget terkena diare ataupun sembelit. Liat anak lemes, kita lebih lemes. Mending penyakitnya pindah ke kita aja deh kalo bisa. Betul kan Mom?

Tepat pada tanggal 12 Oktober  2018 lalu aku menghadiri undangan dari Mom Blogger Community dan INTERLAC Talkshow dengan tema "Mengenal Fakta dan Cara Penanganan Sembelit Pada Bayi dan Anak". Acara ini termasuk dalam rangkaian acara Mombee Fair 2018 yang diadakan di  Main Atrium Centre Point Medan pada pukul 16.00 - 17.00. Turut mengundang narasumber ahli yaitu Dr.Evelin dan Muhammad Nurhadi selaku Branch Manager Interlac.

interlac-probiotics-untuk-kesehatan-cerna-si-buah-hati-natrarahmani

Dokter Evelin mengupas tuntas seputar kesehatan saluran cerna si Kecil dengan mengungkap bagaimana gangguan saluran cerna yang sering dialami bayi dan anak. Seperti diare, sembelit, dan kolik yang kerap menjadi bulan bulanan para ibu. Acara ini mengalir dengan intense dan interactive. Saya duduk paling depan bersemangat untuk menyerap ilmu dan baru tahu beberapa fakta tentang saluran cerna.

FAKTA MENGENAI SALURAN CERNA

Dalam islam ada hadis yang membahas soal perut adalah sumber penyakit dan berkaitan erat dengan pola makan. Kenyataannya adalah kesehatan saluran cerna sangat penting bagi kesehatan, karena 80% imun terdapat di daerah tersebut. Penyebabnya bisa karena gaya hidup yang tidak seimbang, stress, penggunaan antibiotik dalam jangka panjang, dan lingkungan yang kotor.

Jadi kalau kesehatan saluran cerna terganggu pasti menimbulkan banyak penyakit. Terlebih bagi anak bayi juga balita, gangguan saluran cerna kerap terjadi di masa masa emas mereka seperti sembelit, diare, kolik, kembung, bahkan gumoh. Liat anak kalo udah sakit, ibu harus ekstra perhatian agar cepat sembuh dan kalo bisa terhindar lagi penyakit yang sama.

GANGGUAN PENCERNAAN PADA BAYI DAN ANAK

Yang baru saya ketahui bahwa gangguan saluran pencernaan pada bayi dan balita sering terjadi dikarenakan memang sistem pencernaan mereka memang belum sempurna. Terlebih kalau diare dan sembelit adalah momok menakutkan bagi para ibu karena bisa menimbulkan dehidrasi akut dan merupakan penyakit nomor satu yang menyerang bayi dan balita. Hiiiih seremnya. Penyebab diare bisa dikarenakan tidak mendapat asi ekslusif, alergi, susu yang tidak pas, lingkungan yang kotor, flu, dan konsumsi antibiotik.

Selain itu, bayi dan anak anak sangat rentan terkena sembelit. Sudah tau belom apa itu sembelit ? Sembelit adalah suatu kondisi tertahannya feses (tinja) dalam usus besar dengan frekuensi dan konsistensi tertentu karena adanya kesulitan dalam pengeluaran. Tanda tanda sembelit bisa diperhatikan dari berkurangnya BAB, Tekstur feses, perut yang tidak nyaman, rewel, dan khusus bayi menolak asi karena perutnya penuh.  

Penyebabnya bisa dari berbagai faktor. Mulai dari perubahan susu formula, dehidrasi atau kurang minum air putih, kurang makanan berserat, kondisi medis, dan perubahan pola makan. Khusus anak aku,  Aidan sembelit kadang terjadi karena kurangnya asupan air putih. Jadi sedih kalo dia udah kesakitan perutnya dan menangis ketika mau BAB.
interlac-probiotics-untuk-kesehatan-cerna-si-buah-hati-natrarahmani

Untuk menangani masalah tersebut adalah dengan memberikan probiotik yang merupakan suplemen makanan,  untuk meredakan gangguan pencernaan bayi dan anak.  Lebih baik mencegah daripada mengobati kan. Fakta yang baru saya pelajari juga di event Interlac Talkshow kemaren adalah bayi yang dilahirkan secara c-section lebih rentan terkena gangguan saluran cerna dibandingkan yang lahir normal. Waduh, langsung dag dig dug karena dua anak saya jalannya lahir caesar. Dokter Evelin menjelaskan bahwa anak yang lahir normal melewati liang area kewanitaan ibunya saat proses melahirkan. Dimana area tersebut terdapat banyak bakteri baik yang berguna bagi ketahanan tubuh si bayi mendatang. Sementara bayi yang lahir melalui jalan caesar tidak melewati fase tersebut, jadi sangat rentan terkena gangguan saluran cerna karena kurangnya bakteri baik.

Selain itu penemuan medis terbaru, bayi yang lahir secara caesar lebih rentan terkena asma dan alergi. Pantes Aidan kulitnya lumayan sensitif terhadap lingkungan yang kotor. Langsung kemerahan atau gatal. Duuuh semakin banyak tau, aku semakin ketatkan pengawasan ini.
Ilmu baru ini bikin saya baru menyadari kenapa dahulu kedua anak saya terkena kolik yang lumayan lama dan berlangsung hampir setiap hari. Apalagi anak saya yang pertama, dahulu terkena kolik dan menangis terus terusan di waktu magrib dalam durasi 1-2 jam. Berlangsung selama 3 bulan makanya saya parno banget kalo udah menjelang malam, karena pasti Aidan nangis terus terusan. Sempet saya stress loh. Karena dulu mikirnya ini ada hubungannya dengan dunia mistis (jangan ditiru ya saya emang parno waktu itu).

Penuturan Dr.Evelin tentang fakta tersebut jadi membuat saya banyak belajar akan hal baru. Bahwa emang penjelasannya sangat masuk diakal dan tamparan keras (kok baru tau sekarang).  Terutama lebih aware untuk meningkatkan kesehatan saluran cerna pada buah hati. Salah satu cara yang baik adalah memberikan probiotik.

APA ITU PROBIOTIK?

Mikroorganisme hidup yang bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penggunanya . WHO 
interlac-probiotics-untuk-kesehatan-cerna-si-buah-hati-natrarahmani

Peran probiotik sendiri adalah melindungi dan memelihara kesehatan saluran cerna, serta meneruskan makanan yang sudah ditelan agar bisa dicerna. Cara kerjanya probiotik sendiri adalah menggantikan bakteri baik yang hilang dalam tubuh dan menyeimbang bakteri jahat dan bakteri baik agar tubuh berfungsi normal. Nah biasanya probiotik bisa ditemukan dalam yogurt, susu, tempe, acara, kefir, dan juga suplemen.

Probiotik berbagai jenisnya. Ada yang sudah teruji manfaatnya dan ada yang masih belom ada dukungan scientific untuk klaim kesehatannya. Dalam pemilihan probiotik untuk kesehatan, penting untuk melihat bukti uji klinis sampe ke tingkat strain. Jadi nggak sembarangan agar fungsi nya juga tepat guna nih.

Probiotik bukan obat melainkan suplemen makanan yang bisa dikonsumsi harian ya. Takarannya pun disesuaikan karena biasanya satu drop aja udah mengandung ratusan bakteri baik. Dan sudah teruji secara klinis dan BPOM. Karena ini bukan obat, jadi pengunaannya bisa banget dicampur ke susu, air, atau makanan. Tapi tetep harus ikutin petunjuk dalam kemasannya, biar lebih dahsyat kan hasilnya. 

Syarat Probiotik
  • Bakteri yang digunakan berasa dari manusia
  • Tidak bersifat patogen
  • Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
  • Mampu menempel pada dinding usu
  • Menghasilkan zat antimikroba dan meningkatkan sistem imunitas tubuh
  • Tahan terhadap proses produksi dalam pembuatan sediaan
  • Secara genetik stabil


INTERLAC PROBIOTICS


interlac-probiotics-untuk-kesehatan-cerna-si-buah-hati-natrarahmani

Pada saat talkshow kemaren. Bapak Moh.Nurhadi selaku Branch Manager Interlac memberikan penjelasan lengkap mengenai INTERLAC Probiotics. INTERLAC merupakan produk suplemen probiotik yang berasal dari Stokholm - Swedia. Berada dalam naungan perusahaan BIOGAIA yang merupakan perusahaan bioteknologi yang memproduksi probiotik jenis Lactobacillus Reuteri dan dikenal sebagai World Leader in Probiotics.



Secara umum, L. Reuteri ini bisa didapatkan bayi saat dilahirkan secara normal dan asi ibu. Karena keadaan modern, populasi yang mempunyai kolon L.Reuteri secara organik.  Karena itu Lactobacillus Reuteri di dalam INTERLAC diakultus dari ASI Ibu di suku Andes, Peru yang tidak terpapar polusi.  L. Reuteri dari INTERLAC sudah dipatenkan  oleh BioGaia dengan tingkat strain. Dalam artian telah teruji secara klinis dan banyak diteliti di dunia, serta kemanannya terjamin untuk bermacam macam indikasi. Itu salah satu beda INTERLAC dengan probiotics jenis lain di pasaran.

Interlac sendiri sudah tersebar di 90 negara dan merupakan produk satu satunya di Indonesia yang mengandung Lactobacillus Reuteri Protetics.   Interlac dipasarkan di Indonesia melalui kerjasama BioGaia dengan PT.Interbat.
interlac-probiotics-untuk-kesehatan-cerna-si-buah-hati-natrarahmani

Terdapat berbagai varian dari INTERLAC Probiotics yaitu  Interlac Oral Drops ( bayi usia 0-12 bulan),  Interlac Serbuk Sachet ( anak berumur 1-3 tahun), Interlac Tablet Kunyah Strawberry dan Lemon  ( anak dan dewasa di atas usia 4 tahun).  Apa sih spesialnya probiotik satu ini? Berikut aku paparin ya kelebihan dari INTERLAC Probiotic

  1. INTERLAC satu satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung probiotics  Lactobacillus Reuteri Protectics. L. Reuteri Protectics merupakan salah satu probiotics yang paling banyak diteliti di dunia dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia.
  2. INTERLAC tidak mengandung prebiotik, karena L.reuteri mampu bertumbuh dan berkoloni dengan baik didalam tubuh tanpa bantuan prebiotik. Berbeda dengan probiotik lain yang dipasarkan juga sebagai synbiotic, yaitu mencampurkan probiotik dengan prebiotik.
  3. INTERLAC sudah mendapat sertifikat GRAS (Generally Recognize as Safe) dari US FDA yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan. Keamannya sudah terjamin karena telah dipilih oleh dokter di 90 negara sebagai probiotik paling direkomendasikan bahkan untuk bayi di ruangan NICU yang dimana tidak asal memberikan asupan untuk bayi prematur.
  4. INTERLAC bisa digunakan semua usia tergantung varian yang dikonsumsi. Baik bayi lahir prematur, newborn, ibu hamil dan manyusui, bayi dan anak anak, hingga dewasa bahkan lanjut usia. Konsumsinya juga disesuaikan dengan petunjuk penggunaan agar mendapat hasil maksimal.
  5. Formula INTERLAC tidak mengandung lactosa. Bayi yang baru lahir atau bayi yang lactose intorelant bisa mengkonsumsi produk ini.
  6. INTERLAC sudah teruji klinik pada lebih dari 12.754 pasien di 152 uji idinis. Seain itu, INTERLAC ini terbukti aman tanpa efek samping untuk segala usia. Mulai dari bayi prematur, bayi baru lahir, bayi dan anaka anak, remaja, dewasa, lansia. 
  7. Praktis dan ekonomis. INTERLAC Probiotik berbeda dengan probiotik jenis lain yang dimana konsumsinya bisa 1x sehari dengan dosis yang sudah ditentukan. Jadi bukan hanya digunakan saat sedang sakit. Selain itu penggunaannya pun mudah bisa dicampur dengan minuman atau makanan.

PRODUCT DETAIL

Brand : Interlac Probiotics
Lisensi : BioGaia
Diimpor  dan didistribusikan oleh : PT. INTERBAT
Instagram : @interlacprobiotics
Facebook : interlacprobiotics
Produk interlac dapat dibeli 
Guardian, Viva Healts, Baby shop (offline)
Mothercare.co.id, JD.id, Orami ( onlines shop)


MENGENAL PRODUK INTERLAC PROBIOTICS

Sejujurnya, aku baru berkenalan dengan #interlacprobiotics saat menghadiri INTERLAC talkshow tanggal 12 Oktober lalu. Temen temen sudah banyak yang konsumsi untuk anaknya dan mereka rekomen sekali dengan produk ini. Saking penasarannya saya pun mencoba memberikan ketiga variannya buat kedua anak saya. Dengan pemberiannya selang seling. Berikut saya jelaskan varian dari INTERLAC Probiotics ini sebagai #temanbaikususmu

INTERLAC ORAL DROP ( UMUR 0 - 3 TAHUN )

Ini yang paling bikin penasaran, karena baru kali ini nemuin probiotik dalam bentuk oral drop. Pas banget buat anak bayi yang baru lahir sampai bayi berumur satu tahun. Jadi nggak pake drama buat nyuapin anak INTERLAC  Oral Drop ini . Cara penggunaanya, dikocok terlebih dahulu agar probiotiknya melebur dengan minyak. Cukup 5 tetes sehari  dan dianjurkan menggunakan sendok untuk konsumsinya. Tidak berwarna dan tidak berasa.
interlac-probiotics-untuk-kesehatan-cerna-si-buah-hati-natrarahmani

Kedua anak aku yang saat ini berusia hampir 3 tahun dan juga umur setahun konsumsi oral drop dari interlac ini. Karena si abang duluan diminumkan, adek pun semangat karena liat abangnya. Penggunaannya aku selang seling (2 hari sekali). Lebih bagus lagi memang setiap hari. Untuk satu botol Interlac Oral Drop ini bisa sampe 125 tetes dalam kurun waktu 25 hari ya. Karena hanya penggunaan sekali sehari saja jadi ini termasuk hemat sih sama aku. PAO nya adalah 3 bulan, tapi jika masih keadaan tersegel Interlac Oral Drop ini bertahan sampe 18 bulan. Sebaiknya disimpan dalam suhu 25C agar kandungannya tetap terjaga.

INTERLAC SERBUK SACHET ( Anak umur 1-5 tahun)

interlac-probiotics-untuk-kesehatan-cerna-si-buah-hati-natrarahmani

Khusus yang sachet aku berikan ke anak sulungku. Untuk urusan minum obat dia paling demen dan semangat ketika disuapkan. Cara penyajiannya, dicampurkan sedikit dengan air dan dikonsumsi menggunakan sendok. Dosis 1 sachet untuk sehari. Jangan lupa pake sendok ya saat diberikan ke anak agar dosis probiotik lebih optimal masuk kedalam tubuh,.Ini juga atas saran Bapak Hadi  selaku Branch Manager Interlac. Tapi bisa juga dicampur dengan susu atau air mineral asalkan dalam kondiri tidak panas. Yang bertujuan menjaga bakteri baiknya tetap bekerja optimal.

INTERLAC TABLET KUNYAH STRAWBERRY (Anak berumur 6-12 tahun)
interlac-probiotics-untuk-kesehatan-cerna-si-buah-hati-natrarahmani

Ini berbentuk tablet dan dikonsumsi sehari sekali atau sesuai anjuran dokter.  Satu kotak dari INTERLAC ini mengandung 30 tablet kunyah. Karena anak aku belom cukup umurnya, jadi belum digunakan. Satu box terdapat isi 30 tablet. Rasa strawberry nya enak buat diemut dan anak anak pasti suka. Salah satu andalan buat anak yang sudah super aktif di hari harinya. Simpan dibawah 25C. 


INTERLAC TABLET KUNYAH LEMON ( Dewasa)

Sama dengan rasa strawberry, bentuknya tablet kunyah rasa lemon. Cocok buat dikonsumsi dewasa dalam dosis 1 tablet sehari. Ini bisa jadi andalan buat aku nih dan ayah anak anak. Untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan meningkatkan imun. Karena bukan hanya anak anak yang perlu dijaga, tapi terkadang ayah dan ibu lupa buat memperhatikan diri sendiri. Plusnya,  INTERLAC ini praktis Praktis seperti mengunyah permen. Bisa dilakukan disela sela kesibukan kan mom.

REKOMENDASI PEMAKAIAN


 INTERLAC ini sangat praktis dan ekonomis. Dikonsumsi selama 1 kali sehari. Penggunaannya bisa setiap hari dan disesuaikan dengan kebutuhan si kecil ya mom. Berikut anjuran pemakaiannya untuk berbagai jenis kebutuhan :
  • Diare : 5 hari pemakaian
  • Konstipasi : 2 minggu pemakaian
  • Gumoh : 4 minggu pemakaian
  • Kolik : 3 minggu pemakaian
TESTIMONI PEMAKAIAN PRIBADI

Produk pertama yang jelas bikin aku penasaran yaitu Interlac Drop. Saat pemberian pertama kali kepada anak aku yang bungsu, bertepatan pula dengan diare hari pertama. Seharian dia BAB beberapa kali dengan konsistensi lumayan cair, badannya pun lemes karena kurangnya cairan. Akupun langsung memberikan Interlac drop dengan cara diberikan menggunakan sendok dan hanya 5 tetes saja. Hari ketiga, diare nya berangsur pulih dan sdah aktif lagi kesana kemari. Tidak ada pemberian obat khusus mengatasi diare. Hanya interlac drop dan asupan makanan.

interlac-probiotics-untuk-kesehatan-cerna-si-buah-hati-natrarahmani

Karena nggak berasa, jadi muda banget memberikan interlac ini. Padahal nayla paling susah dikasih obat, karena rasanya yang bikin dia kaget karena berbeda dengan asi. Dengan ini, malah nggak nolak sama sekali.  Nyesal banget kenapa baru tau tentang INTERLAC. Tapi lebih baik tahu sekarang daripada nanti nanti kan.Karena udah merasakan efeknya yang dahsyat, aku selalu membawa kemanapun pergi apalagi saat ke kampung. Selain menyembuhkan diare, bonusnya nafsu makannya makin bertambah. Senang melihat dia makan dengan lahap.
interlac-probiotics-untuk-kesehatan-cerna-si-buah-hati-natrarahmani

Untuk abangnya yang punya riwayat beberapa kali kena sembelit karena kurang asupan cairan, saya berikan Drop dan juga sachet. Dengan jarak berseling tergantung persediaan dan kebutuhan. Hasil pemakaian rutin selama dua minggu, kedua anak aku berat badannya mulai naik perlahan seiring nafsu makannya yang bertambah. Alhamdulilah BAB nya pun lancar tanpa kendala. Tidak rentan terkena batuk dan pilek padahal cuaca sekarang lagi pancaroba. Sebentar panas, sebentar hujan. Dan lebih aktif dalam menjalani hari hari. Karena nafsu makannya yang bertambah, berat badannya pun mulai cepat menanjaknya. Ini jadi andalan buat keluarga ku.  Terima kasih Mom Blogger Community dan Interlac atas kesempatannya. Mom disini, sudah adakah yang pernah coba?

INTERLAC PROBIOTICS
www.interlac-probiotics.com
IG : @interlacprobiotics