Ciri Ibu Hamil Muda 1 Bulan

Rekan kerja saya nampak antara khawatir dan bahagia. Usut punya usut ia terlambat datang bulan. Hmm, apakah ia sedang hamil muda? Apa saja ciri hamil muda 1 bulan?

ciri orang hamil
Ciri ibu hamil muda 1 bulan (dok. Ashton Mullins on Unsplash)

Untuk mengetahui apakah ibu sedang hamil atau tidak, umumnya sebagai acuan adalah dengan mengenali gejala awalnya yaitu terlambatnya datang bulan. Terlambatnya datang bulan memang sebagai salah satu tanda awal terjadinya kehamilan tetapi sebenarnya ini bukan faktor utama yang bisa dijadikan sebagai acuan jika telah terjadinya kehamilan. Pasalnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan datang bulan terlambat seperti naik turunya hormon, salahnya pola makan, kondisi stres yang sedang dialami, atau karena faktor yang lainnya. Supaya tidak merasa bingung maka simak ciri ciri hamil muda 1 bulan berikut ini:

1. Akan mudah lelah 


Para ibu yang sedang hamil muda akan merasakan tubuhnya cepat lelah, hal ini dikarenakan terjadinya perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron saat hamil sehingga akan mempengaruhi terhadap fisik seorang perempuan hamil. Oleh sebab itu meski ibu hamil muda hanya melakukan aktivitas yang ringan tetapi ibu akan merasakan tubuhnya mudah lelah. Ini merupakan ciri ibu hamil pada saat masih berusia 1 minggu. 

2. Akan mengalami kram perut 


Para ibu hamil muda juga akan merasakan perutnya sering merasa kram. Umumnya kram perut yang terjadi itu sifatnya ringan dan rasanya itu seperti pada saat akan mengalami menstruasi. Saat saya hamil muda anak pertama, rasanya ada yang aneh di perut. Kerjaan tiap pagi cuma diam di kamar sambil memegangi perut. Bukan mulas tetapi kok ga sembuh-sembuh. Rupanya setelah tes memakai test pack, saya positif hamil. 

Kram perut yang terjadi ini akan sangat mengganggu sehingga untuk mengatasinya bisa dengan cara mengompreskan bantal penghangat pada bagian perut dan yang terpenting adalah beristirahat yang cukup. 

3. Akan semakin membesarnya payudara dan semakin lembut 

Pada saat hamil muda 1 bulan juga terjadi perubahan fisik seperti akan mengalami rasa nyeri atau bahkan sekitar dada atau payudara akan merasa ngilu. Bentuknya pun akan berubah yaitu menjadi lebih besar dan pada saat dipegang terasa lebih lembut. Gejala ini menurut dunia medis merupakan gejala umum yang mengindikasikan sedang hamil muda. 

4. Terjadinya perubahan pada tubuh 


Pada saat terjadinya kehamilan, postur tubuh akan mengalami perubahan bentuk yaitu akan berbeda dengan postur tubuh pada saat sedang tidak hamil. Perubahan postur tubuh itu seperti semakin membesarnya tubuh, membesarnya pantat, dan juga payudara. 

Itulah tanda tanda hamil muda pada perut bagian bawah. Selain itu masih ada tanda yang lainnya seperti mengalami morning sickness, dimana seorang ibu hamil akan merasakan mual muntah yang akan terjadi di pagi hari ketika ibu baru bangun tidur. Kondisi ini akan dialami ibu hamil hingga menjelang siang hari. Untuk lebih meyakinkan diri, segera cek kehamilan dengan test pack dan konsultasi ke dokter kandungan. Menyiapkan gizi bagi buah hati sedini mungkin itu penting karena 1000 hari pertama kehidupan telah dimulai sejak anak dalam kandungan.