Ngomongi dunia per-fashion-an, salah satu must have item yakni sepatu. Meski hanya sebagai alas kaki, ternyata banyak orang justru suka mengoleksi sepatu. Kaya saya juga sih... Makanya, bukan cuma rajin beli sepatu, saya juga harus siap merawatnya. Apalagi sepatu wanita bentuknya macem-mecem gitu. Belum juga kalau punya sepatu warna putih. Duh, ribet deh merawatnya.

Tahu sendiri kan, kalau warna putih akan lebih cepat kotor dibandingkan warna lainnya. Jadi kalo kamu agak -agak jorok, wah mesti harus  waspada supaya sepatu putihmu nggak mudah kumal.

Tetapi tenang, kalau kamu bingung bagaimana cara membersihkan sepatu putih, kamu simak saja  beberapa cara dan tips berikut ini:

1. Menggunakan Alkohol 70 persen

Ya, kalau mengalami masalah dengan noda yang membandel pada sepatu putihmu,  nggak ada salahnya untuk mencoba menghilangkannya dengan bantuan bahan medis ini. Yakni dengan alkohol.  Tentunya alkohol ini bukan untuk diminum ya. Jaga juga agar tidak terhirup terlalu banyak. 

Nah, caranya mudah nih untuk menghapus noda membandel. Kamu hanya perlu menyiapkan kapas yang dimasukkan ke dalam cairan alkohol tersebut, lalu oleskan secara perlahan pada noda yang membandel pada sepatu putihmu.

2. Menggunakan Semir Sepatu

Pakai semir sepatu itu cara paling praktis untuk membersihkan sepatumu. Hal yang perlu diingat bahwa gunakan semir sepatu khusus untuk sepatu putih ya, jangan keliru menggunakan semir sepatu untuk warna hitam atau warna gelap lainnya. Bisa bisa warna sepatumu berubah.


3. Gunakan pula Campuran Air dengan Sabun

Memang kita tidak dapat mengelak bahwa terkadang kita pun bisa saja terjebak pada jalanan berlumpur.. Atau bisa saja dengan tidak sengaja menjejakkan kaki di tanah yang basah atau becek. Kalau seperti itu kejadiannya, jelas deh sepatu putihmu bakal kotor banget.

Makanya, sesampai di rumah coba campurkan air dan sabun ke dalam wadah. Lalu rendamlah sepatu putih kesayanganmu selama semalaman. Cuci dan bilas keesokan paginya, dan kamu akan mendapatkan warna sepatu putihmu menjadi cemerlang kembali.

Baca Juga : 4 Masker Oke kamu Wajib Coba


4. Sikat Noda yang Membandel

Selain butuh perawatan yang ekstra, sepatu putih  juga harus senantiasa dijaga. Menyikat sebuah sepatu memang terkadang butuh tenaga ekstra. Gunakan sikat khusus untuk mencuci sepatu, bila masih terdapat bagian-bagian ternoda yang terselip dan tak bisa terjangkau. Oiya, kamu juga dapat menggunakan sikat gigi bekas untuk meraihnya.


5. Gunakan Penghapus

Cara lain untuk menghapus noda pada sepatu berwarna putih adalah dengan menggunakan penghapus. Caranya pun mudah, cukup gosok secara perlahan dengan arah yang berlawanan dengan arah noda. Cara ini cocok untuk sepatu putih berbahan suede.

Baca Juga : Cara Merias Mata dengan Tepat


6. Menggunakan Bahan Pemutih

Bahan pemutih bisa membuat sepatu putih yang kotor jadi bersih kembali. Coba kamu buat konsentrasi sebanyak 1 banding 5 antara pemutih dengan air. Lakukanlah proses perendaman, lalu bilas seperti biasa. Hati-hati ya dengan bahan pemutih. Untuk beberapa orang, bisa menyebabkan iritasi jika terkena tangan.

Nah, dari beberapa cara membersihkan sepatu putih di atas, cara mana nih yang biasa kamu gunakan?

Oiya, kalau kamu mau tahu sepatu yang wajib dikoleksi wanita, baca deh artikel ini : https://review.bukalapak.com/fashion/trendy-7-jenis-sepatu-wanita-ini-wajib-dikoleksi-21304


Let's be friends!

Instagram | Facebook | Twitter

See you on the next blogpost.




Thank you,