Pergi gelap, pulang pun gelap. Kalimat yang tepat untuk suami saya beberapa bulan lalu. Suami bekerja di bidang food & beverages di sebuah mall di Jakarta Utara, hampir pinggir laut tepatnya. Tiap hari, Depok - Jakarta Utara menjadi rute perjalanannya dengan comutterline dan transjakarta. Jadwal kerja pun tak nentu. Hari ini bisa masuk pagi, esok atau lusa bisa saja masuk siang. Weekday libur, weekend atau tanggal merah di kalender pun masuk kerja juga. Inilah risiko orang yang bekerja di restoran. Saya jadi pegal sendiri melihat rutinitas suami. Waktu kebersamaan dengan anak - anak juga terbatas. Seringnya suami pergi dan pulang kerja saat anak-anak sedang tertidur pulas. Saya dan suami pun jarang berkomunikasi langsung, seringnya lewat WhatsApp saja. Saya mulai merasa butuh ngedate bersama keluarga agar lebih bahagia.

Kami jarang pergi berempat lho


Indeks Kebahagiaan Keluarga Indonesia


Memiliki kualitas hubungan dengan keluarga, teman dan orang-orang sekitar itu penting. Sebuah kunci kebahagiaan seseorang ada disitu. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), indeks kebahagiaan orang Indonesia mengalami peningkatan dari 68,28 pada tahun 2014 menjadi 70,69 pada tahun 2017 dengan skala 0-100. Data tersebut saya peroleh dari press conference SUNDATE Let's Have Fun Together (Jakarta, 30 Agustus 2018).



Menghadirkan ibu Elin Waty selaku Presiden Direktur Sun Life, Shierly Ge selaku Marketing Officer Sun Life dan Intan Erlita seorang psikolog dan penulis buku. Acara pun lancar berkat panduan MC Robbi Purba. 

Indeks kebahagiaan orang Indonesia disusun oleh 3 dimensi yaitu Kepuasan Hidup, Perasaan, dan Makna Hidup. Keharmonisan keluarga dilihat dari dimensi kepuasan hidup sosial yang memiliki nilai dan pengaruh paling tinggi pada kebahagiaan seseorang sebesar 80,51 (data BPS tahun 2017). Angka yang cukup besar ya.

Salah satu studi terpanjang dan terlengkap yang pernah ada, Harvard Study of Adult Development menyatakan bahwa memiliki hubungan yang dekat dan berkualitas dengan keluarga dan orang terdekat membuat seseorang menjalani hidup dengan lebih sehat dan bahagia.


Kiri-kanan : Elin Waty, Shierly Ge dan
Intan Erlita

Saya setuju sekali dengan hasil studi tersebut karena saya mengalami momen yang kurang bahagia karena suami sibuk dengan rutinitasnya. Ada rasa iri dengan keluarga lainnya saat akhir pekan bisa pergi bersama. Saya hanya bisa mengelus dada, suatu weekend nanti keluarga kami lengkap pergi bersama.

Kadang semesta tak mendukung, suami libur kerja tapi saya malah berangkat kerja. Begitu terus tiap kali merencanakan liburan. Untungnya anak-anak tidak merasa kesepian atau ditinggal karena ada ayah atau ibunya yang mendampingi.

Baca juga : Buku Digital ParenThink


Come to SUNDATE Let's Have Fun Together


Menyambut Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada tanggal 4 September 2018 lalu, PT Sun Life Financial Indonesia ("Sun Life") menggelar kegiatan SUNDATE bagi para nasabahnya. Wah, asyik nih bisa kumpul bersama keluarga  saat akhir pekan. Kegiatan yang kaya manfaat pastinya.





SUNDATE itu apa sih?

SUNDATE merupakan kegiatan yang difasilitasi oleh Sun Life Financial Indonesia untuk keluarga para nasabahnya dengan tujuan meningkatkan kebahagiaan individu dan keluarga. Sebagai wujud apresiasi Sun Life atas loyalitas nasabahnya, dengan memberikan pengalaman menyenangkan bersama keluarga sekaligus mempererat sebagai mitra perencana keuangan terpercaya keluarga, memanfaatkan hari Minggu untuk meluangkan waktu bersama keluarga dan melakukan aktivitas seru.

Dari tahun 1995 PT Sun Life Financial Indonesia telah menyediakan berbagai produk proteksi dan pengelolaan kekayaan yang meliputi asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan perencanaan hari tua. Tujuan Sun Life yang jelas ingin membantu para nasabah mencapai kemapanan finansial dan menjalani hidup yang lebih sehat. Tiap tahun Sun Life Financial Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan di pasar  di mana beroperasi.

"Sun Life memahami pentingnya keharmonisan keluarga dalam membantu meningkatkan kebahagiaan seseorang, karena sejalan dengan dengan misi Sun Life untuk membantu keluarga Indonesia meraih kehidupan yang lebih baik. Karenanya, kami menginisiasi aktivitas SUNDATE sebagai sarana menjalin keakraban anggota keluarga  sekaligus meningkatkan kebahagiaan dan kepuasan nasabah, khususnya di momen Hari Pelanggan Nasional" jelas ibu Elin Waty.

melatih kecepatan menyusun gelas

Meskipun indeks kebahagiaan meningkat, namun lifestyle menggeser kebiasaan orang dalam memaknai kebahagiaan dalam keluarga. Memang sih tiap orang berbeda memaknai kebahagiaan dalam kehidupan. Bahkan ada orang yang genggamannya tidak bisa lepas dari gadget. Penggunaan gadget yang overdose membuat keluarga yang dekat jadi jauh dan sebaliknya. Gawai itu cepat sekali mengalihkan perhatian terhadap lingkungan sekitar.

Baca juga : Tips Menggunakan Socmed dan Internet


Psikolog dan penulis buku, Intan Erlita menyampaikan, "Rutinitas pekerjaan DNA aktivitas sehari-hari, ragam peran yang dijalani, hingga gawai yang tak pernah lepas dari genggaman, secara perlahan memberikan jarak antar individu dalam keluarga. Padahal kebahagiaan sesungguhnya ada pada hubungan antar anggota keluarga di dunia nyata. Maka konsep SUNDATE  menjadi solusi yang tepat untuk mengembalikan kebahagiaan sesungguhnya dengan merancang waktu khusus untuk menjalankan ragam aktivitas menyenangkan seluruh anggota keluarga. Tentunya dibutuhkan komitmen dan kerjasama dari semua elemen keluarga serta melalui proses perencanaan yang matang dan cermat".

Memanfaatkan hari Minggu untuk jadi momen ngedate bersama keluarga untuk mengembalikan kebahagiaan keluarga. Jadi, jangan ngedate berduaan saja ya, ajak keluarga juga. Menciptakan momen ngedate bareng keluarga itu nggak perlu mahal dan pergi jauh kok. Bisa mengunjungi taman bermain, nonton film di bioskop atau di rumah, masak bersama atau bisa ke luar kota bagi yang sudah punya perencanaan waktu dari jauh-jauh hari. Seru kan.


Kompak bermain bakyak

Shierly Ge mengatakan, "Selain ditujukan bagi nasabah setia kami, inisiatif SUNDATE kami hadirkan sebagai sebuah ajakan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, untuk membangun hubungan yang berkualitas bersama keluarga dan orang terkasih dengan memanfaatkan akhir pekan. Ajakan ini sejalan dengan komitmen Sun Life dalam membantu masyarakat menikmati setiap momen dan tahap kehidupan yang lebih nyaman. Wujudkan keluarga sehat dan bahagian, #LebihBaik Sekarang!"


SUNDATE Hadir Di Kota Anda


Come to SUNDATE

Pasti banyak nih yang ingin hadir di acara #SUNDATE2018 diselenggarakan di 5 kota besar di Indonesia. Untuk wilayah Jakarta, SUNDATE sudah diselenggarakan bulan Agustus. Namun bagi yang tinggal di kota Yogyakarta, Surabaya, Bali dan Medan SUNDATE segera hadir. Tunggu saja ya.

Kegiatan SUNDATE melibatkan sekitar 3000 nasabah Sun Life dan keluarganya. Sebagai bentuk apresiasi Sun Life terhadap nasabahnya, 3 keluarga beruntung akan terbang ke Jepang dan menikmati perjalanan bersama keluarga pada bulan Oktober nanti. Wah,serunya bisa ke luar negeri rame-reme. Saya harus jadi nasabah Sun Life dulu nih.

Sebagai penutup Bu Elin Waty berharap kegiatan SUNDATE dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk meluangkan waktu khususnya pada hari Minggu. Menikmati momen kebersamaan keluarga agar lebih terencana dan membentuk generasi Indonesia yang lebih baik dan lebih bahagia.


***