Assalamu'alaikum...

Sahabat Ummi...

Siapa yang doyan mangga? Samaan dong. Tapi, saya lebih suka aroma kuini, dan rasa asam manisnya. Jadi, sesekali nggak ada salahnya untuk menyantap buah mangga dengan cara yang beda, yaitu dibikin asinan mangga. Yap, jadi makin kaya rasa, ada manis, asam, pedes nyatu semua di lidah. Cara bikinnya juga gampang banget lho.

Bahan dan cara pembuatan asinan mangga:
  • 2 buah mangga mengkal dipotong-potong
  • 3 buah rawit merah, sejumput garam, 2 cm terasi. Semua dihaluskan.
  • Setelah itu, bumbu halus tadi dimasak ke dalam panci yang berisi 700 lt air, tambahkan 1 buah asam jawa, 1 sdt cuka, dan 2 sdm gula pasir.
  • Selanjutnya, setelah matang dan dingin, campuran kuah tadi dengan potongan mangga. Tambahkan perasan jeruk kasturi. Simpan di dalam wadah, masukkan ke dalam kulkas, biarkan semalam agar kuah meresap ke buah mangga. Keesokannya tinggal disantap dingin-dingin. 
Gimana sahabat Ummi... beneran gampangkan ^__^