“Pi, kita liburan yuk. Aku butuh liburan dan vitamin Sea.”, pinta saya kepada suami. Karena anak-anak mulai sekolah jarang sekali kami bisa pergi berlibur. Terakhir kami pergi camping di Ciwidey, Bandung bersama anak-anak. Anak saya pun angkat bicara, “iyaa.. papi, Owen mau camping di Pantai sambil bawa bucket.”

Akhirnya saya dan suami memikirkan dan merencanakan liburan bersama. Terakhir kita pergi jauh waktu anak pertama masih berumur 9 bulan, waktu itu kami pergi ke Bali. Jadi kami memutuskan untuk membawa anak-anak naik pesawat dan liburan di pantai dengan suasana yang baru. Kami pun memutuskan berlibur ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Saya pun langsung browsing dan mencari informasi yang harus disiapkan, karena saya membawa anak-anak. Mengapa kami memilih Labuan Bajo menjadi destinasi liburan kami? Simak yuk alasannya…

Baca Juga : Tips Membawa Bayi 40 Hari untuk Traveling

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

labuan bajo
Pict. From Pixabay

Saat browsing informasi tentang Labuan Bajo, saya langsung jatuh cinta melihat pemandangannya. Seperti surga dunia, salah satu pulau yang sangat indah di Indonesia. Ternyata Indonesia kaya dengan alam yang keren dan cantik, ya.

Menurut Wikipedia, Labuan Bajo merupakan salah satu desa dari sembilan desa dan kelurahan yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Dulunya Labuan Bajo merupakan kelurahan sekaligus ibukota Kecamatan Komodo. Sekarang sudah menjadi Kota Labuan Bajo.

komodo island
Pict. From Pixabay

Labuan Bajo merupakan pintu masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK). Selain itu, Taman Nasional Komodo juga masuk dalam World Heritage UNESCO dan menjadi 7 keajaiban dunia. Karena reptil komodo ini hampir punah, hingga dibuatkan TNK untuk melindungi mereka. Sampai sekarang jumlah mereka sudah mencapai 2.000 ekor.

Kenapa bisa dinamakan “Labuan Bajo”? Karena ada suku dari Sulawesi yang tinggal di pesisir Nusa Tenggara Timur, yang bernama Suku Bajo. Sehingga menjadi Labuan Bajo, yang artinya tempat berlabuh Suku Bajo. Tapi sekarang sudah hidup bersama dengan warga asli Flores, jadi isinya bukan hanya orang dari Sulawesi saja.

Tempat Wisata di Labuan Bajo

Selain Taman Nasional Komodo, kami sekeluarga ingin bermain ke tempat yang lain juga. Jadi saya browsing tempat wisata yang bagus dan ramah untuk anak-anak. Akhirnya, saya memilih tempat wisata ini untuk kami kunjungi.

Pink Beach

pink beach
Photo by Paul Matheson on Unsplash (Pink Beach)

Saat mendengar namanya saya sangat tertarik untuk ke sana. Karena pasirnya yang berwarna pink atau merah muda. Ternyata pantai yang pasirnya berwarna merah muda ada di 7 negara di dunia, lho. Jadi dari pada jauh-jauh pergi ke negara lain, lebih baik mengunjungi di Indonesia saja dulu.

Selain saya ingin melihat pasir yang berwarna pink itu, Pink Beach ini masih dalam Kawasan Taman Nasional Komodo. Jadi kalau bawa anak sangat memudahkan tidak perlu melewati perjalanan yang jauh lagi.

Disana selain anak bisa bermain pasir, mami dan papinya bisa gantian untuk diving atau snorkelling di Pink Beach. Katanya pemandangan bawah lautnya juga tidak kalah bagusnya, banyaknya berbagai macam jenis ikan laut, terumbu karang, dan binatang laut lainnya. Ternyata warna pink pada pasirnya karena pecahan biota laut dan kerang yang ada di sana.

Pulau Padar

padar island
Pict. From Pixabay

Tempat selanjutnya yang ingin kami kunjungi yaitu Pulau Padar. Yang katanya hampir berdekatan dengan Taman Nasional Komodo. Kami sangat terpaku dengan pemandangan yang dapat dilihat dari atas bukit di Pulai Padar. Suami yang suka foto landscape sangat tertarik untuk foto sunset dan sunrise di sana.

Kalau Anda browsing di internet atau Instagram, pasti menemukan spot yang tepat untuk berfoto di bukit Pulau Padar ini. Karena bukit Pulau Padar ini instgramable banget, makanya saya penasaran dan tentu saja ingin berfoto di sana, hihihi.

Hotel Labuan Bajo

Tempat akomodasi menjadi hal yang paling terpenting, apa lagi membawa anak-anak. Jadi kami memilih untuk memilih Hotel di Labuan Bajo. Untuk mempermudah aku memesan tiket pesawat dan Hotel di Traveloka. Supaya semuanya lebih mudah dan sekalian bayar. Selain itu, saya juga sudah cek harga di sana-sini. Ternyata Hotel Traveloka lebih murah dan pilihan hotelnya pun lebih lengkap, tinggal kita memilih sesuai budget dan kebutuhan.

Cara Memesan Hotel di Traveloka

Untuk memesan hotel di Traveloka sangat lah mudah. Berikut langkah-langkahnya, yaitu :

  1. Log-in dengan account Traveloka dan Klik Hotel.
hotel traveloka
Cara Memesan Hotel di Traveloka
  • Ketik di kolom pencarian tempat tujuan atau nama hotel yang ingin dituju.
hotel traveloka
Masukkan Tempat Tujuan atau Nama Hotel
  • Pilih hotel yang diinginkan sesuai kebutuhan dan budget.
hotel traveloka
Cari dan Pilih Hotel sesuai budget
  • Klik “Book Now” untuk hotel yang akan di pesan.
hotel traveloka
“Book Now” hotel yang sudah dipilih
  • Lalu melakukan pembayaran melalui ATM, Internet Banking, atau Mobile Banking.

Cukup mudah kan caranya, karena saya membawa anak-anak jadi saya mengklik pilihan “Family Friendly”. Supaya pilihan hotel yang keluar itu yang menyediakan Family Room.

Akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada Hotel “De Chocolate Labuan Bajo”. Karena tempat ini Family Friendly, dekat dengan airport, harga cukup terjangkau, dan pemandangan yang disajikan hotel cukup bagus.

Persiapan untuk Liburan ke Labuan Bajo

Setelah mencari tempat wisata yang akan dikunjungi dan mencari hotel, saya harus membuat list barang yang harus dipersiapkan. Karena membawa anak-anak traveling itu agak-agak repot bawaannya, untungnya mereka sekarang sudah mulai besar jadi bisa bawaannya tidak sebanyak waktu mereka masih bayi.

Barang yang harus di bawa, yaitu :

  1. Pakaian anak. Saya biasanya akan membawa lebih baju. Karena cuaca di sana cukup panas, jadi saya mempersiapkan dengan jumlah lebih.
  2. Wajib banget membawa sunblock untuk orang tua dan anak-anak, supaya kulit kami akan tetap aman terjaga dari matahari.
  3. Kacamata Hitam. Selain sunblock, kacamata hitam ini sangat penting. Karena cuaca di pantai akan lebih panas, memakai kacamata akan menolong kita saat melihat.
  4. Bucket dan permainan pasir lainnya. Ini yang perlu di bawa, karena Owen sangat menginginkan moment ini untuk bisa bermain pasir.
  5. Obat dan Vitamin Anak. Walaupun anak-anak sehat, aku selalu menyiapkan vitamin dan obat-obatan untuk pertolongan pertama, seperti paracetamol.

Itu dia rencana perjalanan dan liburan kami. Semoga semua rencana liburan kami dapat berjalan dengan lancar. Kalau Anda ingin merencakan liburan juga, cobain yuk browsing atau mencari hotel di Traveloka. Karena menurut saya sangat recommended banget. Karena cari hotelnya tidak ribet, pembayaran mudah, cepat, dan pilihan hotelnya pun lengkap di seluruh Indonesia bahkan di dunia.

Selamat merencakan liburan bersama keluarga, karena liburan itu sangat penting, lho. Untuk mempererat hubungan antar keluarga dan akan ada cerita baru nan seru, apa lagi bersama anak-anak.