Semua orang tentunya menginginkan hidup sehat. Namun tanpa disadari, pola hidup yang mereka lakukan sehari - hari tidak mendukung untuk kesehatan tubuh mereka. Itulah yang saya alami beberapa waktu lalu. Saya terlalu menikmati asyiknya serta berbagai kemudahan fasilitas yang didapatkan pada zaman modern ini. Memesan makanan secara online tengah malam, menghabiskan waktu dengan bermain gadget lupa waktu, dan masih banyak kebiasaan buruk lainnya yang pada akhirnya membuat tubuh saya menjadi tidak sehat.

Sekitar 3 bulan yang lalu, saya merasakan dampak negatif pada tubuh saya. Di usia yang baru 26 tahun, saya sering merasa kesakitan pada beberapa bagian tubuh. Dimulai dari sakit maag, nyeri pada pinggang dan juga beberapa bagian pada kaki seperti lutut, paha, dan masih banyak lagi. Saat itu saya mulai sadar bahwa pola hidup saya tidaklah sehat. Sebelum terlambat, saya memutuskan untuk mengubah pola hidup saya menjadi lebih baik. Tidak mudah untuk mengubah kebiasaan yang telah dilakukan selama bertahun - tahun. Namun saya menemukan beberapa cara yang mudah dan praktis untuk memulai hidup sehat.

1. Terapkan pola makan yang teratur dan sehat
Dengan kesibukan yang kita miliki, sering kali kita melewatkan jadwal makan. Sampai disaat kita merasa sangat lapar, barulah kita makan dan seringkali dalam porsi besar untuk menggantikan porsi makan sebelumnya. Hal itu sangatlah tidak benar dan bisa membuat lambung anda menjadi sakit. Sesibuk apapun kita, makan harus tetap teratur. Biasakan untuk memulai hari anda dengan sarapan. Tidak perlu dengan porsi yang besar, semangkuk smoothie bowl yang kaya akan nutrisi alami dari buah - buahan sudah cukup untuk memenuhi porsi makan di pagi hari. Pada saat makan siang, isilah perut anda dengan 1 porsi makanan sehat dengan kandungan serat, protein, dan karbohidrat yang seimbang.  Tubuh anda sangat membutuhkan gizi tersebut untuk melanjutkan aktivitas harian anda. Untuk menu makan malam, cobalah untuk mengurangi karbohidrat, dan diusahakan untuk tidak makan terlalu malam. Pada malam hari tubuh anda akan beristirahat total, jadi beri selang waktu yang cukup jauh antara jam makan malam dan jam tidur anda.

Contoh menu harian sehat

2. Banyak minum air putih
Ini adalah salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Dengan memperbanyak konsumsi air putih, dapat mengeluarkan "racun - racun" yang secara tidak sadar masuk ke dalam tubuh. Selain itu air putih juga dapat mencegah dehidrasi pada tubuh, terutama pada saat cuaca panas. Supaya anda dapat mengetahui berapa banyak jumlah air yang anda minum setiap hari, anda dapat menggunakan botol minum ukuran 1,5 liter. Biasakan untuk minum minimal 2 botol air tersebut setiap harinya, untuk mencukupi kebutuhan air pada tubuh anda.

3. Konsumsi buah dan sayuran
Seringkali kita melewatkan buah dan sayuran dalam porsi makanan kita. Padahal buah dan sayuran juga termasuk makanan yang sangat berguna bagi kesehatan. Jika anda tidak menyukai buah dan sayuran, anda dapat membuat segelas jus campuran buah dan sayur setiap hari, untuk memenuhi nutrisi vitamin yang terkandung di dalamnya.


4. Minum vitamin untuk melengkapi kebutuhan gizi
Vitamin adalah salah satu cara mudah untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Nutrisi yang kita dapatkan dari makanan sehari - hari, tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin 100%. Oleh sebab itu, konsumsi vitamin juga diperlukan untuk melengkapi nutrisi dari makanan. Anda dapat mengkonsumsi multivitamin, minyak ikan, dan juga kalsium untuk menjaga kesehatan dan daya tahan pada tubuh anda. Letakkan 3 macam vitamin ini di tempat yang mudah terlihat, agar anda tidak lupa untuk mengkonsumsinya setiap pagi setelah sarapan.

3 macam vitamin yang penting untuk menunjang kesehatan
5. Lakukan olahraga ringan
Hidup sehat tidak hanya bisa didapatkan dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Olahraga juga memiliki peranan penting untuk membuat tubuh menjadi sehat. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Cukup dengan melakukan beberapa gerakan pemanasan dan juga jalan kaki di pagi hari selama 15 menit. Dengan melakukan olahraga ringan, tubuh kita akan menjadi lebih lentur sehingga tidak mudah terserang rasa sakit seperti salah urat, nyeri sendi, dan juga pegal - pegal.


5 cara tersebut telah saya terapkan dalam beberapa bulan terakhir, dan saya telah merasakan dampak positif dari cara - cara tersebut. Sebenanya ada satu cara lagi yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hidup sehat, yaitu donor darah. Ada banyak sekali manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh. Selain untuk kesehatan tubuh, dengan melakukan donor darah kita dapat membantu orang - orang yang sedang membutuhkan darah. Namun sayang sekali saya memiliki anemia dan juga tekanan darah rendah, sehingga saya tidak kuat dan selalu lemas setelah melakukan donor darah.



Situs www.doktersehat.com
Jika anda telah melakukan 5 cara di atas namun ingin menambah cara lain untuk mendapatkan tubuh yang sehat, anda dapat mencari inspirasi dengan membaca website DokterSehat. DokterSehat merupakan situs yang menyediakan informasi - informasi yang berhubungan dengan kesehatan. Situs ini merupakan salah satu inspirasi saya untuk memulai #AksiSehatCeria. Yuk kita mulai hidup sehat, agar terhindar dari berbagai penyakit.