Hai moms, gimana kabar si kecil? Semoga sehat selalu ya. Kali ini aku mau ngomongin tentang kesehatan saluran cerna. Kebetulan tanggal 28 September 2018 kemarin aku mengikuti event Interlac di Pakuwon Mall Surabaya dengan tema “Cara Mengatasi Masalah Gangguan Pencernaan”. Sepertinya belum banyak moms yang tahu bahwa ternyata 80% dari sistem imun terletak di saluran pencernaan, lho! Itulah kenapa penting banget menjaga kesehatan saluran cerna. Tidak hanya pada orang dewasa, kesehatan saluran cerna pada bayi juga perlu dijaga.

PicsArt_10-15-08.42.36

PicsArt_10-15-08.41.22

Narasumber yang hadir pada acara Interlac ini diantaranya dr. Intan Diana Sari selaku Head of Medical PT. Interbat dan Bapak Moh. Nurhadi selaku Brand Manager Interlac. Dr. Intan mengatakan bahwa gangguan pencernaan dapat dipicu oleh bakteri, virus, ataupun karena imunitas tubuh yang rendah. Apabila saluran pencernaan terganggu maka dapat mengakibatkan diare, sembelit, kembung, sakit perut, bahkan kolik dan gumoh pada bayi. Aku jadi ingat saat Reynand newborn sampai usia 2 bulan, hampir setiap malam menangis tanpa henti, bahkan bisa berjam-jam. Sedih sekali rasanya. Aku sempat notice apa ini yang dinamakan kolik? Tapi saat itu aku belum kenal dengan probiotik Interlac, huhu. So, sekarang aku bakal sharing ilmu yang aku dapat di acara Interlac.

PicsArt_09-15-06.38.27
Sumber: Instagram @interlacprobiotics

Hati – Hati Diare
Kita sebagai orang dewasa saja tersiksa saat diare, terlebih bagi bayi dan anak-anak. Kalau anak diare terlihat dari pup-nya yang lebih cair tidak seperti biasa. Khawatir banget pastinya sebagai orangtua saat anak terkena diare.

Sebenarnya apa saja sih penyebab diare? Penyebab utama diare pada anak biasanya disebabkan oleh Rotavirus, infeksi dari benda kotor, alergi, konsumsi susu formula (sufor), keracunan bahkan akibat konsumsi antibiotik. Kita tidak boleh menyepelekan masalah diare karena saat pencernaan terganggu maka kesehatan kita pun akan menjadi buruk secara keseluruhan. Anak yang sedang terkena diare pun bisa kekurangan cairan tubuh dan sangat berbahaya bagi kesehatannya.

Apa itu sembelit ?
Salah satu permasalahan dalam saluran cerna adalah sembelit. Sembelit atau konstipasi adalah kondisi tertahannya feses (tinja) dalam usus besar dengan frekuensi dan konsistensi tertentu karena adanya kesulitan dalam pembuangan. Yah bahasa simple-nya sembelit itu susah buang air besar (BAB).

Tanda-tanda sembelit diantaranya berkurangnya frekuensi buang air besar (BAB), perut tidak nyaman, bila terjadi pada anak maka anak jadi rewel, tekstur feses cenderung lebih keras dan pada bayi, biasanya bayi menolak minum susu atau makan MPASI karena perutnya penuh dan tidak nyaman.

Apa saja kah penyebab  sembelit ? Sembelit bisa disebabkan karena efek trauma misal takut ke kamar mandi atau takut dengan air, perubahan pola makan (biasanya terjadi pada bayi yang memulai MPASI), perubahan susu formula, dehidrasi, kurang bergerak (anak yang pasif lebih besar kemungkinan terkena sembelit), adanya kondisi medis tertentu.

Lalu Bagaimana cara mengatasi sembelit? Bisa dengan pemberian obat suppositoria ( obat yang dimasukkan lewat anus), memperbanyak minum air mineral, pijat perut bayi dengan pijat ILU (I Love You), makan dengan pola makan yang seimbang (konsumsi serat seimbang), toilet training serta mengkonsumsi probiotik.

Apa itu PROBIOTIK?
Moms, sudah pada tahu apa itu probiotik? Apa sih bedanya dengan prebiotik maupun sinbiotik? Kita ulas ya!
– PROBIOTIK
Menurut WHO, probiotik adalah bakteri hidup yang dapat memberikan efek kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora saluran cerna.
– PREBIOTIK
Merupakan makanan probiotik yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, mampu memicu aktivitas dan pertumbuhan yang selektif, terhadap bakteri penghuni kolon. Prebiotik pada umumnya adalah karbohidrat, contoh : oligosakarida/fructooligasaccharide (FOS)
– SINBIOTIK (Eubiotik)
Merupakan kombinasi probiotik dan prebiotik

Syarat-syarat Probiotik yang Baik
Nah apa saja sih yarat-syarat probiotik yang baik? Kalau menurut WHO, syarat probiotik yang baik adalah sebagai berikut:
– Berasal dari manusia
– Dapat bertahan hidup di saluran cerna
– Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu
– Menghasilkan zat antimikroba
– Mampu melawan bakteri jahat
– Terdokumentasi penelitian klinis yang baik

Manfaat Probiotik
Nah, untuk memperbaiki kesehatan saluran cerna maka tubuh kita memerlukan kandungan bakteri baik (probiotik) yang banyak. Manfaat probiotik antara lain:
1. Menstimulasi produksi antibodi
2. Meningkatkan sistem imun
3. Melawan toxin, alergan dan mikroorganisme berbahaya
4. Membantu proses pencernaan

Manfaat diatas sangat sejalan dengan slogan Interlac yaitu Healthy Tummy Baby With INTERLAC. Produk probiotik Interlac merupakan solusi pada permasalahan saluran cerna baik bagi bayi, anak-anak maupun orang dewasa.

PicsArt_09-15-06.36.50.jpg
Sumber: Instagram @interlacprobiotics

Pada acara talkshow Interlac kemarin, ada satu fakta yang membuatku kaget banget karena ternyata ada perbedaan jumlah bakteri baik pada bayi yang lahir secara normal dengan bayi yang lahir secara operasi sesar! Dimana jumlah bakteri baik pada bayi lahir secara normal jauuuh lebih banyak karena saat melewati vagina ibu, bayi terpapar bakteri baik yang tumbuh di daerah tersebut. Gimana moms kaget juga nggak? Hehe. Jadi kalau moms melahirkan secara sesar dan anaknya bisa nangis berjam-jam even udah di gendong, ada kemungkinan mengalami kolik yang disebabkan kurangnya jumlah bakteri baik dalam tubuh bayi.

Penemuan medis terbaru juga mengungkapkan bahwa bayi yang lahir dari operasi sesar lebih beresiko terkena alergi dan asma. Tetapi jangan khawatir karena pemberian probiotik dapat menurunkan risiko alergi pada bayi. Dengan begitu saluran cerna akan lebih sehat dan meningkatkan imunitas tubuh.

PicsArt_09-15-06.37.24
Sumber: Instagram @interlacprobiotics

Apakah probiotik obat? Bukan. Menurut BPOM, probiotik merupakan suplemen makanan berupa bakteri baik yang memegang peranan penting dalam kesehatan dan pencegahan penyakit pada manusia. Karena bukan obat, maka aman digunakan walau tidak ada keluhan sakit. Karena tujuan probiotik salah satunya adalah menjaga imunitas tubuh. Dosis yang digunakan sesuai anjuran di dalam kemasan ya!
Diare : 5 hari pemakaian
Konstipasi : 2 minggu pemakaian
Gumoh : 4 minggu pemakaian
Kolik : 3 minggu pemakaian

Tentang INTERLAC
interlac
Interlac adalah satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri Protectis yang aman, efektif dan sudah teruji klinis untuk segala usia, termasuk newborn!

Probiotik Interlac juga sudah mendapatkan predikat GRAS (Generally Recognized as Safe) dari US FDA, yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplemen makanan. Keren ya! Karena manfaat dan keamanan produknya, Interlac bahkan menjadi probiotik pilihan Dokter di berbagai penjuru dunia serta digunakan di unit NICU Rumah Sakit untuk terapi bayi prematur.

Kalau ada yang tanya aku kenapa harus Interlac? Jawabannya yang pertama karena Interlac adalah probiotik pilihan dokter di lebih dari 90 negara yang ada di dunia dan memenuhi semua syarat probiotik baik dari WHO dan dikenal di kalangan medis sebagai Live and True Probiotic. Alasan kedua, sudah ada lebih dari 160 uji klinis pada lebih dari 13.000 partisipan yang telah mengkonfirmasi efektivitas dan keamanan Lactobacillus reuteri Protectis pada manusia. Ketiga, formulanya bebas laktosa sehingga aman digunakan bahkan oleh bayi yang baru lahir. Keempat, praktis dan ekonomis karena hanya perlu mengkonsumsi 1x sehari. Sementara alasan kelima, Interlac tidak menimbulkan efek samping baik saat dikonsumsi bayi maupun dewasa.

Diantara probiotik-probiotik dengan jenis Lactobacillus, yang paling menonjol kelebihannya adalah strain Lactobacillus reuteri Protectis yang dipatenkan oleh BioGaia, perusahaan bioteknologi Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. Melalui kerjasama BioGaia dengan PT Interbat, Interlac dipasarkan di Indonesia sebagai satu-satunya produk suplemen probiotik di Indonesia yang mengandung Lactobacillus reuteri Protectis, solusi aman dan efektif untuk berbagai macam gangguan saluran cerna.

Varian INTERLAC
PicsArt_10-15-08.24.04
Interlac memiliki banyak varian lho moms! Diantaranya sebagai berikut:
1. Oral drops (newborn – 1 tahun)
Aturan pakai :
5 tetes, 1x sehari atau sesuai anjuran Dokter
Keterangan :
kocok dengan baik sebelum digunakan. Dianjurkan untuk menggunakan sendok. Rasa netral (plain).
2. Sachet (newborn – 3 tahun)
Aturan pakai :
1 sachet, 1x sehari atau sesuai anjuran Dokter
Keterangan :
Larutkan dalam sedikit air. Dianjurkan untuk menggunakan sendok. Rasa netral (plain).
3. Tablet kunyah (4 tahun – dewasa)
Aturan pakai :
1 tablet, 1x sehari atau sesuai anjuran Dokter
Keterangan :
Rasa netral Strawberry & Lemon.

PicsArt_10-15-08.06.57
Saat pertama kali memberikan Interlac drop pada Reynand, aku menggunakan sendok sebagai alat bantu. Kenapa tidak diteteskan langsung ke mulut? Karena takut kalau bagian mulut botol terkena mulutnya Rey, kalau seperti itu satu botol Interlac bisa jadi terkontaminasi bakteri.

Reynand langsung bisa menerima dan menelan Interlac dengan baik karena rasanya yang plain. Sekarang tidurnya jauh lebih nyenyak dan frekuensi buang air besarnya pun rutin setiap hari. Selain Reynand, akupun ikut mengkonsumsi Interlac yang berbentuk tablet. Keluhan aku sih susah buang air besar. Nyiksa bangettt deh saat pengen pup tapi nggak bisa. Huhu. Langsung minum Interlac dan selang setengah jam aku bisa pup dengan lancar. Alhamdulillah banget ya Allah.

PicsArt_10-15-10.14.40
Reynand semangat banget meraih produk Interlac

Cara Penyimpanan
Oya, untuk cara penyimpanan, simpanlah Interlac di tempat sejuk. Jangan sampai disimpan di tempat yang mudah terpapar cahaya matahari apalagi sampai mencapai suhu 40 derajat celcius karena bakteri baiknya bisa mati. Hehe.

Bisa dibeli dimana?
Pembelian offline dapat dilakukan di Guardian, Baby shops, dan Viva Health. Sementara pembelian secara online bisa didapatkan di mothercare.co.id, JD.ID, dan Orami. Untuk info lebih lanjut, silahkan kunjungi situs Interlac di bawah ini ya :
37045544453_ce7f462132_b
Website : www.interlac-probiotics.com
Instagram : @interlacprobiotics
Facebook : interlacprobiotics

Processed with VSCO with  preset
Bersama teman-teman blogger hits Surabaya dan Mom Blogger Community

[UNSET]
So happy dapet berbagai varian produk Interlac
#Interlac
#InterlacxMBC
#MomBloggerCommunity
#InterlacProbiotics
#probiotics
#probiotik
#temanbaikususmu
#diare
#kolik
#sembelit
#pencernaan
#dayatahantubuh

Advertisements