P_20180929_045322-01

Ini adalah sunscreen ketiga yang akan aku bahas di blog ini. Sunscreen ini di produksi oleh PT Rohto. yep,, merupakan salah satu skin care dari Jepang, J-beauty. Dan sejauh ini menjadi sunscreen favorit aku di antara beberapa facial sunscreen yang pernah aku coba. Harganya juga sangat-sangat terjangkau dengan kualitas yang diberikan juga ga sembarangan. Tertarik menggunakannya, karena rekomendasi dari beberapa beauty influencer yang aku ikuti instagram, dan saat nyoba dikulit sendiri eh ternyata cocok. Teksturnya juga ringan, 🙂

Yuk , simak reviewnya

Price : sekitar 50 K

Informasi dasar produk :  isi : 40 gram        SPF : 30 , PA ++, diformulasikan untuk normal to oily skin.

Ingredients (dapat dilihat dari gambar yang di screenshot dari cosdna di bawah ini)

Screenshot_20181013-144539_1P_20180929_045358-01

Pada produk ini terdapat 4 filters yang berfungsi untuk menghalangi masuknya radiasi sinar UV ke dalam kulit, dan merupakan chemicals sunscreen, filters yang terdapat di dalamnya adalah :

  1. Ethylhexyl Triazone
  2. Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate
  3. Ethylhexyl Methoxycinnamate
  4. Methylene Bis-Benzotriazolyl Tetramethylbutylphenol

produk ini juga diformulasikan dengan ingredient-ingredient yang berfungsi melembabkan kulit seperti;

  1. Glycerine ; glycerin bekerja sebagai humektan, menarik kelembapan dari luar untuk masuk ke dalam kulit.
  2. betaine : berfungsi sebagai humektan dan antiiritan pada produk kosmetik
  3. panthenol : merupakan pro vitamin B5 yang memiliki banyak fungsi untuk kulit, sebagai lubrikan, moisturizer (emollient), memiliki kemampuan untuk penetrasi (masuk) ke dalam folikel rambut dan kulit.  selain itu juga dapat menginisiasi penyembuhan luka, meningkatkan hidrasi kulit, mengurangi TEWL (transepidermal water loss) dan memperbaiki tekstur kulit.
  4. Sodium Acetylate hyaluronate : dikenal juga dengan istilah Super Hyaluronic acid, sangat baik dalam menjaga kelembapan kulit. dan juga berperan sebagai antioksidan. Hyalurnic acid ini telah dimodifikasi, sehingga melembabkan kulit 2 kali lebih baik dibandingkan hyaluronic acid biasa
  5. Arginine ; merupakan salah satu jenis asam amino esensial bagi tubuh, memiliki khasiat  antiinflamasi, mempercepat regenerasi kulit, melembapkan, dan dapat berperan sebagai antioksidan.
  6. Hydrolized collagen ; salah satu bentuk kolagen yang dapat meningkatkan elastisitas kulit (juga memiliki fungsi sebagai antiaging).

plus juga dikombinasikan dengan antioksidan , ketche abis kan? antioksidan tersebut adalah :

  1. Tetrahexydexyldecyl ascorbate adalah turunan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan, berfungsi melembabkan dan mengencangkan kulit cocok untuk mereka dengan permasalahan kulit kering dan dapat mencegah tanda-tanda penuaan seperti keriput dan fine lines serta sagging skin. 
  2. Tocopheryl acetate, adalah vitamin E, juga merupakan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kerusakan pada kulit akibat paparan radikal bebas. merupakan salah satu bentuk vitamin E yang lebih stabil

keduanya, vitamin C dan vitamin E sangat baik jika dikombinasikan dengan UV filters (produk sunscreen), kenapa? karena kedua antioksidan ini dapat memaksimalkan kerja sunscreen 2 kali lipat.

yang bikin aku jatuh cinta sama kandungan produk ini adalah pelarutnya bukan alkohol. 😀

Pelarut untuk produk ini adalah air dan silicone (cyclopentasiloxane), makanya sama sekali ga bikin kulitku iritasi, berbeda saat aku menggunakan biore UV watery essence, pasca 1 bulan penggunaan kulitku jadi perih dan gatal gitu (efek etanol ), aku sensitif terhadap turunan alkohol jahat dan konco-konconya.

tapi, bagi anda yang membenci paraben, mungkin akan tidak mau menggunakan produk ini, karena pengawet yang digunakan adalah paraben (methylparaben, dan propylparaben). Aku pribadi sih, ga begitu masalah dengan produk yang mengandung paraben, selagi digunakan dengan komposisi dan takaran yang tepat maka paraben kemungkinan besar tidak akan menimbulkan masalah bagi tubuh. Lagian belum banyak penelitian-penelitian yang mampu membuktikan risiko buruk dari paraben itu sendiri terkait penggunaanya dalam produk kosmetik (kecantikan)

CLAIMS : 

P_20180929_045345-01

Klaim produk :

Skin Aqua UV mositure Gel melembabkan sekaligus memberikan perlindungan ganda terhadap sinar UV A dan UVB.

PACKAGING

Packagingnya so cute, perpaduan warna putih susu dengan tutup hijau tosca , menjadikan botol plastik mini terkesan menggemaskan. Tutup botolnya, berupa botol ulir. Tapi, jangan kuatir tumpah, karena mulut botol dibuat cukup menonjol dan panjang, serta pada tutup terdapat kompartemen khusus yang dapat memuat kepala botol.Sehingga produk sunscreen aman terkendali (ga tumpah tumpah, atau meluber).

TEKSTUR DAN AROMA

Tekstur formula ini berupa lotion, dengan konsistensi sedikit kental namun bisa dibilang konsistensinya agak runny. sangat ringan di kulit dan juga tidak lengket, dan formulanya oil free, sehingga cocok untuk kulit berminyak. Cocok dijadikan based makeup karena teksturnya yang super duper ringan.   Warnanya putih susu dan tak beraroma (menjadi nilai plus sih karena produk ini tidak mengandung pewarna tambahan dan parfum).

REVIEW

I LOVE IT. Sama sekali tidak mengecewakan dan sesuai klaim. Ini sudah masuk botol ketiga.

kelebihan yang buat aku suka sama produk ini dan merekomendasikannya adalah :

  1. Benar-benar bikin kulitku lembab, kenyal, lembut.  elastis, ga kering, serta nyaman banget saat dipakai seharian. Mungkin karena diformulasikan dengan beberapa ingredients yang bersifat melembabkan (seperti AcHA (improved hyaluronic acid, vitamin B5, E dan C dan beberapa ingredients lain yang bersifat melembabkan (scroll up)) sehingga kulit wajah jadi ternutrisi dan sehat.
  2. Nyaman banget, formulasinya super duper ringan. sunscreen ini mudah diratakan dipermukaan kulitku, dan tidak bikin lengket. Thanks to formulanya yang waterbased sehingga memberikan kesan yang tidak lengket dan  greasy, serta mudah meresap.  Hasil akhirnya sangat natural dan memberikan kesan dewy gimana gitu. Dan , sesuai claim yang ada di label mereka, produk ini beneran cocok dijadikan based make up.
  3. Oil free formula, sehingga cocok untuk kulitku yang oily-kombinasi.. untuk kulit kering ga ada salahnya dicoba, karena meski formulanya ringan namun banyak terdapat ingredient yang melembabkan di dalamnya (walaupun mungkin nanti agak kurang nendang dalam memberikan kelembapan untuk anda yang berkulit kering).
  4. Harga terjangkau. Cuma ngeluarin kocek 50 ribuan, anda bisa mendapatkan sunscreen dengan kualitas seperti ini.
  5. Dapat melindungi dari UVA dan UVB (mengandung spf dan PA++)
  6. Ada ingredients anti aging di dalamnya, dan ini nilai plus banget bagiku. Apalagi ada kandungan vit C dan vit E yang dapat memaksimalkan kinerja sunscreen.
  7. Tidak mengandung pewarna dan parfum 🙂 MUNGKIN akan cocok nih untuk anda dengan kulit sensitif. Tidak mengandung alkohol juga loh.. (tapi hati hati juga dengan phenoxyethanol nya ya,, tetap lakukan patch/skin test) mana tau di anda ngiritasi dan bikin alergi.

Kekurangan yang bikin orang-orang mikir dua kali untuk repurchase produk ini adalah :

  1. Mengandung zat yang level keamanannya masih abu-abu seperti paraben phenoxyethanol ( phenoxyethanol ini merupakan glycol ether, yang digunakan sebagai pengawet dalam produk-produk skin care/kosmetik), ada beberpa penelitian yang melaporkan bahwa komponen ini bersifat karsinogenik dan berisiko menimbulkan iritasi pada kulit. Namun, beberapa produsen melakukan pembelaan bahwa phenoxyethanol yang mereka gunakan berasal dari ekstraksi tumbuh tumbuhan dan tidak berisiko tinggi (hal-hal seperti ini terkadang memang membingungkan, konsumen seperti saya berada dalam pilihan yang sulit, di satu sisi I love this, tapi di sisi lain hal yang masih abu-abu ini buat kepala puyeng). Kalau untuk paraben sendiri, saya ga gitu ambil pusing, karena FDA sudah menarik pernyataan terkait kanker dan paraben, dan sudah ada panel resmi yang membahas hal tersebut. Berharap pihak perusahaan terus berinovasi dan menyingkirkan ingredients yang masih abu-abu.
  2. ketahanannya tidak sebaik biore dan etude house sunprise. Mudah sekali hilang efektivitasnya saat berkeringat (karena dia water based dan tidak water proof) dan harus di reapply sesering dan setebal  mungkin saat di luar ruangan, jadinya ga hemat. 😀
  3. SPF nya cuma spf 30, dan PA ++, berharap dengan formulasi yang sama, pihak PT Rohto menguprage spesifikasinya menjadi  spf 50 dan PA++++

 

Gimana guys? tertarik untuk nyoba? atau kalian juga sudah pernah nyoba? apakah cocok di kulit kalian? atau malah sebaliknya, 😀 boleh comment dan nanya-nanya di kolom komentar ya.

 

disclaimer :: bukan promosi, mutlak opini pribadi, dan produk di beli dengan dana pribadi.