Haloo ladies!
Kali ini aku mau membagikan tips-tips seputar memilih dan menggunakan skincare dan make up baru loh!

yuk disimak!

1. Ketahui dulu tipe kulit kalian, apakah berminyak, kering, atau kombinasi. 
kalau kalian sudah tau dengan pasti tipe kulit kalian, kamu bisa memilih skin care dan make up dengan lebih baik.

2. Sebelum memilih pastikan kamu mencari tahu bahan-bahan yang digunakan dalam produk tersebut.
Apakah bahan tersebut cocok dengan kulitmu? ada beberapa bahan yang berdampak bagus di kulit si A, bukan berarti pasti akan bagus juga di kulit kamu. It doesn't work like that! Karena kulit kamu dan kulit orang lain berbeda, bahkan ketika tipe kulitmu sama, sama-sama berminyak, tapi nggak menjamin bahan tersebut akan berefek sama di kulit kalian. Jadi sekali lagi, kenali kulit kamu dan bahan yang digunakan dalam produk yang mau kamu beli. Karena akan lebih parah, bisa saja produk tersebut mengandung bahan yang bikin alergi!

3. Ini juga sangat penting loh, tolong pastikan kalau produk kamu cruelty free! Jangan sampai karna produk yang kamu beli, banyak hewan yang menderita :( Kamu bisa cek brand brand yang masih belum cruelty free dengan rajin-rajin baca artikel di internet.

4. Jangan langsung gunakan produk barumu sekaligus! 
Misalnya, kamu beli sabun muka, masker, toner, serum, krim muka yang baru mau kamu coba. Jangan langsung gunakan mereka dalam waktu yang sama. Karena kalau sampai kulit kamu break out, kamu nggak akan tau produk mana yang bikin kulitmu begitu. Hayoo, pusing kan jadinya?
Sebisa mungkin gunakan satu per satu dalam jangka waktu perhari ya. Jadi kamu juga bisa lihat efek masing-masing produk itu.

5. Jangan langsung gunakan di kulit wajah!
Nah ini juga bahaya, karena biasanya saking nafsunya kita langsung cobain ke kulit wajah kita tanpa tau produk itu cocok apa nggak.
Coba gunakan dulu di area lain seperti leher, pergelangan tangan atau bagian belakang kuping untuk melihat reaksi kulit kamu terhadap produk tersebut.
Jangan sampai kulit kamu alergi terhadap produk tersebut, dan udah keburu kamu pakai di seluruh muka. 😱

6. Cek apakah ada bahan yang kontra dengan skin care kamu lainnya. 
Jadi ada beberapa bahan skincare yang tidak bisa digabung atau dipakai berbarengan.
Misalnya, exfoliator yang mengandung AHA dan BHA tidak boleh dicampur dengan skincare lain seperti retinol atau benzoyl peroxide.
Kalau sampai kecampur, bisa-bisa kulit kamu iritasi dan bukannya membaik.

7. Pastikan kalau kulit kamu siap menggunakan si produk tersebut. Kalau mau exfoliate, pastikan kulit kamu nggak lagi kering, karena bisa-bisa malah kulit kamu luka.

8. Jangan cepat menyerah! 
Terutama kalau kamu pakai produk organik. Yang pakai bahan kimia segala macam aja butuh waktu untuk lihat hasilnya, apalagi yang organik?
meskipun prosesnya lebih lama, penggunaan produk dengan bahan organik akan lebih menguntungkan buat kulit kamu loh.
Dan satu lagi, jangan langsung menyimpulkan jerawat atau beruntusan yang keluar saat kamu menggunakan produk baru itu berarti produknya nggak cocok, bisa ajdi itu cuma purging! Terus pakai produk itu 1-2 minggu, karena biasanya setelah 1-2 minggu, kalau benar cocok si breakout akan mulai hilang. Beda kalau benar-benar tidak cocok. Nah kalau makin parah karena tidak cocok, segera hentikan pemakaian ya!

9. Temukan urutan yang tepat dalam menggunakan skin care.
Buat kamu yang pakai banyak macam skin care, pastikan urutan pemakaiannya sudah tepat ya. Jangan karena salah urutan pemakaian, akhirnya malah sia-sia.

10. Jangan malas cari review tentang produk yang kamu mau gunakan. Jangan cuma 1 review, tapi minimal 3-4 review tentang 1 produk. Karena lebih banyak penilaian dan pembahasan, maka kamu akan lebih mengenal tentang positif dan negatif produk tersebut. Nah, dari sana kamu bisa menyimpulkan sendiri apakah produk ini worth to try or not.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat ya ladies ❣️