review-viva-lulur-mandi-avocado

Apa kamu punya kandungan ekstrak tertentu yang selalu kamu cari pada setiap produk kosmetik? Jadi kalo ada bahan tersebut di dalamnya kamu akan otomatis beli produknya.

Aku punya. Menurutku produk dengan kandungan avocado oilterlihat lebih menarik. Sejauh ini aku suka dengan efek avocado oil yang bisa memberi kelembaban pada kulit. Jadi kalo nggak sengaja lihat produk yang ada gambar avocado-nya pasti aku beli, sekalipun saat itu aku nggak begitu butuh haha.

Seperti Emeron Hand& Body Lotion dan Marina Natural Hand & Body Lotion yang sudah pernah aku review sebelumnya, varian avocado-nya juga jadi favoritku. Begitu juga saat aku lihat Lulur Mandi Viva ini di rak supermarket. Tanganku otomatis terulur untuk ambil satu!

Viva Lulur Mandi Avocado mengandung kombinasi dari avocado oil, licorice extract dan moisturizeryang dapat membantu kulit tampak lebih cerah dan lembab. Dilengkapi dengan scrub lembut yang dapat mengangkat sel kulit mati sehingga menjadikan kulit bersih, terawat dan berseri. Disebutkan juga bahwa avocado oil mengandung essential fatty acid dan vitamin A, B & C yang dapat melembabkan dan melembutkan kulit. Good news untuk kamu yang suka dengan produk Halal, body scrub yang satu ini sudah punya logo Halal MUI dilabelnya.

Lulur dengan berat bersih 225 gram ini dikemas dalam jar plastik dengan label kemasan yang bernuasa hijau. Sesuai dengan variannya terdapat gambar alpukat pada label tutup dan body-nya. Saat menerima produk, kamu akan mendapati ada plastik vacuumyang meapisi bagian luar produk. Plastik ini menandakan bahwa produk yang kamu terima adalah produk baru.

review-viva-lulur-mandi-avocado

Setelah membuka bagian tutupnya, ternyata nggak ada lapisan tambahan yang biasanya aku temukan pada produk body scrub lain. Itu lho lapisan alumunium foil atau plastik transparan yang gunanya untuk menahan isi produk supaya nggak meluber keluar. Saat tutupnya dibuka kamu bisa langsung melihat isi lulurnya. Karena itu beberapa bagian dasar tutupnya terkena isi lulur. Mungkin gunanya plastik vacuum di bagian luar produk juga untuk melindungi isinya supaya nggak tumpah kali, ya?

review-viva-lulur-mandi-avocado

Label yang menempel pada kemasannya memuat informasi yang lengkap. Cukup jelas untuk membuat konsumen tau produk tersebut fungsinya apa, terbuat dari bahan apa aja dan bagaimana cara menggunakannya. Sebagai pelengkap, juga terdapat info tentang siapa produsennya, kapan tanggal kadaluwarsanya dan harus kemana jika ingin mencari informasi lebih lanjut.

review-viva-lulur-mandi-avocado


Komposisinya?
Aqua, Stearic Acid, Polyethylene, Glyceryl Stearate, Cetyl Alcohol, Glycerin, Mineral Oil, Glycyrrhiza Glabra Extract, Propylene Glycol, Perfume, Methylparaben, Propylparaben, Carbomer, Avocado (Persea Gratissima) Oil, Sodium Hydroxide, BHT.


Kamu bisa lihat irritant/acne/safety score dari bahan di komposisinya disini.

Glycerin
Bahan ini dikenal juga dengan nama glycerol. Fungsi utamanya adalah sebagai humectant dan bersifat hydrophilic (water-attacting). Glycerin dapat melembabkan kulit.

Propylene Glycol
PG pada kosmetik biasanya digunakan sebagai humectant untuk menjaga kadar air dalam produk maupun kulit sehingga bisa mempertahankan kelembaban. Disamping berbagai kontroversinya, faktanya PG tidak menyebabkan risiko kesehatan pada manusia saat digunakan pada produk kosmetik dan personal care.

Persea gratissima (Avocado) Oil
Avocado oilmempunyai manfaat sebagai antioksidan serta kandungan berupa Vit. A, D, E, lecithin, Phytosterols dan Omega 9 yang dapat membantu meregenerasi kulit dan melindungi kulit dari penuaan akibat sinar UV dan polusi. Avocado oil dikenal sangat baik untuk kulit kering karena berperan sebagai skin-conditioning agent yang dapat melembabkan kulit. Pada produk kosmetik dan perawatan kulit avocado oil banyak digunakan pada sabun mandi, eye makeup, lipstik, pembersih wajah dan perawatan rambut.


Cara pakai: Gosokkan lulur ke seluruh area tubuh secara merata dalam kondisi basah maupun kering, lalu bilas dengan air. Disarankan untuk menggunakan lulur 2-3 kali seminggu secara teratur. Setelah mengusap lulurnya ke badan, aku akan tunggu sekitar 15 menit sampai lulurnya agak mengering. Kemudian digosok sampai lulurnya berubah menjadi butiran yang nantinya akan luruh bersama kotoran yang ada di kulit. Selama proses percobaan, aku hanya menggunakan lulurnya 1 kali seminggu rutin selama 8 minggu.

Lulur Mandi Viva ini punya tekstur yang agak cair. Mudah diratakan karena nggak terlalu padat. Butiran scrubnya kecil dan nggak terasa sakit saat digosok ke kulit. Lulurnya yang berwarna putih akan berubah menjadi butiran yang warnanya bisa semakin gelap tergantung kondisi kulitmu saat dibersihkan.

review-viva-lulur-mandi-avocado

Aromanya wangi segar tapi aku nggak yakin kalo itu aroma avocadohaha. Pokoknya segar gitulah. Setelah dibilas pun, aroma wanginya masih menempel di kulit. Walaupun memang nggak sewangi saat aplikasi awal. Kulit jadi terasa lebih halus, lembut, cukup lembab. Tiga puluh menit setelah badan dikeringkan aku belum merasa kulitku kering. Tapi better tetap pakai body lotion setelahnya. Wangi lulurnya bisa bertahan hingga 1,5 jam di kulitku. Tapi ini tergantung sih, di kulit orang lain mungkin berbeda.

review-viva-lulur-mandi-avocado

Aku suka tekstur lulurnya yang nggak terlalu encer. Aku merasa komposisi air di dalamnya pas gitu. Saat dibaurkan nggak netes kemana-mana tapi juga nggak susah untuk diratakan. Kalo dibandingkan, teksturnya sedikit lebih encer daripada Lulur Purbasari tapi lebih kental dari Lulur Aishaderm. Scrubnya efektif membersihkan kulitku tanpa rasa sakit dan nggak meninggalkan bekas kemerahan setelah dibilas. Efek yang langsung terasa, kulitku jadi lebih lembut dan terasa lebih bersih. Enak banget buat dipegang, nggak kerasa sekasar sebelum pakai lulur haha.

Untuk produk dengan harga nggak sampai 15 ribu dengan berat bersih sebanyak ini aku rasa produknya cukup bagus. Sejauh ini aku belum melihat efek mencerahkan seperti yang ditulis pada kemasannya, mungkin harus pakai lebih sering lagi. Walaupun kandungan avocado oil-nya ada diurutan tiga terbawah, tapi efek moisturizing-nya bisa dibilang cukup. Mungkin ini hasil kerjasama antara bahan lainnya, seperti glycerindan propylene glycol yang memang fungsinya sebagai humectant.

Well, standar produk lulur yang ‘bagus’ bisa jadi berbeda untuk setiap orang. Tapi overall aku suka produknya. Aku juga berencana untuk coba varian lainnya. Kayaknya setelah ini mau coba varian Soybean, deh. Kalo kamu bingung mau coba produk lulur yang mana, coba produk ini deh. Ada tiga varian lain yang bisa kamu coba, Soybean, Bengkuang dan Yogurt~

Apa kamu punya standar khusus untuk produk lulur mandi (body scrub)? 


 scrub lembut
 efektif membersihkan kulit
 aroma wangi segar
 cukup untuk 8 kali pemakaian
 kulit terasa lebih halus, lembut, cukup lembab

 efek mencerahkan belum terlihat

Rating: ★★★☆☆

Where to buy? Viva Store / Supermarket
Price? Rp. 13.500