Untuk mendapatkan pengakuan dari khalayak ramai, setiap kemampuan haruslah melalui proses pengujian dan mendapatkan sertifikat resmi. Sama halnya seperti kemampuan berbahasa Inggris. Sertifikat hasil belajar bahasa Inggris sendiri biasanya penting untuk dunia pekerjaan, dan melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Sebelum mengambil tes bahasa Inggris, kenali dulu 4 jenis tes bahasa Inggris di Indonesia berikut ini.


TOEFL
Test of English as a Foreign Language atau TOEFL mungkin tes bahasa Inggris paling terkenal di Indonesia. Beberapa lembaga bahasa Inggris di Indonesia juga banyak menyelenggarakan tes ini untuk umum. Sayangnya hasil TOEFL hanya berlaku selama dua tahun saja, setelah itu maka harus mengikuti tes ulang.

IELTS
IELTS atau International English Language Testing System merupakan tes bahasa Inggris yang terdiri dari 2 versi yaitu versi akademik dan versi pelatihan umum. Versi akademik biasanya diperuntukan bagi orang-orang yang ingin melanjutkan pendidikan ke tahap lebih tinggi atau para tenaga medis seperti dokter dan perawat yang ingin berkarir di negara lain. Sedangkan versi pelatihan umum ditunjukan untuk para karyawan yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.


TOEIC
Berbeda dengan TOEFL dan IELTS. Test of English for International Communication atau TOEIC lebih menitiberatkan  ke bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari untuk orang-orang yang akan bekerja ke luar negeri. Poin TOEIC bervariasi dari 10 sampai 990.

CEFR
Common European Framework of Reference for Languages atau CEFR merupakan sebuah tes bahasa Inggris internasional bertujuan untuk memberikan penilaian atau standa bahasa Inggris mereka yang ingin memiliki skill bahasa Inggris untuk meningkatkan karir atau ingin meneruskan pendidikan ke luar negeri. CEFR memiliki skala A1, A2, B2, B2, C1, dan C2. Tes bahasa Inggris ini bisa ditemukan di platform pembelajaran bahasa Inggris Neo Study. Selain disertai sistem tes CEFR, Neo Study juga memiliki fitur lain agar belajar bahasa Inggris lebih mudah dan efektif. Fitur tersebut adalah pembelajaran adaptif, pengenal suara canggih, dan Neo Live dimana para pelajar dilatih langsung oleh native speaker.


Tes CEFR tersedia gratis di Neo Study. Untuk mencobanya Anda hanya perlu mendaftarkan diri dengan mengklik tautan ini.