Udah pernah mendengar nama Pasuruan belom sih kalian? Beberapa dari kalian mungkin akan lebih kenal bahwa pasuruan tempat kelahirannya Inul Daratista si Goyang Ngebor. That’s Right. Coba deh sesekali dateng ke Pasuruan, Ke Bromo? Nah, kalian pasti bingung kan kalo kesini trus mau bawa oleh oleh apa? 

BIPANG? 
Ceritanya, Bipang ini bersumber dari istilah Tiongkok. Bi yang merujuk pada beras. Pang merujuk pada wangi. Beras wangi dong? Yaps, betul sekali. Kalo kalian melihat penampakan bipang, kalian akan tahu bahwa itu adalah beras. Dan baunya juga wangi menggoda. Bipang itu lahir dari beras yang dipanaskan di suhu tinggi, lalu kemudian diberi gula (bentuknya sih lebih cocok disebut caramel) dan dicampur dengan beberapa campuran gula rahasia yang akhirnya bisa membuat berasnya saling lengket satu sama lain. 

Berasnya bersatu dan bergotong royong lalu dibentuk kotak kotak, berikutnya dikemas. Bipang ini ada beragam rasa looh. Rasa buah buahan, coklat, dll yang bisa kalian tentukan sendiri di tokonya. Enak? Bagi kalian pecinta manis, dijamin deh ini enak banget. Rasanya mirip kerupuk tapi versi yang lebih modern. Empuk tapi kriuk. 


Belinya? 
Kalian bisa beli makanan ini dimana mana, bahkan dipasar juga bisa. Tapi, untuk khasnya kalian bisa beli di BIPANG JANGKAR. Ini nama produk dan ada tokonya juga loh. Tokonya udah modern, guedeee sekarang. Jaman aku kecil dulu masih tradisional. Sekarang Bipangnya kalian bisa masuk toko lalu silahkan pilih yang mana aja semau kalian. 

Bermacam macam rasa dengan berbagai ukuran dijamin tersedia. Yang original itu yang recommended sih dari aku. Karena kalian akan tahu rasa Bipang asli Cuma dengan rasa sesederhana vanili. Tidak perlu drama drama asam manis kehidupan, loh. 

Harganya? 
Dijamin murceee sekaliii. Kalian cukup Rp 50.000 udah dapet banyak varian. Hehe. Jujur udah lama kaga update harga Bipang. Ditambah harganya udh jadi macem macem sesuai dengan varian dan ukuran yang kalian mau. 

Makanyaaa, dateng yuuk ke Pasuruan. Atau mampir deh ke Bipang Jangkar biar tau manisnya pasuruan. Biar kalian tau juga rasanya Rawon Pasuruan.

Bipang Jangkar
Kalau kalian ke Banyuwangi, inget buat beli Abon Pepaya lihat disini Review Abon Pepaya

Uswatun Khasanah Katasmir