Ngeblog Zaman Now


Beberapa tahun lalu, saat saya mulai ngeblog, tak pernah terpikirkan kalau urusan diary online ini bisa menghasilkan uang. Blog yang dulunya dikenal sebagai tempat curhat kini menjelma menjadi media penyebar informasi dan bahkan juga promosi. Saya yang dulu menulis sesuka hati pun kini mulai belajar lagi untuk bisa lebih baik. Mulai dari cara membuat konten, SEO dan berbagai hal lain yang membuat saya layak disebut blogger profesional.

Saya sendiri mulai berkenalan dengan dunia blog selepas masa kuliah. Sebuah warnet menjadi saksi bagaimana saya membuat blog saya untuk pertama kalinya. Jujur saya lupa apa nama blog tersebut. Saya bahkan lupa mengisinya selama beberapa waktu. Hingga kemudian saya berpindah platform lain dan cukup aktif di dalamnya. Sekarang, saya bersyukur karena hingga hari ini bisa tetap aktif ngeblog bahkan mendapat rezeki dari blog. 

Seiring dengan reputasinya yang semakin meningkat, dunia blog sekarang juga semakin banyak dilirik orang. Sebagai blogger lawas namun gitu-gitu aja prestasinya saya tentunya senang dengan hal ini. Ini menandakan semakin banyaknya orang yang melek dengan dunia menulis dan mulai belajar menggelutinya. Secara tidak langsung, ini juga bisa meningkatkan tingkat literasi di negara kita.


Bicara tentang perkembangan blog sendiri, tentunya adanya sedikit perbedaan antara ngeblog di awal-awal kemunculannya dengan ngeblog di zaman now. Seperti yang saya tulis sebelumnya, blog saat ini bukan lagi rumah pribadi yang isinya berupa keluh kesah pemiliknya, namun sudah menjelma menjadi media informasi. Nah, sebagai media informasi ada beberapa hal yang bisa dibilang menjadi ciri khas blog zaman now, diantaranya adalah:

Kontennya informatif

Beberapa tahun lalu, blog lebih dikenal sebagai diary online yang me jadi. Nah, untuk zaman now, blog lebih banyak memuat tulisan-tulisan yang mengandung informasi bagi pembacanya. Jikapun tulisannya curhat, maka pasti ada info menarik yang diberikan entah itu berupa tips dalam menghadapi sesuatu atau promosi produk dalam rangka lomba atau tulisan berbayar. 

Memiliki target audience

Jika dulu para blogger menulis tanpa memikirkan pembacanya, maka sekarang dikenal sebutan target audience. Target audience ini mengacu pada sasaran pembaca yang ingin kita dapatkan lewat tulisan di blog.  Ada yang targetnya adalah mereka yang mencari produk kecantikan, ada juga yang targetnya para ibu-ibu dengan kesehariab mereka dan berbagai target pembaca lainnya. Karena itulah saat ini ada cukup banyak blog dengan niche khusus seperti travelling, parenting, financial dan berbagai niche lainnya sesuai dengan target audience yang ingin didapatkannya. 

Mengandung riset

Terkait dengan fungsinya sebagai media informasi, blog zaman now juga biasanya mengandung riset di dalamnya. Ini terutama jika tulisan di blog tersebut diikutkan dalam sebuah lomba yang menuntut pesertanya untuk memasukkan data dan referensi dari berbagai sumber.

Tampilan visual menarik

Bicara soal tampilan visual, blog zaman now juga pastinya semakin berbenah. Jika dulu para blogger mungkin kerap menghiasi blognya dengan printilan seperti music box bagi pembacanya, nah untuk zaman now tampilan blog diusahakan lebih clean dan rapi. Bahkan dalam memilih template, diusahakan yang seramah mungkin dengan google dan SEO sehingga memudahkan pencarian di internet. Pun dalam soal tulisan, blog zaman now juga seolah diwajibkan memiliki foto-foto penunjang yang nyaman dilihat.

Itulah dia sedikit bahasan saya tentang dunia ngeblog di zaman now. Bulan Oktober ini sendiri rupanya merupakan bulannya para blogger. Di bulan ini, setiap tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Hari Blogger Nasional ini sendiri muncul sejak diadakannya Pesta Blogger 2007 saat Muhammad Nuh yang saat itu menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika membuka acara tersebut. Nah, untuk memperingati Hari Blogger Nasional ini, komunitas Female Blogger of Banjarmasin mengangkat tema tersebut dalam #FBBKolaborasi bulan Oktober.